Share:

Terakhir Diedit:

Apabila Anda mencari sebuah herbal yang sudah teruji sebagai sarana alternatif untuk obat darah tinggiobat asam uratobat diabetesobat kolesterol, dan juga berbagai penyakit lainnya yang ditimbulkan akibat gaya hidup yang tidak sehat. Noni juice adalah jawaban yang masuk akal! Herbal asli Indonesia ini telah teruji oleh waktu, terbukti secara empiris, dan sudah didukung oleh berbagai penelitian ilmiah.

Jangan ragu untuk menggunakan Noni juice bila Anda menderita darah tinggi, asam urat, diabetes tipe 1 & 2, kolesterol, gangguan jantung, stroke berat & ringan, dan susah tidur. Anda akan sangat terbantu olehnya!

Di Tahiti, sejak 1.600 tahun lalu, buah Noni (Morinda citrifolia) dianggap sebagi buah suci dan dipuja oleh para “Kahuna” (tabib) di banyak desa karena khasiatnya untuk mengobati. Sampai sekarang, Noni dikenal sebagai salah satu herbal yang multi-khasiat di Tahiti.

Buah Noni - Noni Juice
Bila Anda mencari sebuah herbal yang sudah teruji untuk memperbaiki masalah kesehatan Anda, Noni juice adalah jawabannya. Noni telah membantu begitu banyak orang di seluruh dunia untuk terlepas dari masalah kesehatan mereka.
Boleh dibilang Noni juice adalah minuman kesehatan terbaik di dunia! Berdasarkan salah satu penelitian modern, diketahui setidaknya ada 30 gangguan kesehatan yang dapat dibantu oleh herbal ini.

Artikel ini akan mengulas berbagai pertanyaan tentang Noni, seperti: Mengapa Noni juice begitu berkhasiat dan disukai banyak orang? Apakah herbal ini cocok untuk penyakit yang saya derita? Dan bagaimana saya bisa memperolehnya? Dapatkan seluruh jawabannya dengan terus membaca artikel yang bagus ini.

Mengapa Noni Juice Bermanfaat untuk Anda?

Noni juice adalah produk herbal yang paling luas penyebaran di seluruh dunia! Diminati banyak orang karena khasiatnya untuk membantu pengobatan berbagai penyakit ringan maupun berat, seperti:

  • Tekanan darah tinggi
  • Penyakit jantung
  • Diabetes tipe 1 & 2
  • Asam urat
  • Kolesterol tinggi
  • Stroke ringan maupun berat
  • Susah tidur
  • Stres & depresi
  • dan masih banyak lagi…

Kabar tentang keampuhan Noni tidak hanya didasari dari pengalaman-pengalaman dari para penggunanya yang menyebar dari mulut ke mulut, tetapi juga dengan dukungan berbagai penelitian ilmiah.


Salah satu penelitian yang paling dibicarakan tentang herbal ini dibuat oleh Dr. Neil Solomon yang melibatkan 25.314 pengguna sari buah Noni dari 80 negara dengan melibatkan 1.227 ahli kesehatan. Penelitian yang beliau lakukan berfokus pada produk Noni juice yang hanya mengandung 89% sari buah Noni.


Hasil survei dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa herbal ini dapat membantu pemulihan beragam penyakit berat, misalnya tekanan darah tinggi (hipertensi), diabetes tipe 1 & 2, kanker, sakit jantung, stroke, kegemukan (obesitas), artritis, depresi, alergi, sulit tidur (insomnia), sakit ginjal, dan masih banyak lagi. Daftar lengkapnya ada dalam tabel di bawah ini.

