Sindrom Lorong Karpal: Saat Pergelangan Tangan Bermasalah!

576
Google Image

Diedit:

Terowongan atau lorong karpal adalah saluran sempit yang melalui tulang pergelangan tangan dan melindungi saraf utama serta tendon pada tangan. Ketika jaringan pada saluran tersebut mengalami pembengkakan (inflamasi), jaringan tersebut menekan saraf yang terhubung dengan ibu jari, jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis.

Tekanan yang terlalu besar ini menyebabkan terjadinya sindrom lorong karpal (carpal tunnel syndrome). Jika kondisi ini tidak ditangani, kerusakan saraf dan otot permanen dapat terjadi. Sejumlah faktor berperan dalam terjadinya sindrom ini. Faktor penyebab ini meliputi berbagai pekerjaan, aktivitas, dan hobi yang berhubungan dengan posisi pergelangan tangan.

Faktor genetik atau keturunan serta masalah kesehatan tertentu seperti diabetes, obesitas, penyakit tiroid, dan artritis juga berperan.

Apa tanda-tanda awalnya?

Sindrom lorong karpal biasanya secara bertahap diawali dengan kebas atau mati rasa dan kesemutan pada ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah yang bisa kambuh kapan saja. Gejala ini bisa jadi mengakibatkan ketidaknyamanan pada pergelangan tangan dan tangan Anda.

Sedangkan untuk gejala umum sindrom lorong karpal bisa diringkaskan sebagai berikut.

  • Kesemutan atau kebas yang timbul pada setiap jari tangan kecuali jari kelingking. Sensasi ini seringkali terjadi ketika Anda sedang mengemudi, memegang telepon atau koran, dan saat terbangun dari tidur.
  • Nyeri menyebar dari pergelangan tangan sampai ke lengan, kemudian menuju bahu. Rasa nyeri bisa juga terasa di telapak tangan atau jari tangan. Tangan terasa lemah dan cenderung menjatuhkan benda saat memegangnya.

Bagaimana Caranya Menangani Sindrom Lorong Karpal?

Sindrom ini harus ditangani sesegera mungkin setelah gejala-gejalanya mulai dirasa.

  • Beberapa penderita sindrom karpal tahap ringan merasa keluhannya berkurang setelah mengistirahatkan tangan.
  • Penderita lainnya merasa lebih baik dengan mengompres bengkak pada tangan.
  • Anda juga dapat mencoba aktivitas yang bervariasi setiap hari.
  • Hindari menggunakan pegangan yang keras saat mengemudikan mobil, bersepeda, atau menulis. Pena, pensil, dan alat tulis berukuran besar dapat memberi genggaman yang lebih nyaman. Hindari juga menekuk pergelangan tangan dengan kuat ke atas atau ke bawah.
  • Hangatkan tangan Anda jika bekerja di lingkungan yang dingin. Kenakan sarung tangan yang mempertahankan tangan dan pergelangan tangan tetap hangat.

Perlu diingat, walaupun saran-saran di atas sudah dilakukan, gejalanya mungkin tidak akan langsung hilang. Apabila gejala masih terjadi selama lebih dari beberapa minggu, dianjurkan untuk menemui dokter yang kompeten dalam bidang ini. 

Nah, bagi yang belum terkena sindrom ini, Anda mungkin bertanya ‘apa saja langkah pencegahannya?’ Meminimalisir stres atau tekanan pada tangan dan pergelangan tangan adalah cara terbaiknya.

Sebagai contoh, orang yang bekerja di depan komputer bisa mencoba mengetik dengan lembut. Jagalah posisi pergelangan tangan tetap sejajar dengan tangan, jangan menekuk terlalu ke atas atau ke bawah.

Sekali lagi, mencegah atau mengatasi sindrom lorong karpal sangat penting. Karena hal ini akan sangat berpengaruh pekerjaan atau aktivitas dalam jangka waktu yang lama. Anda tentu tidak mau rasa nyaman terganggu dan tergantikan oleh rasa nyeri, bukan?

Advertisement
Alinesia