Tahukah Anda, Apa itu kanker tulang? Adakah obat kanker yang secara efektif dapat menumpas sel kanker? Apa saja ciri-ciri kanker yang perlu Anda ketahui? Apa sebenarnya penyebab kanker? Adakah tindakan pencegahan kanker yang bisa Anda lakukan?

Bagaimana pemeriksaan kanker dilakukan? Bagaimana stadium kanker dapat ditentukan? Pengobatan kanker apa saja yang tersedia? Temukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut dalam artikel berikut ini!

Kanker Tulang

Kanker tulang bukanlah jenis kanker yang lazim menyerang? Bahkan hanya ditemukan sebanyak 0,2% kasus dari seluruh diagnosa kanker di dunia. Hanya sekitar 2890 orang pasien terdiagnosa kanker setiap tahunnya. Namun dari angka ini diperkirakan sekitar 1410 orang mengalami kematian. Sebuah persentase kematian yang relatif tinggi dari kebanyakan serangan kanker. Apa saja jenis kanker yang ada?

Kanker tulang sendiri terbagi dalam beberapa jenis. Tiga diantaranya adalah kasus yang paling banyak terjadi, sedangkan dua jenis kanker yang lain tergolong jenis kanker yang langka. Dan berikut ini 5 jenis kanker tersebut:

  • Osteosarcoma

    Kanker tulang ini tumbuh pada jaringan osteoid pada tulang, yakni bagian dari tulang yang mengalami pertumbuhan. Biasanya memang menyerang mereka dalam usia pertumbuhan atau pasca pertumbuhan sekitar usia 10 sampai 25 tahun dan biasanya juga menyerang area tulang paha dan betis kaki.

  • Chondrosarcoma

    Kanker tulang jenis ini berkembang pada area tulang rawan. Kerap kali terkesan samar dengan keluhan nyeri sendi karena lokasi pertumbuhan kanker yang dekat dengan sendi. Biasanya menyerang tulang paha, tulang panggul, tulang rusuk dan tulang belikat. Kasus ini kerap muncul pada kalangan usia produktif dengan rentang usia 30 – 60 tahun.

  • Ewing’s Sarcoma

    Kanker tulang yang berkembang pada area syaraf jaringan lunak tulang, baik itu otot penyangga, jaringan syaraf serta sendi pengikat. Biasanya menyerang area kaki dan tangan, meski beberapa kasus juga ditemukan pada tulang panggul dan tulang punggung. Lebih sering muncul pada anak-anak sampai remaja dan tergolong paling agresif dalam penyebarannya.

  • Fibrosarcoma

    Salah satu jenis kanker tulang yang langka dengan karakter serangan pada jaringan fibrosa dari tulang. Kebanyakan kasus terjadi pada usia 30 – 40 tahun dengan berlokasi pada struktur tulang yang memanjang dan pipih seperti pada tulang lemur, tibia atau rahang bawah.

  • Chordoma

    Satu lagi jenis kanker tulang yang tergolong sangat langka dan biasa menyerang kalangan manula. Namun diperkirakan justru berawal dari masalah pertumbuhan tulang belakang di masa kecil. Belum dapat dipastikan sebab dan bagaimana penyakit ini menyerang.

Baca juga  Obat Kanker Tulang Alami Terbaik Khas Indonesia

Beberapa data menginformasikan bahwa presentase pasien kanker pada anak-anak sama besar dengan jumlah penderita di kalangan dewasa. Meski kebanyakan kasus biasanya terkait erat dengan kasus sindrom bawaan yang mereka miliki sejak lahir. Apa sebenarnya penyebab kanker tulang?

Obat Kanker Tulang

Salah satu cara yang bisa Anda tempuh dalam hal ini adalah dengan asupan obat kanker tulang alami. Tentu saja bukan obat herbal sembarangan, karena faktanya ada begitu banyak obat herbal yang diklaim memiliki kemampuan sebagai anti kanker, namun tak cukup ampuh melawan kanker.

Anda membutuhkan obat kanker alami dalam melawan kanker, tak hanya memiliki kemampuan anti karsinogen, tetapi juga anti pembelahan diri yang cepat, anti mutasi gen dan juga mendorong produksi anti gen alami dalam tubuh. Dan berikut ini merupakan jenis obat herbal yang kami rekomendasikan untuk pengobatan kanker tulang:

Sarang Semut

Tanaman asal Papua ini memiliki umbi besar yang berongga serta memiliki labirin pada sisi dalamnya. Labirin ini menjadi rumah bagi semut hutan tinggal dan itu pula asal muasal tanaman ini disebut dengan nama sarang semut.

