Sering Pusing: Penyebab dan Cara Mengatasinya

222
ilustrasi sering pusing
Ilustrasi Pusing (Credit: PeskyMonkey / Getty Images)

Pusing itu bisa macam-macam, rasanya bisa seperti ingin pingsan, badan tidak seimbang, pening, dan kepala seperti berputar. Sebenarnya pusing itu bukan penyakit, tapi suatu gejala dari masalah kesehatan yang mendasari. Apa penyebab kepala sering pusing dan bagaimana cara mengatasi pusing? Adakah obat herbal yang ampuh untuk pusing kepala?

Artikel ini akan mengupas tentang berbagai hal yang dapat menyebabkan kepala sering pusing dan tips-tips yang bisa dilakukan untuk cepat menghilangkan pusing. Di bagian akhir juga akan dijelaskan 3 jenis obat herbal yang bagus untuk pusing kepala.

Apa Penyebab Kepala Sering Pusing?

Pusing adalah gejala yang punya banyak penyebab. Penyebabnya sering kali hanya masalah sepele yang bisa cepat hilang, tapi kadang juga disebabkan oleh masalah kesehatan atau penyakit yang serius. Agar Anda mengerti apa yang menyebabkan gejala pusing yang sering dialami, perhatikanlah beberapa penyebab umum berikut ini.

Penyebab Pusing: Tekanan Darah Rendah

Kepala pusing, kliyengan, dan seperti ingin pingsan adalah gejala yang sering dialami orang yang tekanan darahnya rendah. Ketika tekanan darah terlalu rendah, maka aliran darah beroksigen ke otak juga tidak mencukupi, sehingga fungsi otak bisa terpengaruh. Jika suplai darah ke otak berkurang terlalu banyak, orang itu mungkin bisa pingsan. Gejala-gejala yang dia rasakan bisa semakin terasa pada waktu mengubah posisi dari berbaring atau duduk menjadi berdiri.

Selain menyebabkan kepala pusing, gejala-gejala lain dari tekanan darah rendah yaitu: berkeringat, merasa lemas, mual dan muntah, sesak napas, dan nyeri dada. Tekanan darah rendah bisa diakibatkan oleh masalah kesehatan, atau bisa juga karena kondisi normal tubuh. Contoh masalah penyebab darah rendah yaitu anemia, dehidrasi, pendarahan, kehamilan, konsumsi alkohol, dan efek samping obat.

ilustrasi sering pusing
Ilustrasi Gejala Pusing (Credit: kleberpicui / Adobe Stock)

Penyebab Sering Pusing: Hipotensi Ortostatik

Pada orang yang sedang dehidrasi atau anemia, tekanan darah mereka mungkin normal ketika sedang berbaring. Tapi masalah kekurangan cairan dan darah mereka akan menjadi terasa ketika bangkit berdiri dengan cepat. Kekurangan darah ke otak sering menjadi penyebab kepala terasa pusing.

Pusingnya bisa terasa hingga beberapa detik seraya tubuh menyesuaikan diri. Tetapi jika dehidrasi atau obat tertentu membuat tubuh tidak bisa menyempitkan pembuluh darah dan meningkatkan denyut jantung, rasa pusingnya bisa bertahan sampai pada titik dimana orang tersebut pingsan.

Penyebab Pusing: Tekanan Darah Tinggi

Darah tinggi atau hipertensi kadang bisa menjadi penyebab seseorang merasa pusing, sakit kepala, dan mual. Semakin parah gejala-gejala yang dirasakan, tekanan darah juga harus semakin cepat dikenadlikan. Contohnya, jika seorang penderita darah tinggi mengalami nyeri dada atau gejala-gejala stroke, itu berarti dia harus segera ditangani secara medis.

