Stadium Kanker Vagina


By Cindy Wijaya

Dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana dokter menggunakan stadium kanker vagina untuk menunjukkan pertumbuhan atau penyebaran kanker vagina pada pasiennya. Stadium kanker menunjukkan dimana lokasi kankernya, apakah sudah menyebar, dan apakah itu sudah memengaruhi bagian tubuh lainnya.

Sebelum menentukan stadium sebuah kanker, dokter harus melakukan tes atau pemeriksaan medis tertentu. Jadi stadium kanker baru akan diketahui setelah semua pemeriksaan medis itu selesai dilakukan.

Mengetahui stadium kanker akan membantu dokter memastikan metode pengobatan yang terbaik untuk kondisi pasiennya.

Ada beberapa sistem yang digunakan dokter untuk menentukan stadium kanker. Pada kanker vagina, sistem yang paling umum digunakan adalah sistem yang dikembangkan oleh FIGO (Federation Internationale de Gynecologie et d’Obstetrique).

Menurut sistem FIGO, kanker vagina dibagi menjadi empat stadium yaitu kanker vagina stadium 1, kanker vagina stadium 2, kanker vagina stadium 3, dan kanker vagina stadium 4. Berikut akan dikupas satu per satu masing-masing stadium kanker vagina, mulai dari yang paling ringan.

Kanker Vagina Stadium 1

Pada stadium kanker vagina yang masih awal ini, kanker sudah mulai tumbuh ke dinding vagina tetapi belum menyebar lebih jauh.

Kanker Vagina Stadium 1

Pengobatan yang umum digunakan dokter untuk mengobati kanker vagina stadium 1 ialah radioterapi dan operasi bedah.

Radioterapi biasanya menjadi pilihan pertama pengobatan bagi banyak pasien kanker vagina stadium 1. Radioterapi internal (dari dalam tubuh) biasanya dilakukan untuk mengobati tumor kecil pada dinding dalam vagina. Dan radioterapi eksternal (dari luar tubuh) dikombinasikan radioterapi internal untuk mengobati tumor pada bagian jaringan vagina yang lebih dalam.

Jika pasien memiliki kanker pada bagian atas vagina, kadang dokter merekomendasikan untuk melakukan operasi bedah untuk mengangkat rahim (disebut histerektomi radikal). Kelenjar getah bening di sekitar rahim akan diangkat dan sebagian vagina juga akan diangkat (disebut vaginektomi radikal parsial).

Pasien mungkin juga harus diangkat seluruh vaginanya jika kanker berada pada bagian bawah atau tengah vagina (disebut vaginektomi total). Dokter bedah kemudian akan membuatkan vagina baru untuk pasien (disebut rekonstruksi vagina).

Kanker Vagina Stadium 2

Pada stadium kanker vagina ini, kanker sudah mulai menyebar ke luar dinding vagina ke jaringan sekitarnya, tetapi belum sampai ke dinding panggul.

Pengobatan yang umum digunakan dokter untuk mengobati kanker vagina stadium 2 ialah radioterapi, kemoterapi, dan operasi bedah.

Radioterapi adalah pengobatan utama untuk stadium ini. Biasanya pasien diberikan radioterapi internal dan eksternal.

Kemoterapi juga diberikan sebagai pendamping radioterapi. Ini untuk memperkuat efek dari radioterapi.

Dokter juga dapat merekomendasikan pasiennya untuk operasi bedah (sebagai ganti radioterapi) jika pasien sebelumnya pernah mendapat radioterapi ke area panggul. Ini karena ada batas jumlah radioterapi yang dapat diterima oleh satu bagian tubuh, terlalu banyak justru bisa merusak jaringan yang sehat.

Kanker Vagina Stadium 3

Pada stadium kanker vagina ini, kanker sudah menyebar ke luar dinding vagina dan sudah mencapai dinding samping panggul. ATAU kanker sudah menyebar ke kelenjar getah bening yang dekat dengan vagina.

Kanker Vagina Stadium 3

Sama seperti pada stadium kanker vagina sebelumnya, pengobatan yang umum untuk stadium ini adalah radioterapi, kemoterapi, dan operasi bedah.