Kondisi Jumlah Pasien % Tertolong
AIDS (HIV) 150 55
Alergi 3.198 86
Artritis 1.675 78
Asma 8.077 71
CFIDS dan Fibromyalgia 3.524 77
Depresi 1.512 80
Diabetes tipe 1 dan 2 5.575 82
Gangguan Menstruasi 3.798 79
Gangguan Nyeri 6.828 86
Gangguan Pencernaan 3.171 90
Gangguan Pernapasan 3.857 72
Insomnia (Sulit Tidur) 2.025 75
Kestabilan Mental 5.543 73
Lesu 16.056 90
Multiple Sclerosis 25 52
Obesitas (Kegemukan) 5.526 72
Parkinson 25 52
Peningkatan Daya Seksual 2.984 84
Peningkatan Konsentrasi 301 89
Peningkatan Massa Otot 1.216 70
Peningkatan Perasaan Sehat 7.879 80
Peningkatan Sistem Imun 3.707 77
Penyakit Ginjal 3.764 67
Penyakit Jantung 2.158 76
Penyakit Kanker 2.188 69
Perawatan Kecantikan 877 78
Perokok 876 56
Stres 6.743 74
Stroke 1.806 53
Tekanan Darah Tinggi 1.869 84

Source: Dr. Solomon’s work in his book “NONI JUICE, How Much, How Often, For What” published by Direct Source Publishing.

Silakan baca terus keterangan di bawah ini untuk mendapatkan penjelasan mengapa Noni begitu efektif membantu pemulihan dari banyak penyakit berat ataupun ringan. Informasi-informasi yang kami berikan berikut ini dikumpulkan dari berbagai sumber yang dapat dipercaya.

Pertama-tama, mari kita lihat cara kerja Noni dalam membantu pengobatan beberapa penyakit berat yang umum ditemui dewasa ini.

Asam Urat

Suatu penelitian pada tahun 2009 menunjukkan bagaimana cara kerja Noni juice dalam mencegah serta menghentikan produksi asam urat berlebih. Hasil penelitian tersebut dimuat dalam jurnal ilmiah berjudul “Xanthine oxidase inhibiting effects of noni (Morinda citrifolia) fruit juice.”

Pada uji in vitro di laboratorium, para peneliti mengamati bahwa herbal ini bekerja menghambat kinerja enzim xanthine oxidase berlebihan yang memicu kadar asam urat tinggi. Mereka menyimpulkan bahwa efek penghambatan pada enzim tersebut merupakan cara kerja alami Noni dalam memulihkan penyakit asam urat maupun jenis penyakit serupa lain.

Anda bisa melihat lebih jelas mengenai manfaat herbal ini dalam mengatasi asam urat di artikel “Obat Asam Urat Alami.”

Diabetes Tipe 1 & 2

Noni bertindak sebagai adaptogen yang membantu sel-sel yang sakit untuk menyembuhkan dirinya sendiri.

Dalam kasus diabetes, Noni akan membantu sel-sel beta dalam pankreas yang tidak berfungsi untuk pulih kembali dalam menerima dan menggunakan glukosa yang dibawa oleh aliran darah. Pada umumnya, penderita diabetes sudah mulai merasakan manfaat sejak bulan pertama penggunaan Noni juice jika diminum secara teratur.

Untuk melihat keterangan selengkapnya mengenai khasiat herbal ini untuk diabetes, bukalah artikel “Obat Diabetes Alami.”

Infeksi — Virus, Bakteri, & Parasit

Riset ilmiah yang dilaksanakan oleh Burns School of Medicine di Universitas Hawaii mengungkapkan bahwa herbal ini mengandung senyawa yang kaya akan polisakarida yang diketahui mampu mendongkrak sistem kekebalan tubuh melalui peningkatan aktivitas sel-sel darah putih.

Lebih lanjut lagi, Noni juga diketahui dapat menstimulasi kemampuan tubuh menciptakan nitrit oksida yang berfungsi membunuh infeksi virus, bakteri, parasit, dan kuman lainnya. Senyawa-senyawa yang ditemukan dalam Noni bekerja sebagai katalis untuk menstimulasi kekebalan alami pada tubuh Anda.