Penyebab Sering Pusing: Diabetes

Seorang penderita diabetes biasanya sering mengalami pusing kepala, yang kemungkinan disebabkan oleh kondisi kadar gula darah rendah atau kadar gula darah tinggi. Kondisi kadar gula rendah disebut hipoglikemia, yang bisa terjadi jika seorang pengidap diabetes tidak cukup makan atau terlalu banyak minum obat. Selain pusing, hipoglikemia juga sering menyebabkan kebingungan dan berkeringat, dan bahkan bisa mengakibatkan koma jika sudah parah.

Baca juga:  Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Pusing?

Kondisi gula darah tinggi disebut hiperglikemia, yang bisa terjadi karena tubuh kekurangan insulin. Hiperglikemia menyebabkan berbagai respons metabolik di dalam tubuh yang memicu dehidrasi, metabolisme anaerobik, dan perubahan keseimbangan asam-basa. Kondisi tubuh yang dehidrasi dapat menyebabkan rasa pusing.

Penyebab Sering Pusing: Penyakit Endokrin

Salah satu penyakit endokrin penyebab sering pusing adalah diabetes. Di samping diabetes, penyakit endokrin lain yang dapat menyebabkan kepala pusing yaitu penyakit tiroid dan penyakti Addison. Penyakit tiroid adalah ketidaknormalan pada tiroid (terlalu aktif maupun kurang aktif) sehingga menyebabkan gejala-gejala seperti sesak napas, jantung berdebar, kepala sering pusing, darah rendah, lemas, dan menggigil.

Sedangkan penyakit Addison terjadi karena kelenjar adrenal kurang memproduksi hormon kortisol yang dibutuhkan tubuh. Jika kekurangan hormon kortisol, seseorang bisa mengalami keluhan-keluhan seperti perasaan lemas, lelah, pusing kepala, kadar gula darah rendah, dan tekanan darah rendah.

Penyebab Sering Pusing: Hiperventilasi

Hiperventilasi maksudnya adalah napas yang berlebihan dan tidak teratur. Hiperventilasi dapat terjadi saat seseorang merasa panik atau stres, akibat asma, penyakit pernapasan, gagal jantung, dan pneumonia. Karena bernapas secara berlebihan, tubuh akan menghilangkan sebagian dari karbon dioksida di dalamnya, menyebabkan sensasi kesemutan di tangan dan kaki, dan di sekitar mulut. Kepala pusing dan kliyengan juga dapat terjadi.

Penyebab Sering Pusing: Gangguan Jantung

Ada beberapa gangguan jantung yang dapat menjadi penyebab seseorang sering merasa pusing kepala. Contohnya adalah kardiomiopati (otot jantung lemah) dan gangguan pada konduksi di jantung yang mengakibatkan takikardia (jantung berdetak terlalu cepat) atau bradikardia (jantung berdetak terlalu lambat).

Penyebab Sering Pusing: Sinkop Vasovagal

Sinkop vasovagal merupakan penyebab umum seseorang sering merasa kepala pusing, kliyengan, dan ingin pingsan. Kondisi ini terjadi saat tubuh bereaksi berlebihan secara emosional terhadap situasi yang dianggap sangat sulit. Ada banyak jenis stres emosional dan fisik yang dapat merangsang saraf vagus secara berlebihan, sehingga menyebabkan rasa pusing dan gejala-gejala lainnya. Beberapa orang bahkan pingsan hanya karena melihat darah.

Ilustrasi Vertigo (Image by Felix Hu from Pixabay)

Penyebab Sering Pusing: Vertigo

Vertigo sering kali diartikan sebagai gejala pusing yang membuat seolah-olah dunia sekitarnya berputar. Kadang keluhannya adalah hilangnya keseimbangan atau equilibrium. Vertigo biasanya terjadi karena iritasi pada telinga bagian dalam, yaitu bagian telinga yang bertanggung jawab untuk menjaga keseimbangan (bukan pendengaran).

Karena vertigo adalah gejala, bukan penyakit itu sendiri, maka gejala ini disebabkan oleh masalah kesehatan yang mendasari. Masalah-masalah kesehatan tersebut misalnya peradangan di telinga bagian dalam (labirinitis), benign paroxysmal positional vertigo, penyakit Meniere, neuroma akustik, gangguan otak dan sistem saraf, gegar otak atau cedera kepala.

