HOTLINE KONSULTASI HERBAL:
0812-8187-1234 | 0818-029-100-88
Senin-Jumat, pkl. 8.30-16.00 WIB

A+ A A-
Ciri-ciri kanker Ciri-ciri kanker

7 Ciri-Ciri Kanker yang Begitu Ganas

Kanker memiliki ciri-ciri yang dapat diketahui dari gerak-gerik dan karakternya dalam menyerang organ atau jaringan dalam tubuh. Ciri-ciri kanker berbeda dengan tumor jinak.

Kalau tumor jinak relatif lambat dalam menyebar, sebaliknya tumor ganas atau kanker punya ciri yang sangat cepat dalam menyebar. Kanker sendiri merupakan penyakit yang disebabkan oleh ketidaknormalan pertumbuhan sel. 

Sel-sel yang seharusnya sudah menjalani masa "pensiun" dan digantikan sel baru, menolak melakukannya dan justru menyerang sel-sel normal tersebut. 

Akibatnya, terjadi ketidaknormalan dalam organ karena sel-sel kanker tersebut menimbulkan kerusakan dalam tubuh. Untuk mengenal kanker dengan baik, sebaiknya Anda mengenali ciri-ciri kanker agar Anda dapat memahami bagaimana mekanisme dan cara kerja sel kanker dalam mempertahankan diri dan menyerang sel lainnya. Berikut ciri-ciri kanker yang sangat ganas itu.

Sel Kanker Tidak Sensitif Terhadap Sinyal Anti-Pertumbuhan

Normalnya, dalam tubuh kita ada sebuah sinyal anti-pertumbuhan. Sinyal anti-pertumbuhan tersebut memberikan tanda pada sel yang sudah waktunya berhenti untuk tumbuh, akan tetapi sinyal tersebut tidak dipedulikan oleh sel kanker. 

Sel kanker terus tumbuh secara tidak terkendali yang membuat kesehatan dan keseimbangan organ menjadi terancam. Inilah ciri-ciri kanker yang pertama. Ketidakpedulian sel kanker terhadap sinyal anti-pertumbuhan telah membuatnya sangat berbahaya dan mengancam stabilitas tubuh.

Sel Kanker Membuat Hormon Pertumbuhan

Di samping tidak peduli terhadap sinyal anti pertumbuhan, sel kanker juga mampu membuat hormon pertumbuhan sendiri. Ini yang membuat sel kanker begitu angkuh sehingga sulit dikendalikan dan tidak mempedulikan aturan dalam tubuh. 

Kemampuan sel kanker untuk membuat sinyal pertumbuhan sendiri merupakan ciri-ciri kanker yang kedua. Ciri kanker ini menunjukkan bagaimana otonomi sebuah sel dalam berbuat seenaknya sendiri, tanpa mengindahkan sistem dan mekanisme dalam tubuh manusia.

Tidak Peduli Apoptosis

Ciri-ciri kanker yang ketiga yaitu sel kanker tidak peduli pada apoptosis.  Apoptosis adalah mekanisme alami dalam tubuh agar sel mati pada waktunya. Tapi hal itu tidak dipatuhi oleh sel kanker. Sel kanker membangkang dan tidak mematuhi mekanisme apoptosis. Sel kanker terus membelah dan tumbuh.

Mampu Mendapatkan Nutrisi Sendiri

Untuk tumbuh, sebuah sel membutuhkan asupan nutrisi. Pada sel normal, mekanisme itu berlangsung secara wajar melalui saluran yang ada. Tetapi tidak demikian halnya dengan sel kanker yang mampu mendapatkan nutrisi sendiri demi menjamin pertumbuhannya.

Cara menyimpang yang dilakukan sel kanker ini telah merusak sistem dalam tubuh. Ketidakwajaran yang dilakukan sel kanker telah membuat tubuh dalam kondisi yang berbahaya karena banyak asupan nutrisi yang diambil alih oleh sel kanker secara brutal. Inilah ciri-ciri kanker yang ke-empat.

Mampu Membelah Diri Sampai Tanpa Batas

Ciri-ciri kanker ke-lima adalah kemampuannya untuk terus tumbuh tanpa batas. Inilah bentuk keganasan yang dimiliki sel kanker. Jika pada sel normal terdapat masa waktu tertentu sampai akhirnya sel kanker berhenti membelah, hal ini tidak berlaku bagi sel kanker. 

Sel kanker terus bernafsu untuk menyebar dan berkembang tanpa batasan. Karakter pemberontak yang dimiliki sel kanker karena terus menyebar tanpa mengikuti mekanisme tubuh inilah yang membuatnya sangat berbahaya.

Daya Survive Tinggi

Sel kanker memiliki daya survival yang sangat tinggi. Sel normal sangat bergantung pada mekanisme dan sistem dalam tubuh, lain halnya dengan sel kanker. Mereka punya mekanisme sendiri dan tidak peduli dengan mekanisme tubuh yang ada. Daya survive yang tinggi pada sel kanker merupakan ciri-ciri kanker yang ke-enam.

Menyebar Secara Tidak Terkendali

Kalau dalam sel normal, pertumbuhannya mampu dikendalikan, pada sel kanker, pertumbuhannya menyebar tanpa kendali. Sel kanker terus menyerang dan tumbuh di organ atau jaringan sekitarnya. Ciri-ciri kanker yang ke-tujuh ini yang membuat kanker menyebar dengan sangat dahsyat.

Baca juga informasi seputar pengobatan kanker alami di halaman Sekilas Sarang Semut

Log In or Register