Memelihara Binatang: Apa Manfaat Kesehatannya bagi Anda?

530

Diedit:

Si lucu yang berbulu mungkin sering mengacak tempat tidur dan merusak kursi kesayangan Anda, namun dia tetap membuat Anda bahagia dengan tingkahnya yang menggemaskan. Bahkan, sains mulai serius meneliti manfaat hewan peliharaan bagi kesehatan fisik manusia. Ya, hewan menggemaskan ini bisa membuat Anda sehat secara fisik dan psikis!

Kenapa memelihara binatang bisa meningkatkan kesehatan Anda? Sebuah studi baru-baru ini yang dipublikasikan di Journal of Personality and Social Psychology menemukan bahwa para pemilik hewan peliharaan yang menganggapnya sebagai sahabat menikmati hidup lebih memuaskan.

Membantu Anda Berhenti Merokok

Pada sebuah survei online, lebih dari 28 persen partisipan mengatakan bahwa hewan peliharaan memotivasi mereka untuk berhenti merokok. Mereka sadar asap rokok juga berbahaya bagi kesehatan hewan.

Membuat Anda Lebih Banyak Bergerak

Sebuah studi di Inggris yang melibatkan 3000 pemilik anjing menyebutkan bahwa sebagian besar pemiliki anjing mengajak anjingnya berjalan selama lebih dari 8 jam seminggu. Bandingkan dengan yang tidak punya anjing, mereka rata-rata menghabiskan hanya sekitar 1-2 jam seminggu untuk berolahraga.

Meningkatkan Fungsi Otak Anda 

Beberapa riset memperlihatkan manfaat melibatkan anjing dalam terapi untuk menenangkan penderita demensia dan membantunya berinteraksi dengan orang lain. Studi lain menunjukkan bahwa menaruh akuarium di ruang makan dapat membantu pasien gangguan kognitif makan lebih baik.

Baik Bagi Kesehatan Jantung

Dibandingkan dengan yang tidak memelihara binatang, para pemilik hewan cenderung memiliki tekanan darah dan kolesterol lebih rendah, sehingga resiko terserang penyakit jantung pun lebih kecil. Menurut Mayo Clinic bahkan sekadar merawat burung atau ikan pun memiliki efek kesehatan yang sama dengan anjing atau kucing.

Meredakan Stres dan Memerangi Depresi

Di samping sebagai sahabat, hewan peliharaan juga berperan menjadi ‘seseorang’ yang perlu Anda rawat dan sayangi. Para ahli percaya merawat dan menyayangi binatang meningkatkan zat kimia tertentu di otak yang meredakan stres dan bikin Anda merasa bahagia. Bahkan beberapa studi yang melibatkan lansia dan penderita AIDS membuktikan bahwa mereka yang memelihara hewan lebih jarang merasa depresi.

Baca juga:  Bahaya Penyakit yang Bersumber dari Satwa Peliharaan

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Berdasarkan penelitian oleh University of Warwick, anak kecil yang keluarganya memelihara binatang—anjing, kucing, ikan, dan burung—lebih jarang sakit dibandingkan yang tidak. Sebelumnya juga diadakan riset yang menunjukkan anak yang tinggal dengan hewan lebih kecil resikonya terserang alergi atau asma. Dan dalam survei lebih dari 21.000 orang dewasa di Finlandia membuktikan bahwa pemilik hewan lebih jarang mengunjungi dokter karena sakit.

Namun, hewan peliharaan tidak akan begitu saja membuat hidup Anda lebih bahagia dan sehat. Anda tetap harus melakukan berbagai upaya bersama dengannya. Dan manfaat yang paling membahagiakan dari memelihara hewan adalah cinta tak bersyarat yang diberikan oleh hewan peliharaan. Jadi, sudah seharusnya bukan untuk mengembalikan rasa cintanya dengan merawatnya penuh kasih sayang?