Sibak 15 Manfaat Alpukat Yang Super Lengkap: Bagian 2

477

Diedit:

Masih melanjutkan informasi berkaitan dengan manfaat lengkap dari buah alpukat, sebagaimana telah kami sampaikan 5 bagian pertama pada artikel sebelumnya. Maka kali ini kita sambung manfaat alpukat untuk menyempurnakan informasi lengkap 15 manfaat buah alpukat bagi kesehatan.

Buah alpukat memiliki sejumlah nutrisi essensial yang demikian lengkap sehingga membuatnya masuk dalam daftar superfood. Kami sudah mengungkapnya dalam artikel sebelumnya, namun kita akan mencoba review ulang apa saja nutrisi yang tersimpan dalam buah alpukat.

Buah alpukat setidaknya memiliki sekitar 20 vitamin dan mineral. Kadar sejumlah vitamin bisa mencukupi lebih dari 20% kebutuhan tubuh untuk setiap 100 gramnya. Sedang dalam 100 gram Anda juga sudah memperoleh kadar protein sekitar 2%, lemak sehat sekitar 15 gram dan kadar pati sekitar 9 gram namun setidaknya 7 di antaranya berkonten serat sehingga sangat aman bahkan untuk Anda yang perlu menjalankan diet rendah kalori.

Jangan lupa dengan sejumlah fitonutriet yang terkandung dalam buah alpukat. Kandungan fitonutrient di dalam buah alpukat telah terbukti secara ilmiah memiliki sejumlah khasiat untuk tubuh Anda. Sedang kalori yang terkandung dalam 100 gram bisa mencapai 160 kal, setidaknya masih dibawah 1 piring nasi yang bisa mencapai kisaran 200an kal. Namun tentu saja, nutrisi yang Anda bisa peroleh dari satu buah alpukat jelas berkali lebih lengkap dari pada sekedar 1 piring nasi.

Dengan demikian banyak nutrisi vitamin, mineral, asam amino essensial, lemak tak jenuh, serat dan sejumlah fitonutrient maka banyak manfaat buah alpukat yang berhasil diungkap dari berbagai riset dunia. Keberadaan buah alpukat yang demikian mudah didapat di berbagai belahan dunia menjadikan buah alpukat cukup kerap menjadi objek riset di berbagai instansi riset dunia.

Berikut ini 4 manfaat buah alpukat untuk kesehatan Anda, yang merupakan bagian kedua dari informasi super lengkap mengenai manfaat alpukat.

Baca juga:  Sibak 15 Manfaat Alpukat Yang Super Lengkap: Bagian 1

1. Membantu menjaga kesehatan mata

Dalam buah alpukat tersimpan kandungan karotenoid yang sangat tinggi. Karotenoid sebenarnya adalah formula anti oksidan yang menyertai vitamin A. Yang menarik formula dari karotenoid dalam buah alpukat terbilang sangat lengkap sehingga akan mampu menutrisi mata secara menyeluruh.

Sejumlah riset menunjukan adanya kaitan antara nutrisi dalam buah alpukat dengan kemampuan untuk mencegah kerusakan mata, termasuk mencegah katarak dan sejumlah degenerasi kondisi mata yang berkaitan dengan usia. Sebagaimana tercantum dalam ArvoJournal dengan ulasan bertajuk Plasma Lutein and Zeaxanthin and Other Carotenoids as Modifiable Risk Factors for Age-Related Maculopathy and Cataract: The POLA Study.

2. Penting untuk kesehatan kehamilan

Dengan adanya kandungan asam folat yang tinggi dalam buah alpukat, rasanya tak heran kalau buah satu ini kemudian menjadi salah satu buah yang disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil. Kandungan asam folat atau vitamin B9 dalam buah alpukat sekitar 45 mcg percup. Angka ini relatif tinggi dibandingkan jenis buah lain. Asam folat berfungsi menjaga pertumbuhan janin tetap dalam kondisi normal dalam koridor DNA normal janin.

Tidak hanya soal asam folat, karena terbukti dalam buah alpukat tersimpan kandungan nutrisi penting untuk turut membantu menambah asupan untuk janin dalam kandungan.

Sedang kandungan vitamin K di dalam alpukat akan berperan sebagai pencegah perdarahan dengan mengaktifkan gen pembekuan darah. Sejumlah kasus perdarahan pada ibu hamil pasca persalinan berkaitan erat dengan kasus kekurangan vitamin K.

3. Sebagai pelindung organ hati

Dalam sebuah riset di Department of Pharmacy, Malhotra College, Bhopal, Madhya Pradesh, India yang dijurnalkan dalam Pharmacognosy Review dengan judul The phytochemical and pharmacological profile of Persea americanaMill disebutkan bagaimana alpukat akan bekerja menjaga kesehatan hati berkat sejumlah komposisi fitonutrient dan anti oksidan yang terkandung di dalamnya.

Baca juga:  Manfaat Buah Alpukat untuk Menurunkan Kolesterol

Sedang dalam salah satu ulasan BBC diungkap bahwa alpukat bekerja dalam beberapa aspek untuk membantu memelihara liver. Kandungan HDL di dalam alpukat bekerja efektif membersihkan lemak hati yang sangat berbahaya bagi kesehatan hati.

Sedang di sisi lain, alpukat menstimulasi produksi glutathione, salah satu anti oksidan alami tubuh yang bekerja efektif membantu proses filter toksin dalam sistem liver dan mengatasi sejumlah pembentukan kerusakan sel termasuk sel hati. Perlu Anda ketahui bahwa dalam liver yang sakit, ditemukan pula kadar glutathione yang rendah.

4. Membantu memperbaiki kesehatan gigi

Ternyata kandungan flavonoid dan anti bakteri dalam alpukat cukup kuat untuk membantu mengatasi masalah pada mulut yang kerap menjadi awal munculnya bau mulut. Halitosis atu kondisi mulut yang mengeluarkan aroma tidak sedap sendiri berasal dari proses sekresi senyawa yang diproduksi oleh bakteri dalam mulut yang berlebihan dengan air liur.

Selain kemampuan alpukat sebagai anti halitosis, buah alpukat juga memberikan manfaat untuk mengatasi dan mencegah terjadinya kerusakan gigi, gigi yang berkarang dan berlubang serta mencegah oksidasi sel dalam mulut yang dapat memicu kanker oral.

Hal tersebut dijelaskan dalam jurnal bertajuk Selective Induction of Apoptosis of Human Oral Cancer Cell Lines by Avocado Extracts Via a ROS-Mediated Mechanism yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition and Cancer tahun 2009.

Demikian tadi 4 bagian kedua dari manfaat buah alpukat. Ternyata dalam buahnya yang mirip seperti mentega beku ini tersimpan sederet manfaat untuk kesehatan. Dan kami akan melanjutkan 6 bagian terakhir dari seluruh informasi lengkap manfaat buah alpukat yang patut Anda ketahui di artikel: Sibak 15 Manfaat Alpukat Yang Super Lengkap—Bagian 3.

Advertisement
Alinesia