Share:

Terakhir Diedit:

Kanker tenggorokan adalah salah satu jenis kanker yang sebagian besar penyebabnya adalah pengaruh merokok yang menahun. Efek toksin dan zat korotif pada rokok yang terpapar pada tenggorokan dalam jangka lama menyebabkan kerusakan masif sel tenggorokan dan akhirnya memicu terbentuknya sel kanker.

Kunci dari keberhasilan penyembuhan kanker tenggorokan adalah kondisi kanker itu sendiri. Pada stadium awal, kanker tenggorokan masih mungkin diatasi dengan kemungkinan hidup di atas 90%. Tentu dengan ketentuan pasien perlu untuk cukup jeli mengenali sejumlah tanda-tanda kanker tenggorokan seperti berikut ini.

Batuk Berdahak Berkepanjangan

Hampir setiap kasus yang berkaitan dengan gangguan sistem pernafasan akan menyebabkan reaksi produksi lendir atau mucus berlebihan dan akhirnya dapat memicu pasien batuk berat.

Ada banyak kasus penyakit serius pada sistem pernafasan yang berkaitan dengan batuk. Tetapi gejala kanker tenggorokan ditandai dengan batuk yang berat disertai kumpulan lendir pada tenggorokan yang sangat sulit diatasi.

Nyeri Tenggorokan

Bersamaan dengan ciri-ciri kanker tenggorokan berupa batuk yang berat dan produksi lendir berlebihan, pasien juga akan mengeluhkan sakit tenggorokan. Seperti ada semacam peradangan serius pada tenggorokan yang menyakitkan di area ini.

Inflamasi yang terjadi akibat efek serangan sel kanker memicu terbentuknya abses pada tenggorokan. Abses inilah yang terasa nyeri bagi pasien. Abses dan inflamasi ini bisa membentuk luka terbuka hingga kadang pasien mengalami batuk dengan lendir mengandung darah.

Sesak Nafas

Inflamasi dan perkembangan sel kanker yang masif pada batang tenggorokan menyebabkan liang tenggorokan mengalami penyempitan. Ini membuat pasien mengeluhkan rasa sulit bernafas dan sesak.

Tanda-tanda kanker tenggorokan ini bisa jadi belum terlalu kentara pada stadium awal. Hanya kadang muncul di waktu-waktu tertentu dan semakin memburuk seiring perkembangan kanker.

Baca juga  Kenali Gejala Kanker Tenggorokan dan Pilihan Pengobatan Herbal Terbaiknya

Suara Berubah Lebih Berat

Gangguan pada tenggorokan, munculnya produksi lendir berlebihan dan sejumlah kerusakan sel pada tenggorokan akan menyebabkan terjadi pula kerusakan pada pita suara.

Di saat semacam ini Anda bisa mulai mengenali perubahan suara pada pasien. Pasien akan terdengar memiliki suara lebih berat, kasar dan terdengar dalam dan serak. Beberapa pasien juga kerap terlihat terengah-engah hanya untuk berbicara beberapa kata saja.

Lemah untuk Menelan

Pada ciri-ciri kanker tenggorokan ini, Anda bukan hanya kesulitan untuk menelan karena munculnya rasa sakit pada tenggorokan. Tetapi juga karena otot tenggorokan Anda terasa lebih lemah dan sistem saraf motorik pada tenggorokan seolah tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Anda sulit untuk menelan karena otot tenggorokan Anda tidak bekerja dengan baik dalam proses menelan makanan. Anda juga kadang sulit bicara karena tenggorokan Anda sulit untuk menghasilkan suara.

Demam

Kebanyakan kasus kanker memang akan memicu pasien mengalami reaksi demam dan panas dingin, hingga mengeluhkan keringat dingin di malam hari. ini adalah reaksi normal tubuh karena sel kanker dipandang sebagai sel asing yang menginvasi tubuh. Sel leukosit menyerang sel kanker dan memicu reaksi demam dan keringat dingin.

Tenggorokan Tampak Bengkak

Anda bisa melihat pembengkakan ini dari arah mulut. Tetapi kadang pembengkakan bisa jadi terlihat samar dari leher depan. Sebenarnya ini adalah gejala kanker tenggorokan berupa pembengkakan pada tenggorokan yang tampak menonjol keluar.

Menurut healthline.com, kanker tenggorokan terbagi dalam jenis kanker laring dan kanker nasofaring. Keduanya merupakan jenis kanker yang berkembang pada saluran pernafasan utama yang menjadi saluran penyambung antara hidung, mulut dan paru-paru.

Kanker tenggorokan bisa jadi tidak terlalu mematikan selama kanker ini dapat terdiagnosis sedini mungkin. Karena keterlambatan diagnosis bisa memicu kanker bermetastasis menuju jaringan limfoma pada leher dan sistem pernafasan lain termasuk paru-paru. Kedua organ ini memiliki fungsi vital dan ketika sudah terserang kanker, efeknya bisa menjadi sangat mematikan.

Baca juga  Apa Itu Kanker Tenggorokan?

Oleh sebab itu, waspadalah pada setiap gejala ringan yang terlihat remeh pada tenggorokan Anda. Bisa jadi itu adalah tanda-tanda kanker tenggorokan yang perlu Anda tindak lanjuti sesegera mungkin.

Cindy Wijaya

Penulis beragam artikel kesehatan berpengalaman. Senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Saat ini bekerja sebagai penulis dan editor untuk Deherba.com. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.


Artikel di-posting oleh Cindy Wijaya dan di-review oleh tim penulisan deherba.com.