5 Ciri-Ciri Kanker Vagina yang Mudah Dikenali Sebelum Terlambat


By Fery Irawan

Apakah Anda termasuk seorang wanita yang merasa khawatir akan keberadaan kanker vagina? Jika Anda merasakannya juga, ada baiknya untuk memerhatikan ciri-ciri kanker vagina yang mudah dikenali. Tahukah Anda bahwa 20% wanita pengidap kanker vagina tidak menemukan adanya tanda keberadaan kanker dalam tubuh mereka? Bagaimana dengan Anda?

Jangan cemas dulu—sebenarnya ini dapat dihindari jika Anda melakukan pemeriksaan rutin. Namun, beberapa wanita tidak melakukan ini karena beberapa alasan; mulai dari masalah ekonomi, rasa malu, atau takut menghadapi dokter maupun penyakit tersebut.

5 Ciri-Ciri Kanker Vagina yang Mudah Dikenali

Jika 20% wanita yang disebutkan diawal tak dapat merasakan gejala-gejala kanker vagina, lain halnya dengan 80% wanita yang juga mengidap penyakit tersebut. Mereka mungkin akan merasakan tanda-tanda kanker vagina seperti berikut ini:

  • Perdarahan dari vagina. Perdarahan ini bukan seperti yang biasa dialami seorang wanita di saat menstruasi, tetapi perdarahan ini terjadi saat seorang wanita tidak sedang menstruasi (misalnya sudah selesai menstruasi beberapa hari atau minggu yang lalu). Perdarahan yang terjadi setelah melakukan hubungan seksual juga patut Anda curigai.
  • Perdarahan pasca menopause. Anda perlu waspada bila mengalami perdarahan dari vagina meskipun Anda sudah berhenti menstruasi (menopause) setidaknya selama 12 bulan terakhir.
  • Keputihan yang berbau atau berdarah.
  • Nyeri saat melakukan hubungan seksual.
  • Gatal-gatal atau muncul benjolan di vagina.

Kedua tanda-tanda kanker vagina ini memang tidak selalu menunjukkan keberadaan kanker di dalam tubuh Anda, bisa saja ada penyebab lain selain kanker. Akan tetapi Anda tetap perlu menemui dokter jika mengalami kedua gejala diatas.

Ciri-Ciri Kanker Vagina Lainnya yang Perlu Diperhatikan

Selain daripada 5 ciri-ciri yang mudah dikenali di atas, Anda juga mesti mewaspadai timbulnya gejala-gejala kanker vagina lainnya. Berikut adalah beberapa diantaranya:

  • Nyeri saat buang air kecil
  • Merasa perlu untuk buang air kecil lebih sering dari biasanya (beser)
  • Urin berdarah
  • Nyeri di panggul
Baca Juga:  Pengobatan Kanker Vagina Yang Tersedia

Bila Anda sudah mengalami tanda-tanda kanker vagina seperti yang dijelaskan artikel ini, terutama jika dialami dalam waktu bersamaan, segeralah temui dokter yang terpercaya untuk memastikan penyebabnya serta agar dapat ditangani secepat mungkin.

Jika Anda sudah benar-benar merasakan adanya keberadaan kanker di vagina, mungkin karena ciri-ciri kanker vagina yang dideskripsikan sangat cocok dengan apa yang sedang Anda alami, maka sekaranglah saatnya untuk melakukan tindakan penanganan segera.

Selain secepatnya menemui dokter untuk mendapatkan pemeriksaan, beberapa orang memilih untuk mendapatkan pengobatan herbal sebagai langkah cepat untuk mencegah agar gejala-gejala kanker vagina tidak bertambah parah selagi menunggu hasil pemeriksaan.

Pilihan Herbal Asli Indonesia Terbaik untuk Kanker Vagina

Apabila Anda memilih untuk memanfaatkan pengobatan herbal demi menekan semakimsal mungkin perkembangan tanda-tanda kanker vagina, berikut ini tersedia 2 herbal anti kanker pilihan yang bisa dipertimbangkan.

Sarang Semut Papua

Sarang Semut Papua (Myrmecodia pendans) adalah salah satu herbal yang paling banyak direkomendasikan sebagai obat kanker vagina alami. Memang Sarang Semut telah dibuktikan secara empiris (berdasarkan pengalaman) manfaatnya dalam membantu mengatasi pertumbuhan kanker.