Walaupun pusing adalah gejala yang sering kali ringan dan tidak berbahaya, tapi kadang penyebabnya adalah masalah kesehatan yang perlu segera ditangani secara medis. Anda sebaiknya segera minta pertolongan medis ke dokter terdekat jika rasa pusing disertai keluhan-keluhan seperti vertigo, nyeri dada, sesak napas, jantung berdebar, demam, muntah-muntah, diare, pendarahan (dari manapun), penglihatan kabur, bicara tidak jelas, kebingungan, dan kelemahan di satu sisi tubuh.

Perhatikan Gejala Lain Saat Mengalami Pusing!


Kepala kliyengan: Perasaan lemas dan seperti ingin pingsan. Gejalanya mungkin hanya sebentar, tergantung pada penyebabnya. Bisa juga disertai keluhan lain seperti rasa mual, berkeringat, dan penglihatan kabur.

Pusing saat bangkit berdiri dengan cepat: Jika penyebab kepala pusing adalah dehidrasi, gejala pusing cenderung lebih terasa saat bangkit berdiri dengan cepat dan akan mereda saat berbaring. Kondisi ini disebut hipotensi ortostatik.

Jantung berdebar-debar: Gangguan irama jantung dapat terjadi tanpa peringatan dan bisa dicirikan dengan gejala jantung berdebar-debar (palpitasi). Gejala-gejala ini mungkin kambuh-kambuhan, mungkin juga terus dirasakan dalam waktu lama. Detak jantung dapat terasa terlalu cepat (berdebar-debar), terlalu lambat, dan/atau tidak beraturan.

Dunia sekitar terasa berputar: Gejala ini sering disebut sebagai vertigo, dan bisa disertai dengan keluhan lain seperti mual dan muntah. Orang-orang yang punya masalah pada telinga bagian dalamnya mungkin sering merasakan pusing vertigo dan tidak bisa bebas bergerak tanpa merasakan gejala ini.

Sulit mengatur gerakan atau berjalan: Orang-orang yang punya masalah pada otak atau sistem sarafnya, misalnya karena stroke atau tumor, dapat mengalami kesulitan untuk mengoordinasi gerakan-gerakan.

Bagaimana Cara Menghilangkan Pusing?

Bila penyebab kepala sering pusing adalah masalah kesehatan yang cukup berat, Anda butuh bantuan medis untuk mengatasinya. Namun sering kali penyebab kepala pusing hanyalah masalah sepele, jadi cara mengatasi gejalanya juga sederhana saja. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan pusing yang bisa Anda ikuti:

  • Langsung duduk begitu terasa pusing dan istirahat sampai gejalanya hilang. Cara mengatasi ini dapat mencegah Anda kehilangan keseimbangan karena pusing dan akhirnya jatuh dan terluka.
  • Jangan banyak bergerak dan gunakan tongkat jika dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan.
  • Berbaringlah dengan mata tertutup di ruangan yang gelap untuk cara menghilangkan pusing vertigo.
  • Selalu pegang pegangan tangga saat menaiki atau menuruni tangga.
  • Cegah bahaya di rumah dengan menggunakan keset non-slip di lantai kamar mandi. Terangi rumah dengan lampu yang pencahayaannya bagus.
  • Jangan mengemudikan mobil atau mengoperasikan alat berat jika Anda sering tiba-tiba merasa pusing.
  • Hindari konsumsi kafein, alkohol, garam, dan rokok atau produk tembakau lainnya. Penggunaan bahan-bahan tersebut dapat memperparah rasa pusing.
  • Minum banyak air, konsumsi makanan sehat, idur yang cukup, dan hindari situasi-situasi yang bisa menimbulkan stres berat.
  • Konsumsi makanan sehat yang terdiri dari buah, sayuran, dan protein sebagai cara mengatasi gejala sering pusing.
  • Jika pusing diakibatkan oleh efek samping obat, mintalah dokter untuk mengurangi dosis atau mengganti obat itu.
  • Jika pusing disertai mual, Anda bisa minum obat yang dijual bebas (tanpa resep) seperti meclizine atau Tapi obat-obatan ini dapat menimbulkan rasa kantuk, jadi jangan diminum saat sedang bekerja atau melakukan aktivitas lain.
  • Jika pusing disebabkan oleh suhu panas atau dehidrasi, istirahatlah di tempat yang sejuk dan minum air atau minuman pengganti cairan seperti isotonik.
Baca juga:  Inilah Faktor Penyebab Pusing dan Cara Pengobatan yang Sederhana!

