7 Tanda-Tanda Kanker Payudara Stadium Awal

568
Shutterstock

Diedit:

Menurut informasi Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) yang dirilis pada antaranews.com, kanker payudara adalah mesin pembunuh paling mematikan bagi wanita Indonesia dengan tingkat kematian hingga lebih dari 21%.

Tidak hanya itu, menurut data dari Riset Kesehatan Dasar 2013 di Indonesia, prevalensi kanker di Indonesia berada pada kisaran 1,4 dari 1.000 orang. Angka tersebut berarti sama dengan kisaran pasien 347.000 orang.

Yang semakin mempriihatinkan, menurut sumber yang sama juga terbukti bahwa 70% pasien kanker payudara baru melakukan perawatan setelah berada di stadium akhir.

Ini pula yang menyebabkan sebagian besar kasus kanker yang terdiagnosa berakhir pada kematian, karena pada stadium akhir, kemampuan bertahan hidup pasien akan berada di level cukup rendah, bahkan di bawah 15%.

Itulah sebabnya penting untuk kita lebih mawas dengan memahami lebih baik bagaimana tanda-tanda kanker payudara di stadium awal. Dengan mengenali lebih baik bagaimana gejala kanker payudara sedini mungkin, maka akan memungkinkan diagnosa dilakukan lebih awal dan tentu saja meningkatkan potensi keberhasilan pengobatan yang diberikan.

Pada banyak kasus kanker payudara stadium awal, ciri-ciri kanker payudara yang muncul lebih kerap samar bahkan sulit dikenali. Anda perlu mengenali dengan baik untuk mendeteksi keberadaan kanker.

Ini karena pada stadium awal, kanker yang berkembang relatif masih sangat kecil. Hanya berkisar pada ukuran kurang dari 2 cm. Malah menurut nationalbreastcancer.org, ukuran sel kanker pada stadium 0 bisa sangat kecil untuk bisa terdeteksi.

Meski berukuran kecil, sebenarnya invasi sel kanker sudah mulai muncul dalam sejumlah tanda-tanda yang samar. Beberapa gejala kanker payudara stadium awal tersebut antara lain.

  • Muncul Benjolan pada Payudara

    Indikasi yang paling kerap digunakan untuk mendeteksi keberadaan kanker payudara stadium awal adalah benjolan. Sekalipun 9 dari 10 kasus benjolan pada payudara tidak terindentifikasi sebagai kanker. Benjolan sendiri bisa sangat teraba di permukaan atau justru terasa samar seolah terbenam dalam pada payudara.

  • Perubahan Permukaan Kulit Payudara

    Pada beberapa kasus kanker payudara, muncul gejala khas berupa permukaan kulit payudara yang berubah. Seperti terbentuknya pembesaran pori-pori kulit dengan permukaan kulit yang terasa lebih kasar. Ini bisa menjadi tanda adanya inflamasi skala kecil dalam payudara yang ditengarai disebabkan oleh invasi sel kanker.

  • Perubahan Bentuk Payudara

    Ciri-ciri kanker payudara stadium awal juga bisa berupa perubahan bentuk payudara. Anda patut curiga bila payudara Anda tampak tidak simetris, sedikit bengkak atau cekung di satu sisi, membesar bukan karena efek obesitas atau bentuk payudara menjadi lebih pipih. Perubahan bentuk mungkin merupakan efek dari tekanan yang terjadi akibat perkembangan sel kanker.

  • Perubahan Bentuk Puting Payudara

    Selain bentuk payudara yang berubah, ciri-ciri kanker payudara lain yang biasa muncul adalah perubahan pada puting payudara. Kadang puting akan tampak membesar, menonjol atau malah mengecil atau tampak masuk ke dalam. Lagi-lagi ini adalah efek tekanan dari perkembangan sel kanker.

  • Muncul Penebalan pada Payudara

    Beberapa kasus kanker payudara bisa saja ditandai dengan munculnya permukaan kulit yang menebal seperti bekas gigitan serangga yang permanen. Kadang penebalan justru terjadi pada puting. Perubahan permukaan kulit ini bisa jadi akibat sel kanker yang tumbuh dekat dengan permukaan kulit.

  • Munculnya Air yang Keluar dari Puting

    Anda tidak sedang menyusui dan kemudian muncul cairan dari puting, ini bisa jadi tanda adanya inflamasi pada kelenjar susu pada payudara. Meski tidak selalu berarti kanker, tetapi inflamasi ini jelas perlu segera di atasi.

  • Gatal dan Ruam pada Permukaan

    Tanda-tanda kanker payudara stadium awal lain yang perlu Anda waspadai adalah munculnya rasa gatal pada permukaan kulit payudara. pada stadium awal, rasa gatal kadang hanya disertai efek ruam kecil yang samar. Tetapi ini bisa jadi tanda invasi sel kanker sudah mulai merusak sel sehat payudara.

Baca juga:  Benjolan Kanker Payudara Letaknya Dimana?

Itulah tadi sejumlah gejala kanker payudara stadium awal yang perlu Anda pahami. Semakin awal Anda mengenali keberadaan kanker payudara akan semakin efektif hasil pengobatan yang akan Anda jalankan.

Deteksi dini dan pengobatan sejak awal tanda-tanda kanker payudara mulai dirasakan merupakan langkah terpenting yang menentukan masa depan Anda. Bahkan, persentase kesembuhan kanker payudara tahap awal mencapai lebih dari 80%! Jadi sudah seharusnya Anda memeriksakan diri segera setelah merasa ada yang tidak beres dengan payudara Anda, bukan?