Cari tahu lebih banyak mengenai cara kerja Noni dalam melawan infeksi virus, bakteri, dan parasit pada artikel “Cara Kerja Noni Juice sebagai Anti Virus, Bakteri, dan Parasit.”

Kecantikan Wanita

Noni juice memiliki berlimpah nutrisi, vitamin, serta mineral yang dibutuhkan tubuh. Jika kebutuhan nutrisi tubuh tercukupi, maka sistem kekebalan tubuh akan lebih efektif dalam melindungi maupun memulihkan kerusakan apa pun pada tubuh, termasuk pada kulit Anda yang berdampak langsung terhadap kecantikan.

Kandungan Noni seperti selenium, besi, zink, dan mangan dapat mengaktifkan enzim-enzim antioksidan dalam tubuh yang bekerja mengurangi oksidasi sel-sel kulit sehingga kulit akan terlihat lebih cerah. Noni juga mengandung banyak vitamin C dan E, antrakuinon, flavonoid, serta fenol yang saling bekerja sama dalam mengatasi masalah kulit berjerawat.

Tak hanya menyempurnakan penampilan luar Anda dengan menyehatkan kulit, herbal ini pun membantu memancarkan kecantikan dari dalam. Noni memiliki beragam kandungan yang membantu Anda memiliki tingkat energi prima, berat badan ideal, tidak mudah stres, cukup tidur, sehingga akan memperlengkap kecantikan Anda.

Untuk membaca lebih lanjut mengenai khasiat Noni bagi kecantikan, silakan kunjungi artikel “Terungkap, Rahasia Kecantikan Miranda Kerr, Wanita Tercantik di Dunia, Ternyata Berasal dari Indonesia!

Kolesterol Tinggi

Noni telah diuji kemampuannya untuk menurunkan kolesterol dalam sebuah penelitian. Penelitian itu dimuat dalam jurnal ilmiah berjudul “Effect of Morinda citrifolia Fruit Extract Capsule on Total Cholesterol Levels in Patients with Hypercholesterolemia.”

Hasil penelitian tersebut memperlihatkan bahwa Noni efektif dalam mengurangi kadar total kolesterol serta kolesterol ‘jahat’ LDL. Juga ditunjukkan bahwa manfaatnya itu akan lebih besar lagi apabila disertai dengan pola hidup sehat, seperti menjaga berat badan, makan makanan sehat, olahraga, dan tidak merokok.

Dan ingat juga bahwa manfaat Noni tidak hanya untuk kolesterol, melainkan juga mampu membantu mengatasi gangguan-gangguan kesehatan lain yang sering timbul bersamaan. Gangguan itu diantaranya masalah penyempitan pembuluh darah, darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke.

Penjelasan mengenai manfaat Noni untuk kolesterol dapat dibaca lebih lengkap di artikel “Obat Kolesterol Alami.”

Stres

Salah satu kemampuan lain yang dimiliki oleh scopoletin yaitu dapat mengikat serotonin. Menurut Dr. Harrison (DC.General Hospital, USA), scopoletin dapat meningkatkan kegiatan kelenjar peneal yang terdapat dalam otak, yang merupakan tempat dimana serotonin diproduksi dan kemudian digunakan untuk menghasilkan hormon melatonin.

Serotonin dan melatonin membantu mengatur beberapa kegiatan tubuh yang menghilangkan stres, misalnya tidur, pengaturan suhu badan, suasana hati (mood), masa pubertas dan siklus produksi sel telur, rasa lapar, serta perilaku seksual.

Kekurangan serotonin dalam tubuh dapat mengakibatkan penyakit migrain, pusing, stres, depresi, bahkan juga penyakit Alzheimer.

Jika ingin mengetahui lebih jauh tentang mekanisme Noni juice dalam menanggulangi stres, silakan lihat artikel “Herbal Jitu untuk Bantu Mengatasi Stres Hingga ke Akar-akarnya!

