Mengatasi Rambut Rontok Itu Mudah Kok!


By Cindy Wijaya

Mengatasi rambut rontok ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Rambut itu sangat penting, khususnya bagi wanita, dan karena itu rambut sering disebut sebagai mahkota kepala. Tetapi di jaman sekarang para pria pun juga memperhatikan kesehatan rambut, sebab rambut benar-benar akan mempengaruhi penampilan.

Biasanya yang menyebabkan masalah rambut rontok karena perawatan yang sembarangan. Rambut yang rontok akan menyebabkan kepercayaan diri menjadi berkurang, penampilan pun menjadi kurang menarik karena rambut yang terlalu tipis. Solusi alternatif benar-benar dibutuhkan. Jangan sampai memakai shampoo yang salah, sehingga kulit kepala akan selalu sehat dan rambut rontok bisa dihindari. Mari baca selengkapnya.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Cara mengobati gangguan rambut rontok bisa secara alami juga, sama seperti jenis penyakit yang lainnya. Dengan cara alami tersebut, maka Anda tak perlu mengeluarkan terlalu banyak uang, di mana ini adalah salah satu kelebihannya. Cara mengobati rambut rontok bisa dengan merefleksikan pikiran, hindari pikiran stress dan tegang

Pikiran stress dan tegang bisa menyebabkan kepala menjadi panas dan pusing, dan pada akhirnya akan mengakibatkan kerontokan rambut. Juga, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pemilihan shampoo jangan sembarangan. Anda sebaiknya memilih shampoo yang memang cocok dengan jenis dan kebutuhan dari kulit Anda sehingga mencegah rambut rontok.

  • Lidah Buaya

    Lidah buaya juga merupakan alternatif alami untuk mengatasi masalah rambut rontok. Jadi tak hanya menggunakan perawatan obat-obatan dan perawatan salon saja, namun juga bisa menggunakan bahan herbal alami seperti lidah buaya ini dalam mengatasi gangguan rambut rontok. Lidah buaya sudah dipercaya sejak lama jika memiliki kandungan vitamin dan mineral yang bagus untuk menyuburkan rambut seseorang, selain itu juga mampu menghindari masalah rambut, termasuk masalah kerontokan tersebut.

    Cara menggunakan lidah buaya untuk masalah rambut rontok tidaklah sulit, Anda bisa menggunakan shampoo lidah buaya yang sudah tersedia banyak di pasaran. Perlu diingat, shampoo lidah buaya harus digunakan teratur.

  • Bawang

    Untuk masalah rambut rontok, bawang termasuk rempah-rempah yang bagus dan cocok. Caranya pun cukup mudah. Pertama blender bawang, kemudian oleskan bawang hasil blender tersebut ke daerah kulit kepala. Selanjutnya basuh kepala memakai air hangat yang bersih.

    Bawang bermanfaat menyuburkan kulit kepala, sehingga akar rambut pun akan menjadi kuat dan tak mudah rontok. Penggunaan bawang ini mungkin baru terdengar oleh Anda, namun sudah sejak lama dimanfaatkan untuk masalah rambut rontok juga, jadi sesungguhnya bukan hal yang aneh lagi.

  • Pijatan

    Rambut rontok juga dapat disebabkan karena sirkulasi darah yang kurang lancar pada kepala. Karena itu Anda harus mengatasi masalah tersebut, Anda harus membuat sirkulasi darah kembali lancar. Salah satu cara untuk itu dengan menggunakan metode pijatan. Anda dapat memberikan pijatan ke kepala, niscaya gangguan rambut rontok akan berkurang.

    Tak harus ke salon untuk creambath, Anda dapat melakukan pijatan ringan sewaktu sedang keramas. Selain itu, saat sedang santai, Anda juga dapat memijat kulit kepala. Pelan-pelan saja jangan terlalu keras, yang penting cukup sering dilakukan. Bisa juga memakai almond atau minyak wijen supaya sirkulasi darah pada bagian kepala semakin lancar, dan masalah rambut rontok pun sirna.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Rambut Rontok secara Alami

Jika Rambut Rontok Parah

Jika rambut rontok sudah terlanjur parah, jangan panik dahulu, Anda tetap dapat mengatasinya menggunakan bahan-bahan alami yang ada. Bahan-bahan alami tersebut ialah jeruk nipis, teh hijau, seledri, dan bawang putih.

Jika ingin memakai daun seledri, petiklah beberapa helai daun seledri kemudian haluskan terlebih dahulu daun tersebut. Kemudian gunakan daun yang sudah dihaluskan itu untuk menjadi shampoo.

Selain menggunakan seledri, Anda juga dapat menggunakan teh hijau. Manfaatkan seduhan teh hijau, balur pada seluruh daerah rambut, termasuk kulit kepala Anda. Tetapi jangan langsung membilasnya menggunakan shampoo, tetapi diamkan terlebih dahulu untuk kurun waktu 1 jam. Sesudahnya, barulah bilas hingga bersih untuk memperoleh manfaat pengobatan rambut rontok dari teh hijau.

Anda juga bisa memakai jeruk nipis. Cara menggunakan jeruk nipis ini juga tidak sulit, bahkan bisa terbilang sangat mudah, serta efektif juga untuk mengobati rambut rontok. Menggunakan jeruk nipis untuk rambut rontok, pertama potonglah 1 buah jeruk nipis ke beberapa bagian, lalu pakailah untuk mengusap kulit kepala secara merata. Selanjutnya tunggu untuk jangka waktu 15 menit, setelahnya barulah dibilas sampai benar-benar bersih. Selain membantu mengatasi rambut rontok, jeruk nipis juga mampu menyelesaikan masalah ketombe Anda.

Itulah beberapa pilihan bahan alami yang ada, Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami tersebut untuk mengatasi gangguan rambut rontok sampai tuntas. Jika ingin mudahnya, Anda bisa membeli shampoo yang menggunakan bahan-bahan alami tersebut.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}