Herbal sarang semut ini terbukti berkhasiat mengatasi beragam jenis kanker termasuk untuk pengobatan kanker. Itu terbukti dalam sebuah penelitan yang dikembangkan oleh seorang pakar LIPI Dr. Ahkam Subroto.

Khasiat dari sarang semut bersumber dari senyawa alami asli dari sarang semut seperti flavonoid, tannin, polifenol dan tokoferol, juga fitonutrien yang memicu produktivitas antigen alami bagi sistem imunitas.

Flavonoid sendiri memiliki beberapa khasiat dan di sini flavonoid merupakan senyawa yang mendominasi komposisi dari sarang semut.

Selain Flavonoid, dalam sarang semut juga ditemukan perpaduan antara fitonutrien, polifenol dan tannin yang baik dalam mengatasi dan mencegah kerusakan sel, membantu regenerasi sel normal supaya berjalan dalam sistem yang seharusnya.

Tak heran kalau pasien sudah bisa merasakan tanda-tanda kesembuhan dalam waktu 1-3 bulan konsumsi rutin, jelas hasil yang relatif cepat dari jenis herbal anti kanker lain.

Itulah obat kanker alami yang terbukti secara empiris dan sudah dibuktikan melalui banyaknya pasien yang berhasil disembuhkan oleh kedua obat herbal anti kanker tersebut.

Baca juga  6 Ciri-Ciri Kanker Tulang Yang Mudah Dikenali

Ciri-Ciri Kanker Tulang

Dan fakta bahwa kebanyakan kasus kanker terlambat terdiagnosa merupakan salah satu penyebab utama tingginya tingkat kematian pasien kanker. Untuk itu penting bagi Anda mengenali lebih baik apa saja gejala kanker sehingga kewaspadaan meningkatkan, terutama bagi Anda dengan riwayat keluarga yang rentan terhadap kanker.

Dan berikut ini adalah beberapa ciri-ciri kanker tulang yang perlu Anda ketahui.

  • Rasa nyeri pada tulang yang tidak kunjung hilang
  • Pembengkakan
  • Penurunan fungsi
  • Kepekaan menurun
  • Tulang menjadi rapuh
  • Tubuh menjadi mudah lelah
  • Penurunan berat badan
  • Demam dan keringat dingin

Gejala kanker memang terkadang terkesan samar. Sebagaimana dijelaskan sebelumnya di atas, kebanyakan kasus kanker terlambat terdiagnosa karena banyak pasiennya yang salah kaprah dengan mengertikan gejala yang muncul dengan gejala nyeri sendi biasa. Terutama pada kasus stadium awal, dimana belum muncul tanda fisik yang jelas sebagai penanda. Lalu, apa penyebab kanker tulang yang perlu diketahui?

Penyebab Kanker Tulang

Terlepas dari bagaimana mutasi gen dalam kanker terjadi dan menjadi lebih agresif dari jenis kanker lain, berikut beberapa fakta yang berhasil terkuak mengenai penyebab kanker tulang:

  • Efek dari radiasi seperti pasca pengobatan dengan radioterapi
  • Beberapa jenis pengobatan kanker tertentu
  • Pengobatan patah tulang dengan pemasangan implant logam atau plat pada tulang
  • Faktor genetika seperti maffuci sindrom, Rothmund thomson sindrom, Li-fraumeni sindrom, dan beberapa kondisi bawaan lain
  • Memiliki riwayat keluarga mengidap kanker
  • Infeksi akut pada tulang, seperti efek seranga virus atau infeksi dari patah tulang yang tidak cepat diatasi
  • Pertumbuhan tulang pada masa pubertas
  • Menderita penyakit paget, sejenis penyakit yang berakibat pada kerentanan tulang dan rasa nyeri pada tulang
  • Menderita hernia umbilitikus
  • Berkelamin pria
  • Memiliki tinggi badan lebih tinggi dari yang lain
  • Beberapa jenis kanker lebih kerap muncul pada mereka berkulit putih dan ras kaukasoid
Baca juga  Pengobatan Kanker Tulang

Penyebab kanker tulang sampai saat ini belum sepenuhnya terkuak. Beberapa fakta memang sudah berhasil ditemukan namun belum sepenuhnya bisa menjawab bagaimana sel-sel tulang bisa bermutasi dan membentuk sel kanker yang bersifat sangat agresif bahkan lebih agresif dari jenis kanker lainnya.