Riset ilmiah mendapati bahwa Sarang Semut mengandung senaywa-senyawa seperti flavonoid, tokoferol, serta polifenol yang diduga kuat berperan dalam penyembuhan gejala-gejala kanker vagina. Diungkapkan bahwa flavonoid mempunyai mekanisme kerja antiproliferasi yang berguna untuk mendeteksi serta menghambat pertumbuhan sel kanker yang sangat agresif.

Mekanisme lainnya adalah induksi apoptosis yang mendorong agar sel-sel kanker melakukan proses bunuh diri. Selain itu, senyawa polifenol dalam herbal ini berfungsi untuk menangkal radikal bebas pemicu kanker dengan cara melindungi DNA yang berpotensi bermutasi menjadi kanker. Sedangkan senyawa tokoferol bertindak sebagai peredam serangan radikal bebas dari luar yang sangat ampuh.

Noni Juice

Noni Juice juga adalah herbal yang memiliki kemampuan anti kanker. Herbal ini terbuat dari sari buah Noni (Morinda citrifolia) yang mengandung senyawa yang bermanfaat untuk mengatasi gejala-gejala kanker vagina. Misalnya saja senyawa unik terpenoid, scopoletin, serta damnachantal yang bertindak untuk menjaga pertumbuhan sel-sel sehat agar tetap normal dan aktif menjalani fungsinya masing-masing.

Noni juga memicu tubuh agar terus memproduksi senaywa anti kanker alami lain semacam nitrit oksida, interleukin, interferon, faktor nekrosis tumor, dan lipopolisakarida demi membantu tubuh dalam perlawanannya untuk menumpas pertumbuhan kanker dari sejak awal.

Selain itu, herbal ini juga mengandung proseronin yang adalah salah satu bahan baku pembentuk seronin. Seronin merupakan sejenis senyawa protein yang bermanfaat untuk mengontrol proses pertumbuhan serta regenerasi sel-sel supaya tetap bekerja sebagaimana mestinya. Oleh sebab itu seronin diperlukan tubuh untuk membanut meminimalkan perkembangan sel-sel kanker secara signifikan.

Apabila tubuh Anda sekarang masih baru menunjukkan ciri-ciri kanker vagina, maka kemungkinannya jauh lebih besar bahwa herbal membantu mengatasinya secara menyeluruh. Tetapi bukan berarti Anda yang sudah terlanjur didiagnosa mengidap kanker sudah tidak bisa lagi menjalani pengobatan herbal.

Baca Juga:  Penyebab Kanker Vagina Yang Perlu Diwaspadai

Anda dapat menggunakan pilihan herbal yang tersedia sebagai langkah cepat untuk menangani gejala-gejala kanker vagina yang mulai muncul.

Bila Anda ingin mencoba herbal yang paling sering direkomendasikan dalam pengoabtan kanker, maka yang patut dipertimbangkan adalah herbal Sarang Semut karena paling unggul dari segi empiris (pengalaman pengguna) dibandingkan herbal anti kanker lainnya.

Dari pengakuan para penggunanya, Sarang Semut biasanya sudah bisa menunjukkan reaksi penyembuhannya setelah 1-3 bulan konsumsi rutin. Bahkan dalam waktu 3 bulan itu ada yang sudah mengaku merasa sembuh dari gejala-gejala kanker yang dideritanya.

Herbal tetap bisa dimanfaatkan oleh para penderita kanker, sekalipun yang sudah mencapai stadium lanjut. Hanya saja hasilnya tidak akan seperti jika digunakan pada saat kanker masih stadium awal. Karena itu beberapa pasien memilih mengombinasikan pengobatan medis dengan herbal dan mereka bisa merasakan proses kesembuhan yang lebih cepat.

Jika Anda sudah memeriksakan ciri-ciri yang dialami dan baru saja didiagnosa mengidap kanker vagina, berupayalah untuk tenangkan diri Anda dan yakinkan diri bahwa kanker bisa Anda kalahkan! Tetaplah semangat dan cari pengobatan yang paling sesuai dengan keadaan yang Anda hadapi.

Sumber

Sumber Referensi:

American Cancer Society. Signs and Symptoms of Cervical Cancer. URL: https://www.cancer.org/cancer/cervical-cancer/detection-diagnosis-staging/signs-symptoms.html. Accessed: 2020-05-11

Wulan, Kholifah, dkk. (2017). Sarang Semut (Myrmecodia pendans) sebagai Antikanker. Medula. 7(5): 140-143

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}