Stadium Kanker Tulang

471
Stadium Kanker Tulang
(Credit: Sebastian Kaulitzki / Adobe Stock)

Diedit:

Tahukah Anda bagaimana stadium kanker tulang dilakukan? Apa itu stadium kanker tulang? Prosedur ini juga diperlukan guna menentukan pengobatan yang tepat berdasarkan atas pemeriksaan yang telah dilakukan. Mari kita perhatikan ulasan kanker tulang stadium 1, kanker tulang stadium 2, kanker tulang stadium 3, hingga kanker tulang stadium 4 berikut!

Temukan info selengkapnya seputar stadium 1 hingga stadium 4 dari kanker tulang yang menyerang Anda dalam artikel berikut ini! Simak bagaimana penentuan stadium kanker ditetapkan!

Stadium Kanker Tulang

Sama halnya dengan beragam jenis stadium kanker lainnya, penentuan stadium kanker tulang dilakukan dengan menerapkan sistem TNM. Sistem ini akan memperlihatkan kepada Anda seberapa besar ukuran tumor (T), apakah penyebarannya sudah mencapai kelenjar getah bening disekitar lokasi kanker (N), atau telah menyebar atau bermetastasis menuju organ terjauh (M). Dengan mengetahui ciri-ciri kanker tulang, maka stadium kanker dapat ditentukan.

Stadium kanker tulang juga ditentukan dengan sistem tingkatan guna mengetahui seberapa ganas serangan kanker pada tubuh Anda. Hal ini ditandai dengan penandaan angka dan huruf mulai dari stadium I hingga stadium IV. Semakin tinggi tingkat stadium kanker yang dialami Anda maka ini menunjukkan semakin parahnya serangan kanker tersebut.

Stadium kanker juga diikuti dengan huruf yang menunjukan beberapa kemungkinan atas serangan kanker pada stadium yang sama. Misalnya pada stadium awal menunjukan ukuran yang berbeda dan lokasi serangan yang berbeda, maka penilaian berupa huruf a, b dan c dibutuhkan.

Kanker Tulang Stadium 1

Pada kanker tulang stadium 1 keadaan tumor biasanya belum menyebar keluar tulang. Sel kanker masih berada di dalam jaringan tulang, ukuran kanker bisa jadi berbeda, misalnya; ukuran tumor bisa jadi lebih besar dari 8 cm atau bisa kurang. Kanker bisa jadi berada lebih dari satu di tulang yang sama.

Kanker Tulang Stadium 2

Pada kanker tulang stadium 2 keadaan tumor biasanya belum menyebar keluar tulang sama seperti pada stadium 1, namun keganasannya lebih meningkat dibandingkan dengan stadium 1. Ukuran kanker juga serupa dengan stadium 1, bisa lebih besar atau kurang dari 8 cm.

Kanker Tulang Stadium 3

Pada kanker tulang stadium 3 keadaan tumor masih belum menyebar keluar tulang, namun terdapat lebih dari 1 sel kanker pada tulang yang sama. Tingkat keganasan sel kanker sudah mengkhawatirkan dan termasuk kedalam kelas tinggi.

Kanker Tulang Stadium 4

Pada kanker tulang stadium 4 keadaan tumor sudah sangat parah, dimana penyebaran kanker telah menjangkau bagian luar tulang dengan beragam tingkatan apapun. Penyebaran kanker bisa jadi telah menyerang salah satu atau kedua paru-paru, bahkan kelenjar getah bening terjauh lainnya.

Demikianlah beberapa stadium kanker yang perlu Anda ketahui, ingatlah bahwa stadium kanker merupakan cara bagi Anda untuk menemukan pengobatan yang tepat. Maka jangan merasa khawatir akan hal ini. Lalu bagaimana dengan tingkat kelangsungan hidup bagi pasien pengidap kanker? Pengobatan kanker tulang membutuhkan periode waktu hingga 5 tahun, maka dokter seringkali memperkirakan kemungkinan hidup berdasarkan hal tersebut.

Baca juga:  Penyebab Kanker Tulang

Kelangsungan hidup ini bergantung pada kondisi pasien dan seberapa ganas serangan kanker yang telah menyerang. Bagi beberapa orang yang ingin mempertahankan kehidupannya, tentu ia akan mencari tahu hal ini dan menanyakannya pada dokter.

Namun, jika Anda tidak kuat untuk mengetahui berapa lama lagi Anda dapat tetap bertahan hidup dengan serangan kanker pada tubuh Anda. Maka, dokter tidak akan memaksa Anda untuk mengetahuinya.

Acuan 5 tahun masa keberlangsungan hidup hanyalah suatu perkiraan, beberapa pasien dapat hidup lebih dari 5 tahun atau kurang. Bahkan ada yang mengalami kesembuhan. Ada banyak faktor yang menentukan keberlangsungan hidup Anda, jadi janganlah menyerah!  Demikianlah beberapa penjelasan mengenai kanker tulang stadium 1, kanker tulang stadium 2, kanker tulang stadium 3, hingga kanker tulang stadium 4.

Advertisement
Alinesia