Apa Suplemen untuk Rambut Rontok dan Penumbuh Rambut yang Efektif?

DITULIS OLEH:
Cindy Wijaya 


Ada banyak suplemen yang diklaim terbaik untuk memperkuat dan menumbuhkan rambut. Tapi adakah yang benar-benar efektif? Penelitian tentang manfaat suplemen untuk rambut rontok dan penumbuh rambut membuahkan hasil yang beragam.

Nutrisi, secara keseluruhan, memang sangat penting untuk kekuatan dan pertumbuhan rambut. Tapi adakalanya dibutuhkan suplemen vitamin dan mineral tertentu untuk memperbaiki kekurangan nutrisi yang memicu kerontokan rambut. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai suplemen apa yang bagus untuk rambut rontok.

Suplemen untuk Rambut Rontok dan Penumbuh Rambut

Suplemen apa yang bagus untuk rambut rontok haruslah mengandung bahan-bahan atau kandungan-kandungan yang membantu pertumbuhan rambut. Berbagai kalangan bisa mengonsumsi suplemen ini, termasuk mereka yang mengalami kerontokan rambut pasca melahirkan atau yang mengalami kelainan alopecia.

Berikut beberapa yang bisa Anda pertimbangkan saat memilih suplemen untuk rambut rontok dan penumbuh rambut.

Vitamin & Mineral

Kekurangan vitamin dan mineral tertentu dikaitkan dengan kerontokan rambut. Jurnal Dermatology and Therapy (Heidelb) Vol. 9 No. 1 tahun 2019 menunjukkan bahwa suplemen yang mengandung nutrisi-nutrisi seperti vitamin A, B, C, D dan E, serta mineral zat besi, selenium, dan zinc dapat membantu mengatasi masalah kerontokan rambut.

Vitamin B7

Vitamin B7 (biotin) merangsang produksi keratin untuk meningkatkan pertumbuhan folikel rambut. Vitamin ini bisa Anda peroleh dari banyak makanan, termasuk telur, daging, ikan, kacang-kacangan, ubi, dan biji-bijian.

Vitamin A

Vitamin A bahan bakar yang bagus untuk mendukung pertumbuhan sel-sel rambut. Saat tubuh menyerap vitamin A, tubuh menghasilkan sebum—zat berminyak yang melembapkan kulit kepala, menjaganya dan folikel rambut tetap sehat. Jika ingin meningkatkan asupan vitamin A, sebaiknya konsumsilah makanan tinggi beta-karoten yang akan berubah menjadi vitamin A dalam tubuh, misalnya ubi, labu kuning, wortel, bayam, dan kale. Juga bisa diperoleh dari minyak ikan cod, telur, yogurt, dan susu.

Vitamin C

Vitamin C berguna untuk mengurangi kerusakan rambut akibat radikal bebas juga membantu tubuh memproduksi kolagen dan menyerap zat besi yang mendukung pertumbuhan rambut. Selain dari suplemen untuk rambut rontok, vitamin C bisa diperoleh dari jeruk, cabai, paprika,  stroberi, tomat, dan jambu biji.

Kekurangan vitamin D dapat memicu kondisi kerontokan rambut seperti alopecia dan penipisan. Kondisi ini lebih banyak terjadi pada usia 65 tahun ke atas. Sumber vitamin D yang baik misalnya minyak ikan cod, makanan yang diperkaya vitamin D, dan jamur. Anda juga bisa memperolehnya dari sinar matahari.

Vitamin E

Vitamin E mengandung antioksidan yang dapat membantu mengatasi masalah rambut akibat radikal bebas. Penelitian kecil yang diterbitkan Tropical Life Sciences Research Vol. 21 No. 2 menunjukkan bahwa orang yang konsumsi suplemen vitamin E selama 8 bulan mengalami peningkatkan pertumbuhan rambut sebesar 34,5%. Vitamin E juga bisa diperoleh dari biji bunga matahari, bayam, alpukat, dan almond.

Suplemen Apa yang Bagus untuk Rambut Rontok?
Photo by irynakhabliuk via Canva

Zat Besi

Zat besi dibutuhkan dalam produksi sel-sel darah merah, yang penting untuk mengantarkan oksigen ke sel-sel rambut, membantu perbaikan dan pertumbuhannya. Selain dari suplemen untuk rambut rontok, zat besi bisa diperoleh dari makanan seperti telur, daging merah, kacang lentil, bayam, tiram, dan kerang.