Tekanan Darah Tinggi — Gangguan Jantung & Stroke

Pada tahun 1993, peneliti Universitas Hawaii berhasil memisahkan zat-zat scopoletin dari buah Noni. Dr. Neil Solomon, MD.PhD melaporkan bahwa buah Noni mengandung sejenis fitonutrien, yaitu scopoletin, yang berfungsi untuk memperlebar dan melenturkan saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan atau penyumbatan serta membersihkan endapan yang menjadi penyebab hal tersebut.

Bila pembuluh darah menjadi lentur, tekanan darah akan normal kembali dan kerja jantung untuk memompa darah menjadi tidak begitu berat. Karena itu, banyak penderita gejala penyakit jantung yang melaporkan bahwa sesak napas mereka hilang atau berkurang tidak lama setelah meminum Noni juice.

Tapi jika penyumbatan pembuluh darah tidak segera ditanggulangi, maka akan mengakibatkan timbulnya beragam penyakit seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), stroke, gangguan jantung, dan akhirnya menjadi penyakit jantung yang menyebabkan kerusakan otot-otot jantung secara permanen sehingga tidak mendapatkan suplai darah dan oksigen yang cukup.

Silakan baca penjelasan lebih lanjut di artikel “Obat Tekanan Darah Tinggi Alami“, “Noni Juice untuk Pencegahan dan Pengobatan Stroke“, dan “Noni Juice untuk Kesehatan Jantung Anda.”

Tumor & Kanker

Penelitian menunjukan bahwa damnachantal yang terkandung dalam Noni dapat menghambat reproduksi sel-sel kanker secara signifikan.

Selain itu, sebuah penelitian lainnya juga membuktikan bahwa herbal ini berguna merangsang tubuh untuk mereproduksi elemen-elemen tubuh yang melawan kanker, seperti nitrit oksida, interleukin (mediator sistem imunitas yang dibuat oleh dan mempengaruhi limfosit), interferon (sitokin yang mencegah terjadinya super infeksi oleh virus lain), faktor nekrosis tumor, lipopolisakarida, dan sel-sel pembunuh kanker lainnya.

Sedangkan, Dr. Judah Folkman dari Universitas Harvard menyebutkan bahwa Noni bekerja secara sinergis dengan mikronutrien lain dalam menghambat aliran darah yang menuju sel-sel tumor dan kanker sehingga sel-sel tersebut tidak mendapat kiriman makanan untuk tetap hidup.

Anda bisa membaca penjelasan lebih jauh mengenai manfaat Noni untuk kanker dan tumor di artikel “Pengobatan Kanker dengan Noni Juice.”

Namun untuk hasil yang lebih baik dan proses pemulihan yang lebih cepat, khusus untuk kanker dan tumor, kami merekomendasikan agar herbal ini dipadukan dengan herbal Sarang Semut Papua.

Bagaimana dengan penyakit-penyakit yang tidak diulas atau tidak dimuat dalam tabel penelitian Dr. Neil Solomon di atas, apakah juga bisa dibantu pemulihannya dengan Noni?

Sangat mungkin bisa terbantu! Karena buah Noni mengandung limpahnya kandungan nutrisi bermanfaat. Tidak heran dalam dunia herbal, buah ini dikategorikan sebagai panasea. Sebuah herbal dapat dikategorikan sebagai panasea bila herbal tersebut terbukti secara empiris dapat membantu pengobatan berbagai jenis penyakit. Agar lebih jelas silakan baca terus informasi menarik di bawah ini.

Mengapa Noni Dapat Menumpas Banyak Penyakit?

Rahasianya terletak di sini: riset ilmiah menunjukkan bahwa unsur-unsur penting dalam buah Noni memiliki khasiat untuk merangsang respon pembentukan kekebalan tubuh, membersihkan darah, mengatur fungsi sel, regenerasi sel rusak, juga menghambat perkembangan radikal bebas.

noni juice

Noni Juice Bebaskan Anda dari Gangguan Kesehatan!