Itulah beberapa cara menghilangkan pusing yang masih ringan. Apabila Anda mengalami pusing yang sudah terlalu sering atau berat, ada baiknya lakukan pemeriksaan medis ke dokter. Dokter kemudian akan melakukan cara mengatasi pusing sesuai dengan masalah kesehatan penyebabnya.

cara mengatasi pusing kepala dengan obat herbal
Ilustrasi Teh Jahe untuk Obat Herbal Kepala Pusing (Credit: udra11 / Adobe Stock)

Obat Herbal Pusing Kepala


Teh Jahe: Jahe dapat memberi efek yang lebih baik daripada terapi Epley maneuver yang sering dilakukan sebagai cara menghilangkan pusing vertigo. Untuk membuat obat herbal pusing kepala, rendam 1 rimpang jahe dalam secangkir air yang baru dididihkan selama 5 menit. Tambahkan madu secukupnya untuk mengurangi rasa pahit. Minum teh jahe 2 kali sehari sebagai cara mengatasi rasa pusing, mual, dan gejala vertigo lainnya.

Cuka Apel & Madu: Baik cuka apel maupun madu diyakini dapat membantu melancarkan aliran darah ke otak sehingga mengurangi gejala pusing. Untuk membuat obat herbal pusing kepala, campurkan 2 sdt madu murni dan 1 sdt cuka apel ke dalam secangkir air hangat. Minumlah campuran herbal ini sebagai cara mengatasi gejala pusing.

Ginkgo Biloba: Ginkgo biloba telah dipelajari dan ditemukan sebagai obat herbal yang efektif untuk mengatasi vertigo. Kini di apotek-apotek banyak tersedia ekstrak gingko biloba dalam bentuk cair atau kapsul. Untuk mengonsumsi obat herbal pusing kepala ini, dosis sebesar 240 mg setiap hari seharusnya sudah cukup untuk mengurangi gejala vertigo.

Demikianlah artikel ini yang mengulas tentang penyebab dan cara menghilangkan keluhan kepala sering pusing. Ingatlah bahwa gejala pusing yang sudah terlalu sering dan berat harus diperiksakan ke dokter agar mendapat pengobatan yang efektif. Namun jika masih ringan, Anda bisa melakukan beberapa tips di artikel ini atau mengonsumsi obat herbal untuk menghilangkan gejala pusing kelapa.


Referensi tentang Sering Pusing:

Wedro, Benjamin. Dizziness (Dizzy). Reviewed: 2019-05-08. URL: https://www.medicinenet.com/dizziness_dizzy/article.htm. Accessed: 2019-07-24

Mayo Clinic. Dizziness. Updated: 2019-04-20. URL: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dizziness/symptoms-causes/syc-20371787. Accessed: 2019-07-24

Gabbey, Amber Erickson. What Causes Dizziness and How to Treat It. Reviewed: 2016-04-12. URL: https://www.healthline.com/health/dizziness. Accessed: 2019-07-24

Barhum, Lana. What Are The Home Remedies for Vertigo?. Reviewed: 2018-01-02. URL: https://www.medicalnewstoday.com/articles/320492.php. Accessed: 2019-07-24


Advertisement
Alinesia