Zinc

Zinc merangsang pertumbuhan rambut dan menjaga kinerja kelenjar minyak di sekitar folikel rambut. Selain dari suplemen, zinc bisa diperoleh dari makanan seperti daging sapi, bayam, biji labu, tiram, dan kacang lentil.

Ahli Herbal

Cari produk herbal untuk penyakit Anda? Ayo konsultasi gratis dengan ahli herbal DEHERBA.COM!

WHATSAPP SEKARANG

Protein & Asam Amino

Asam amino adalah bahan pembangun sel-sel Anda, dan amino tertentu terdapat dalam beberapa suplemen penumbuh rambut. Contohnya adalah asam amino L-cystine, L-lysine, dan L-methionine. Collagen peptide juga digunakan, karena mengonsumsinya telah terbukti membantu mencegah rambut rontok dan merangsang pertumbuhan kembali rambut, menurut penelitian di tahun 2022 yang diterbitkan dalam International Journal of Molecular Sciences Vol. 23 No. 19.

Herbal & Bahan-Bahan dari Tumbuhan

Bahan-bahan tertentu dari tumbuh-tumbuhan, seperti curcumin, capsaicin, dan saw palmetto, dikaitkan dengan pertumbuhan rambut dalam beberapa kondisi, misalnya pada kasus alopecia dan penipisan rambut. (Sumber: Journal of Cosmetic Dermatology Vol. 21 No. 10 2022 & Skin Appendage Disorders Vol. 6 No. 6 2020.

Yang lainnya, seperti ashwagandha, dapat membantu Anda mengendalikan stres, yang pada akhirnya membantu mendukung pertumbuhan rambut. Sebab ada hubungan antara rambut rontok dan stres, terutama jika Anda memiliki masalah mendasar seperti alopecia. (Sumber: Nature Vol. 592 Tahun 2021)

Penelitian yang diterbitkan Pharmaceuticals Vol. 15 No. 12 tahun 2022 menunjukkan bahwa herbal Noni juice dapat dioleskan secara langsung (topikal) untuk membantu pertumbuhan rambut yang rontok akibat androgenic alopecia. Herbal ini diketahui memiliki aktivitas anti-alopecia, yang kemungkinan berasal dari kandungan alkaloid di dalamnya seperti indole, piperazine, piperidine, oxazolidine, dan pyrimidine. Ini mirip dengan obat standar alopecia (Minoxidil) yang juga mengandung alkaloid piperidine dan pyrimidine.

Herbal Noni juice, suplemen untuk rambut rontok dan penumbuh rambut
Herbal Noni Juice (Photo by Ninetechno from Getty Images via Canva)

Di samping mengoleskannya langsung, Noni juice juga sangat baik untuk diminum. Karena berbagai kandungan aktifnya dapat membantu menutrisi rambut sehingga membuatnya lebih kuat dan merangsang pertumbuhannya kembali. Herbal ini juga membantu mengatasi stres berlebihan, yang erat kaitannya dengan kerontokan rambut.

Apakah Efektif Menggunakan Suplemen untuk Rambut Rontok?

Banyak orang mengharapkan hasil instan setelah mengonsumsi suplemen-suplemen seperti di atas. Sayangnya, tidak ada pil ajaib dalam hal menumbuhkan rambut tebal dan sehat.

Suplemen untuk rambut rontok memang dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut dan menjaga kesehatannya pada orang-orang yang memiliki kekurangan nutrisi tertentu. Tapi suplemen bukanlah solusi ajaib untuk semua masalah rambut, dan keefektifannya mungkin berbeda-beda tergantung pada faktor genetik, gaya hidup, dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Dan penting untuk diingat bahwa konsumsi suplemen tidak bisa menggantikan pola makan dan gaya hidup sehat.

Jauh lebih penting untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang kaya vitamin dan mineral, terutama yang mendukung kesehatan rambut. Anda juga dapat mencoba mengganti teknik perawatan rambut dengan yang lebih lembut, misalnya menghindari bahan kimia keras dan mengurangi penataan rambut dengan suhu panas.

Dalam hal mengatasi rambut rontok, penting untuk mengenali penyebab utamanya dan konsultasikan dengan dokter spesialis dematologi untuk benar-benar mengetahui perawatan yagn paling efektif, termasuk pilihan suplemen atau obat yang cocok sesuai kondisi Anda.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang suplemen apa yang bagus untuk rambut rontok. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga artikel-artikel menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}