Tips Kesehatan yang Bisa Anda Tiru dari Hewan Peliharaan

390

Diedit:

Pernahkah terbesit dalam pikiran Anda pertanyaan ini, “apakah hobi memelihara binatang punya manfaat lain disamping sebagai kesenangan pribadi?”. Jawabannya adalah ya! Di artikel sebelumnya, sudah dibahas manfaat kesehatan dari memelihara hewan. Di artikel kali ini diuraikan berbagai kebiasaan hewan peliharaan yang bisa Anda tiru.

Tidur Siang

Anda tidak akan pernah melihat kucing Anda tetap terjaga dari pagi sampai malam, ia pasti selalu tidur siang. Manusia pun akan mendapatkan manfaat jika menirunya. Sebuah studi yang melibatkan 24.000 orang memperlihatkan bahwa orang yang rutin tidur siang memiliki resiko 37% lebih rendah menderita penyakit jantung dibanding mereka yang sesekali tidur siang. Tidur siang juga membantu meningkatkan kewaspadaan dan performa Anda.

Lupakan Multitasking

Tirulah anjing kesayangan Anda. Ketika mengejar bola, ia akan memberikan perhatian penuh pada bola tersebut. Menurut para periset di Stanford, orang yang membagi perhatiannya pada berbagai tugas—balas email sambil melihat-lihat gambar lucu di internet ketika Anda mengetik laporan—tidak bekerja dengan efektif dibandingkan dengan mereka yang fokus pada satu tugas dalam satu waktu.

Berjalan Kaki Setiap Hari

Baik bagi hewan maupun manusia, berjalan kaki adalah salah satu cara yang teraman dan termudah untuk membakar kalori dan meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, berjalan kaki juga bermanfaat untuk melawan depresi, menurunkan resiko terkena diabetes tipe 2, resiko kanker payudara dan usus, mempertahankan kekuatan tulang, serta menjaga ketajaman otak Anda.

Memupuk Persahabatan

Hamster sering kali terlihat berkumpul bersama dengan kawanannya dan tidur bertumpukan. Ya, hamster dan kebanyakan hewan peliharaan lain adalah makhluk sosial—begitu pula dengan manusia. Penelitian selama 10 tahun di Australia yang melibatkan 1.500 orang berusia tua membuktikan bahwa mereka yang banyak berteman hidupnya lebih lama dibandingkan dengan yang punya sedikit teman.

Baca juga:  Bahaya Penyakit yang Bersumber dari Satwa Peliharaan

Menikmati Setiap Momen Kehidupan

Menikmati momen kehidupan bisa jadi merupakan pelajaran terpenting yang dapat Anda pelajari dari hewan peliharaan. Sebuah studi oleh psikologis dari Harvard menyimpulkan bahwa Anda akan lebih bahagia ketika melakukan aktivitas yang membuat otak tetap fokus, misalnya olahraga. Membuat rencana, mengingat kesalahan, atau memikirkan apa pun selagi beraktivitas dapat merusak mood Anda saat itu.

Tidak Mendendam

Yang sudah berlalu biarlah berlalu. Jangan memendam kekesalan terlalu lama dan Anda pasti akan merasa lebih lega. Sifat pendendam sering dihubungkan dengan penurunan fungsi paru-paru, sedangkan sifat pemaaf berkontribusi menurunkan tekanan darah dan mengurangi kecemasan. Jika suka memaafkan, Anda mungkin akan mendapatkan kepercayaan diri yang baik.

Mengibaskan Ekor

Seekor anjing akan mengibaskan ekornya ketika merasa senang dan sebagai rasa syukur atas perhatian Anda. Memang, Anda tidak punya ekor seperti dia, namun Anda bisa menirunya dengan mengucapkan terima kasih kepada orang lain. Riset menunjukkan adanya kaitan yang erat antara rasa syukur dengan kesehatan, di mana orang yang bersyukur memiliki sikap lebih bagus, olahraga lebih rutin, dan keluhan kesehatan lebih sedikit.

Hewan peliharaan lebih dari sekadar teman bermain dan pendongkrak mood. Jika diperhatikan, ada banyak hal yang bisa dipelajari dari tingkah laku mereka yang bermanfaat baik bagi kesehatan fisik dan psikis. Jadi, sudahkah Anda memastikan kebiasaan apa saja yang bisa Anda tiru dari mereka?

Advertisement
Alinesia