Tanda-Tanda Hamil Kosong–Blighted Ovum


By Cindy Wijaya

Tanda-tanda hamil kosong, ini merupakan sesuatu yang sudah pasti ingin Anda hindari. Untuk Anda yang masih belum mengerti apa itu hamil kosong, berikut penjelasannya.

Kehamilan kosong disebut juga dengan blighted ovum. Ini merupakan keadaan di mana seorang wanita itu akan merasa seperti sedang hamil, tetapi sesungguhnya tidak ada apa-apa dalam rahimnya.

Tanda-tanda hamil kosong sesungguhnya sama dengan tanda-tanda kehamilan normal yang lain, jadi tanpa pemeriksaan medis mungkin akan sedikit sulit untuk mengetahuinya. Contohnya Anda bisa mengalami muntah, mual, pembesaran payudara, juga terlambat menstruasi. Bahkan jika melihat alat test kehamilan pun, Anda akan memperoleh hasil yang menunjukkan tanda positif. Mari baca selengkapnya tentang tanda-tanda hamil kosong ini.

Penyebab Kehamilan Kosong

Penyebab blighted ovum terjadi saat sel telur yang telah dibuahi tertanam pada bagian dalam rahim, tetapi sel telur tersebut tak berkembang jadi embrio. Ketika terjadi pembuahan, saat itu sel tetap membentuk plasenta, kantung ketuban, tetapi sel telur yang sudah dibuahi tetap tak berkembang. Ini merupakan faktor penyebab utama dari terjadinya keguguran atau kegagalan awal kehamilan.

Dengan mengetahui tanda-tanda hamil kosong, maka Anda dapat menyelesaikan masalah ini secepatnya. Di kondisi blighted ovum, perkembangan kantung kehamilan akan terus terjadi. Jadi sama seperti proses kehamilan biasa, begitu pula tanda-tanda hamil kosong sama dengan kehamilan biasa.

Tanda-Tanda Hamil Kosong

Walaupun tak terdapat janin, kehamilan kosong dapat membuat sang ibu merasa bahagia, karena sang ibu akan merasakan seperti sedang hamil sungguhan. Itu disebabkan karena kantung kehamilan sang ibu tetaplah berkembang layaknya kehamilan normal. Selain itu, tanda-tanda hamil kosong juga sama persis seperti gangguan ketika seorang ibu mengalami kehamilan normal, seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Karena itu tanda-tanda hamil kosong ini tak bisa diketahui dengan mudah, kecuali melalui cara pemeriksaan yang lain.

Kualitas Sperma buruk

Ketika terjadi pembuahan, sebelum seorang ibu mengalami tanda-tanda hamil kosong, sel telur yang sudah matang serta siap dibuahi akan bertemu dengan sperma. Tetapi karena beberapa faktor penyebab, salah satunya adalah kualitas sperma yang buruk atau kualitas telur yang buruk, juga bisa karena infeksi TORCH, pada akhirnya janin pun tak dapat berkembang sama sekali.

Kemudian hasil konsepsi akan tertanam dalam rahim, rahim dengan hasil konsepsi mengirimkan sinyal ke otak dan indung telur untuk sebuah pemberitahuan apabila sudah ada hasil konsepsi pada dalam rahim sang ibu. Tanda-tanda hamil kosong akan didapatkan dari hormon yang mengirimkan hasil konsepsi.

Tanda-Tanda Hamil Kosong yang Tak Spesifik

Karena gejala atau tanda-tanda yang tak spesifik, maka umumnya kehamilan kosong ini baru dapat ditemukan khususnya sesudah ibu hamil mengeluh terdapat pendarahan sedikit pada kemaluan mereka. Sedangkan tanda perut membesar tak hanya diakibatkan blighted ovum saja, melainkan juga karena penyakit yang lain, contohnya penyakit usus ataupun tumor. Jadi perut yang membesar tidak selalu merupakan tanda-tanda dari blighted ovum, harus diperiksa dengan seksama terlebih dahulu, sehingga dapat diberikan penanganan yang tepat dan tidak sembarangan. Anda dapat memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk mendapatkan hasil pemeriksaan yang lebih pasti setelah melihat salah satu tanda-tanda hamil tersebut.

Usia Kehamilan Kosong 6 – 8 Minggu

Ketika awal kehamilan, saat produksi hormon HCG masih meningkat, maka ibu hamil tetap akan mendapatkan hasil test yang positif, juga tanda-tanda hamil yang masih seperti kehamilan normal pada umumnya. Tetapi saat usia kehamilan kosong tersebut sudah menyentuh 6 sampai dengan 8 minggu, ibu hamil yang mengalami blighted ovum ketika memeriksakan diri dengan USG melalui dokter kehamilan, dapat terlihat apabila kondisi kantung kehamilan dengan embrio tak berkembang. Kehamilan kosong bisa diketahui dengan pemeriksaan USG, bukan dengan hanya melihat tanda-tanda kehamilan.

Pengaruh pada Rahim Ibu

Selain mengerti tentang tanda-tanda hamil kosong, Anda juga sebaiknya mengerti apakah blighted ovum ini dapat memberikan pengaruh pada rahim ibu. Blighted ovum sama sekali tidak akan memberikan pengaruh apapun pada rahim ibu. Jadi walaupun Anda memang mengalami blighted ovum setelah pemeriksaan USG, Anda tak perlu takut. Seorang ibu setelah mengalami kehamilan kosong tetap bisa memperoleh kehamilan normal. Walaupun risiko kehamilan kosong terjadi kembali masih tetap ada dan lebih tinggi dibandingkan seseorang yang belum pernah mengalami blighted ovum sebelumnya.

Dari sini, Anda sudah paham tentang tanda-tanda hamil kosong atau blighted ovum. Oleh karena itu, pemeriksaan oleh dokter kandungan sangatlah penting. Pemeriksaan USG juga sebaiknya Anda lakukan, dengan begitu Anda akan lebih cepat mengetahui jika mengalami kehamilan kosong tersebut. Dokter pun akan dapat memberikan penanganan yang seharusnya Anda peroleh. Jangan hanya melihat tanda-tanda hamil saja tanpa konsultasi dokter kandungan. Juga ini untuk antisipasi jika ada gangguan kehamilan yang lainnya. Apalagi jika ini adalah kehamilan pertama Anda, jangan sampai salah mengambil keputusan.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}