4 Tanaman Obat untuk Bronkitis, Redakan Batuk dan Infeksi


By Cindy Wijaya

Penderita bronkitis mengalami peradangan pada saluran bronkus yang mengantarkan udara dari dan ke paru-paru. Akibatnya penderita jadi mengalami gejala-gejala seperti batuk berdahak, nyeri dada, sesak napas, dan demam. Pengobatan medis untuk bronkitis dilakukan untuk mengatasi penyebab peradangan dan untuk meringankan gejala-gejalanya.

Namun selain obat-obatan medis, penderita juga bisa mengonsumsi obat alami untuk bronkitis. Ada sejumlah tanaman obat untuk bronkitis yang bermanfaat untuk membantu mengatasi peradangan sekaligus meredakan gejala-gejalanya.

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai 4 jenis tanaman obat yang dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional bronkitis.

Noni Juice

Noni Juice adalah minuman herbal yang dibuat dari sari buah Noni (Mengkudu). Noni telah terbukti memiliki khasiat untuk mengatasi peradangan dan infeksi yang menyebabkannya.

Di dalam Noni terdapat kandungan-kandungan seperti polifenol, iridoid, dan vitamin C yang berkhasiat sebagai anti-inflamasi untuk mengatasi peradangan. Penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi Noni Juice dapat mengurangi peradangan pada paru-paru. (Sumber: Journal of Ethnopharmacology Vol. 192 2016)

Kemampuan Noni dalam mengatasi infeksi juga telah dibuktikan oleh berbagai penelitian ilmiah. Salah satunya dimuat dalam Asian Journal of Pharmaceutical Research and Development Volume 9 No 1.

Disebutkan bahwa Noni berkhasiat sebagai anti-mikroba karena mengandung flavonoid dan fenol, dan bagian buah dari tanaman Noni termasuk yang memiliki potensi aktivitas anti-mikroba paling tinggi. Karena itu Noni merupakan pilihan yang layak dipertimbangkan sebagai obat alami untuk bronkitis.

Satu keunggulan lagi dari Noni Juice adalah herbal ini sudah dikemas dalam bentuk minuman yang siap minum. Anda tidak perlu mengolahnya lagi. Untuk membantu pengobatan bronkitis, dianjurkan mengonsumsi sebanyak 50 – 100 ml dua kali sehari. Untuk anak-anak, bisa diberikan 2 – 4 sendok makan tiga kali sehari.

Daun Sendok

Tanaman daun sendok sudah sejak dulu digunakan secara tradisional untuk berbagai jenis masalah kesehatan. Salah satu khasiatnya adalah untuk meredakan batuk berdahak, sehingga cocok obat tradisional bronkitis.

Penelitian juga menemukan bahwa tanaman daun sendok memiliki khasiat ekspektoran (pelancar dahak), antiflogistik (mengurangi peradangan), dan pereda rasa sakit. Tanaman herbal ini juga telah diuji melalui percobaan efeknya terhadap otot halus bronkus.

Suatu penelitian pernah menguji coba khasiat daun sendok sebagai tanaman obat untuk bronkitis. Para partisipan penderita bronkitis diberi pengobatan daun sendok selama 25 – 30 hari.

Hasilnya menunjukkan bahwa para partisipan mengalami perbaikan yang cepat pada gejala-gejala mereka. Dan daun sendok juga tidak memiliki efek toksik pada saluran pencernaan, hati, ginjal, maupun hemopoesis (proses pembuatan sel darah). (Sumber: Vutreshni Bolesti Vol. 21 No. 2)

Untuk mengolah daun sendok menjadi obat alami untuk bronkitis, siapkan seluruh bagian tanaman daun sendok yang masih segar sebanyak 30 gram. Cuci bersih lalu rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Biarkan sampai dingin dan saring airnya. Minumlah ramuan ini ½ gelas dua kali sehari.

Bawang Putih

Bawang putih adalah bumbu dapur yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Penelitian yang dimuat dalam Avicenna Journal of Phytomedicine Volume 6 No 4 mendapati bahwa bawang putih efektif menghambat pertumbuhan dari virus penyebab bronkitis. Temuan ini menunjukkan bahwa bawang putih dapat digunakan sebagai obat tradisional bronkitis.

Tidak hanya membantu melawan infeksi virus, kandungan aktif dalam bawang putih juga dapat melawan infeksi bakteri dan jamur. Studi ilmiah yang diterbitka dalam PLOS One (Perpustakaan Umum Ilmu Pengetahuan) mendapati bahwa senyawa allicin dari bawang putih mampu menangkal bakteri penyebab infeksi paru-paru serius.

Untuk memperoleh manfaatnya sebagai obat alami untuk bronkitis, pangganglah beberapa siung bawang putih. Lalu tumbuk sampai halus dan campur dengan madu secukupnya. Minumlah campuran ini setiap sebelum tidur untuk membantu meredakan gejala-gejala bronkitis.

Kunyit

Kunyit juga bumbu dapur lain yang bisa Anda manfaatkan. Penelitian mendapati bahwa kunyit memiliki khasiat anti-virus, anti-bakteri, dan anti-inflamasi yang berguna dalam pengobatan bronkitis. (Sumber: Inflammation Vol. 34 No. 4)

Kunyit juga meningkatkan aktivitas antioksidan dalam tubuh, yang berarti dapat membantu mengurangi iritasi pada paru-paru dan saluran bronkus serta meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

Untuk mengolah kunyit menjadi tanaman obat untuk bronkitis, Anda bisa mencampurkan ½ sendok teh bubuk kunyit dengan 1 sendok teh madu. Makanlah campuran ini 1 – 3 kali sehari untuk meredakan gejala-gejala bronkitis.

Apapun tanaman obat yang Anda manfaatkan untuk mengobati bronkitis, ingatlah untuk selalu konsultasi dulu dengan dokter sebelum mencobanya. Dokter bisa membantu memastikan apakah konsumsinya menghalangi kinerja obat medis yang sedang Anda minum.

Selain itu, pastikan juga Anda mengupayakan gaya hidup sehat agar lebih cepat pulih. Berhentilah merokok dan hindari asap rokok orang lain. Hindari tempat-tempat yang banyak polusi udaranya. Pakailah masker jika Anda harus ke tempat seperti itu.

Upayakan konsumsi makanan dan minuman sehat yang bergizi seimbang. Lakukan setidaknya 150 menit total olahraga setiap minggu. Dan cukupi kebutuhan tidur setiap malam.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang obat alami untuk bronkitis. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga artikel-artikel menarik lain tentang tanaman obat khas Indonesia hanya di Deherba.com.

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}