Tulang sendiri terdiri dari beberapa jenis sel yang saling mengikat membentuk jaringan dan bagian dari tulang. Adapun beberapa bagian dari sel tulang tersebut adalah Osteosid, Osteoblast dan Osteoklas. Ketiganya berfungsi membentuk struktur tulang yang keras dan kaku.

Pertumbuhan bersifat menyimpang, tidak pada posisi seharusnya dan memiliki kemampuan merusak sifat sel dan ikatan sel dalam tulang yang khas. Akibatnya sel lain akan menjadi rapuh dan tulang menjadi getas seperti kapur yang lapuk.

Disertai sifat agresif dan ganas dari sel kanker juga sifat ikatan sel dalam tulang yang berbeda, maka terbentuklah sebuah kondisi yang menjadi penyebab kaker tulang lebih agresif beberapa kali lipat dari kanker lain. Bagaimana dengan pencegahan kanker?

Pencegahan Kanker Tulang

Jika Anda sudah terserang kanker maka tindakan pencegahan sudah tidak dapat dilakukan lagi. Namun jika Anda masih dalam keadaan sehat, maka pencegahan kanker tulang yang dapat dilakukan mencakup menghindari penyebab serangan kanker yang datang dari luar tubuh.

Jika tindakan pencegahan sudah Anda coba untuk lakukan, maka pemeriksaan kanker perlu dilakukan untuk memastikan keberadaan kanker di dalam tulang Anda. Bagaimana ini dapat dilakukan?

Pemeriksaan Kanker Tulang

Pemeriksaan kanker tulang mencakup pemeriksaan fisik, pemeriksaan darah, pemeriksaan pencitraan dan biopsi. Hal tersebut perlu dilakukan guna memastikan penyebaran kanker pada bagian tubuh lainnya. Sehingga stadium kanker dapat diketahui.

Stadium Kanker Tulang

Stadium kanker tulang ditentukan dengan sebuah sistem TNM, guna menentukan stadium 1 hingga stadium 4. Setelah dokter mengetahui stadium kanker, barulah tindakan pengobatan kanker dapat ditentukan. Bagaimana tindakan pengobatan dapat dilakukan?

Pengobatan Kanker Tulang

Pengobatan kanker tulang sebagaimana kebanyakan prosedur medis dalam mengatasi kanker lainnya selalu disesuaikan dengan kondisi dari kanker yang bersangkutan, termasuk; lokasi serangan, jenis kanker dan stadium yang dialami.

Setelah analisa dilakukan dan dipastikan oleh pasien yang mengidap kanker, maka beberapa prosedur pengobatan kanker tulang secara medis bisa dilakukan. Beberapa cara tersebut antara lain:

  • Operasi Pengangkatan Kanker
  • Radioterapi
  • Kemoterapi

Fakta bahwa tingkat kematian dari kanker bisa menjadi demikian cepat dan tinggi membuktikan bahwa prosedur pengobatan kanker tulang sejauh ini belum bisa dikatakan efektif. Tingkat prognosis kegagalan dalam mempertahankan hidup pasien tergolong rendah.

Untuk itu, ketika seseorang terdiagnosa mengalami kanker penting baginya untuk mencari solusi tambahan guna meningkatkan peluang penyembuhan dan meningkatkan peluang untuk bertahan hidup. Oleh karena itu, apa obat kanker yang bisa Anda coba?

Diagnosa lebih awal, diatasi dengan prosedur yang tepat dan sempurnakan dengan obat herbal yang sesuai, bukan mustahil pengobatan kanker bisa mencapai hasil yang lebih memuaskan.

Demikianlah informasi seputar kanker yang dapat Anda ketahui, mulai dari obat kanker tulang, ciri-ciri kanker tulang, penyebab kanker tulang, pencegahan kanker tulang, pemeriksaan kanker tulang, stadium kanker tulang, hingga pengobatan kanker tulang. Nantikan informasi seputar kanker lainnya hanya di deherba!