0812-8187-1234 | 0812-80-61-0777
0818-029-100-88 | 0856-99-34341
Senin-Jumat, pkl. 8.30-16.00 WIB

My Cart
A+ A A-
Tumor Tumor Shutterstock

Pengertian Tumor yang Mudah Dimengerti

Banyak orang ingin tahu apa pengertian tumor sebenarnya. Sebab istilah ini kadang terlalu sulit dimengerti oleh kebanyakan orang awam. Oleh karena itu, dalam artikel ini, Anda akan temukan apa itu pengertian tumor.

Dalam bahasa medis, tumor adalah terbentuknya neoplasma yang disebabkan oleh pertumbuhan atau regenerasi sel tubuh yang tidak wajar. Namun, pengertian tumor semacam ini bisa jadi sangat sulit dimengerti oleh masyarakat umum.

Hanya orang-orang di kalangan medis saja yang mengerti arti tumor semacam ini. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang mencari tahu apakah tumor itu sebenarnya, artikel ini akan mencoba menjelaskan dengan sesederhana mungkin.

Bayangkan begini. Pada tangan Anda tiba-tiba muncul sebuah benjolan yang aneh. Nah, benjolan  dalam organ tertentu dalam tubuh Anda itulah yang disebut dengan tumor.

Benjolan tersebut muncul karena tidak normalnya pertumbuhan sel dalam organ tersebut. Idealnya, sel baru berfungsi untuk menggantikan sel lama yang sudah waktunya "pensiun". Akan tetapi karena sel baru yang menggantikan sel lama tersebut muncul secara tidak seimbang, akibatnya memicu terjadinya penyakit tersebut.

Karena muncul benjolan, maka hal itu juga menganggu keseimbangan fungsi organ itu sendiri. Akibatnya, organ tak berfungsi sebagaimana seharusnya dan mempengaruhi kondisi tubuh secara umum.

Jenis Tumor

Tumor sendiri banyak jenis dan macamnya. Secara sederhana, tumor dibedakan dalam dua jenis yaitu tumor jinak dan tumor ganas (kanker). Tumor jinak ini relatif tidak berbahaya seperti tumor ganas.

Sebab tumor jenis ini kemampuan menyebarnya lambat dan tak mampu menginfeksi organ tubuh lain. Namun demikian, tumor jinak harus tetap diwaspadai. Sebab dalam banyak kasus, tumor jinak berkembang menjadi tumor ganas karena terlambat mengobatinya.

Sementara, jenis kedua adalah kanker ganas atau yang biasa disebut dengan nama kanker. Pengertian tumor ganas adalah tumor yang memiliki kemampuan menyebar sangat cepat dan mampu menginfeksi organ lainnya.

Oleh karena itu, tumor ini sangat berbahaya dan harus secepat mungkin diatasi. Sebab bila tidak, penderitanya akan cepat menuju pada kematian.

Penyebab Tumor dan Langkah Pengobatannya

Banyak faktor yang bisa membuat seseorang terkena tumor. Faktor keturunan adalah salah satunya. Orang tua yang pernah mengidap tumor tidak menutup kemungkinan anaknya juga akan mengidap penyakit yang sama. 

Selain itu, faktor penyebab tumor lainnya bisa dari gaya hidup seperti suka merokok dan minum alkohol, serta sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Faktor-faktor tersebut bisa menyebabkan tumbuhnya tumor. Indikasi awal seseorang terserang tumor adalah seperti mengalami perubahan berat badan, nyeri, demam, mengalami batuk yang tak kunjung sembuh.

Namun, dalam beberapa kasus juga ada penderita tumor yang tak mengalami gejala-gejala di atas. Oleh karena itu, cara terbaik untuk mendeteksi tumor adalah dengan memeriksakan kesehatan secara rutin.

Dan saat seseorang terdeteksi terkena tumor, harus segera dilakukan pengobatan. Obat herbal anti tumor yang banyak dikonsumsi penderita tumor adalah Sarang Semut. Obat alami ini sangat manjur untuk mengobati berbagai jenis penyakit tumor. Bagaimana dengan pengertian tumor yang sekarang? Kami harap Anda lebih mengerti.

Dapatkan informasi penting lainnya dengan mengunjungi halaman Obat Tumor dan Cara Sembuh dari Penyakit Tumor.

Log In or Register