Fitokimia yang tedapat dalam buah Noni memiliki khasiat untuk pencegahan penyakit dan kaya akan kandungan antioksidan. Noni sendiri memiliki spektrum fitokimia yang sangat luas, bahkan beberapa diantaranya hanya dimiliki buah Noni. Kandungan fitokimia tersebut bekerja beriringan satu dengan yang lainnya untuk memperbaiki fungsi-fungsi organ tubuh yang terganggu.

Contohnya adalah kandungan-kandungan seperti damnachantal dan scopoletin yang berguna untuk menghilangkan dampak kerusakan (penyakit) akibat tubuh tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Noni juga bekerja langsung ke akar masalahnya dengan membantu tubuh memperbaiki dirinya sendiri agar dapat kembali menjalankan fungsinya. Dengan demikian, tidak timbul lagi dampak-dampak negatif (penyakit) akibat tubuh gagal melakukan fungsinya.

Ilustrasi Cara Kerja Noni

Dengan kata lain, kemampuan Noni dapat disamakan seperti memperbaiki rumah yang bocor. Ada kandungan Noni yang bekerja bagaikan wadah air dan kain kering untuk menjaga kondisi dalam rumah tetap kering serta nyaman meski air terus menetes. Sehingga dampak dari kebocoran tersebut dapat diatasi.

Sementara dari sisi yang lain, ada kandungan Noni yang bertugas untuk melapisi atau menutup kebocoran sehingga atap rumah dapat melakukan fungsinya sebagai pelindung dari air hujan. Seperti itulah penjelasan sederhana dari cara Noni juice bekerja dalam memperbaiki kesehatan tubuh Anda.

Yang perlu Anda ingat dari herbal ini adalah satu-satunya herbal yang sudah teruji oleh waktu dalam mengatasi berbagai penyakit dan sudah didukung oleh berbagai penelitian ilmiah yang begitu lengkap, yang melibatkan begitu banyak orang dan ahli kesehatan. Sehingga Anda tidak perlu ragu jika ingin menggunakan Noni juice untuk membuat kesehatan Anda menjadi lebih baik dan terbebas dari berbagai penyakit.

Sumber Referensi:

Waha, Maria Goreti. 2001. Sehat dengan Mengkudu. Wijayanti, Listyani, editor. Jakarta: MSF Group

Solomon, Neil. 2000. Noni Juice: How Much, How Often, For What. Orem [US]: Direct Source Publishing

Solomon, Neil. 1999. The Noni Phenomenon. Vineyard [US]: Direct Source Publishing

Palu, Afa K, dkk. 2009. Xanthine Oxidase Inhibiting Effects of Noni (Morinda Citrifolia) Fruit Juice. Phytotherapy Research. 23(12): 1790-1

Algenstaedt, Petra, dkk. 2018. The Effect of Morinda citrifolia L. Fruit Juice on the Blood Sugar Level and Other Serum Parameters in Patients with Diabetes Type 2. Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine. Volume 2018, Article ID 3565427. URL: https://doi.org/10.1155/2018/3565427. Accessed: 2018-08-24. (Archived by WebCite®)

Brown, Amy. 2012. Anticancer Activity of Morinda Citrifolia (Noni) Fruit: A Review. Phytotherapy Research. PTR. 26. 1427-40. 10.1002/ptr.4595

Wang, Mian Ying, dkk. 2002. Morinda Citrifolia (Noni): A Literature Review and Recent Advances in Noni Research. Acta Pharmacologica Sinica. 23 (12): 1127-1141

Chan-Blanco, Yanine, dkk. 2006. The Noni Fruit (Morinda Citrifolia L.): A Review of Agricultural Research, Nutritional and Therapeutic Properties. Journal of Food Composition and Analysis. 19(6-7): 645-654

Fery Irawan

Editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.


Artikel di-posting oleh Fery Irawan dan di-review oleh tim penulisan deherba.com.