Radioterapi menjadi pengobatan utama, yaitu gabungan radioterapi internal dan eksternal. Sedangkan kemoterapi menjadi pendamping radioterapi untuk memperkuat efeknya.

Jika pasien pernah mendapat radioterapi ke area panggul, dokter mungkin akan menyarankan operasi bedah sebagai gantinya. Itu karena ada batas untuk mendapat radioterapi ke satu bagian tubuh, untuk mencegah rusaknya jaringan yang sehat di bagian tubuh itu.

Kanker Vagina Stadium 4

Pada stadium kanker vagina tahap lanjut ini, kanker sudah menyebar ke organ tubuh lain di luar vagina. Stadium ini dibagi menjadi 4a dan 4b.

Pada kanker vagina stadium 4a, kanker sudah menyebar ke kandung kemih ATAU ke rektum (bagian ujung dari usus besar).

Pada kanker vagina stadium 4b, kanker sudah menyebar ke organ yang jauh, misalnya ke paru-paru.

Kanker Vagina Stadium 4b

Sama seperti pada stadium kanker vagina sebelumnya, pengobatan yang umum untuk stadium 4a ini ialah radioterapi, kemoterapi, dan operasi bedah.

Radioterapi menjadi pilihan utama pengobatan, yaitu kombinasi radioterapi internal dan eksternal. Sedangkan kemoterapi digunakan sebagai pendamping radioterapi, untuk memperkuat efek pengobatannya.

Apabila pasien sebelumnya pernah mendapat radioterapi ke area panggul, maka dokter bisa menyarankan operasi bedah sebagai gantinya. Itu karena radioterapi berulang ke bagian tubuh yang sama dapat merusak jaringan yang sehat di bagian itu.

Kanker vagina stadium 4b biasanya dianggap sudah tidak bisa disembuhkan. Oleh sebab itu pengobatan difokuskan untuk meringankan rasa sakit.

Misalnya radioterapi dapat meringankan gejala-gejala seperti rasa nyeri, bengkak, atau pendarahan. Dokter juga dapat menyarankan pasien menjalani kemoterapi jika kondisi pasien cukup baik untuk menerimanya.

Kesimpulan tentang Stadium Kanker Vagina

Pada kanker vagina stadium 1, kanker sudah mulai tumbuh ke dinding vagina tetapi belum menyebar lebih jauh.

Pada kanker vagina stadium 2, kanker sudah mulai menyebar ke luar dinding vagina ke jaringan sekitarnya, tetapi belum sampai ke dinding panggul.

Pada kanker vagina stadium 3, kanker sudah menyebar ke luar dinding vagina dan sudah mencapai dinding samping panggul. ATAU kanker sudah menyebar ke kelenjar getah bening yang dekat dengan vagina.

Pada kanker vagina stadium 4, kanker sudah menyebar ke organ tubuh lain di luar vagina. Stadium ini dibagi menjadi 4a dan 4b.

Pada kanker vagina stadium 4a, kanker sudah menyebar ke kandung kemih ATAU ke rektum (bagian ujung dari usus besar).

Pada kanker vagina stadium 4b, kanker sudah menyebar ke organ yang jauh, misalnya ke paru-paru.

Demikianlah artikel ini yang mengupas tentang stadium kanker vagina. Semoga informasi ini berguna bagi Anda. Temukan juga ulasan-ulasan bermanfaat lain seputar kanker hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

Cancer.Net. Vaginal Cancer: Stages. URL: https://www.cancer.net/cancer-types/vaginal-cancer/stages

Cancer Research UK. Vaginal Cancer – Stage 1. URL: https://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/vaginal-cancer/stages/stage-1

Cancer Research UK. Vaginal Cancer – Stage 2. URL: https://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/vaginal-cancer/stages/stage-2

Cancer Research UK. Vaginal Cancer – Stage 3. URL: https://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/vaginal-cancer/stages/stage-3

Cancer Research UK. Vaginal Cancer – Stage 4. URL: https://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/vaginal-cancer/stages/stage-4

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>