Sakit Bahu Beku, Nyeri & Kaku Menahun di Bahu


By Cindy Wijaya

Sebaiknya hati-hati kalau Anda sering merasa kaku dan nyeri di bagian bahu atau lengan atas. Bisa jadi itu tanda-tanda dari sakit bahu beku (frozen shoulder). Bahu beku adalah suatu kondisi yang dicirikan dengan rasa kaku dan nyeri pada sendi bahu, yang mungkin dapat memburuk di malam hari.

Gejala tersebut biasanya muncul secara bertahap, memburuk seiring waktu, dan kemudian sembuh, seringnya dalam 1 – 3 tahun. Anda lebih rentan untuk mengalami sakit bahu beku jika Anda dalam masa pemulihan dari penyakit atau operasi yang menyulitkan menggerakkan lengan, seperti sakit stroke atau operasi mastektomi.

Cara merawat bahu beku umumnya dengan latihan-latihan fisik, juga kadang menggunakan obat pereda nyeri dan obat yang disuntikkan ke dalam kapsul sendi.

Sakit bahu beku jarang kambuh di bahu yang sama, tapi beberapa orang bisa mengalami sakit ini lagi di bahu yang satunya lagi.

Agar lebih mengerti tentang sakit bahu beku, simaklah penjelasan lebih lengkap mengenai gejala, penyebab, dan cara merawat bahu beku berikut ini.

Apa Saja Gejala Bahu Beku?

Gejala bahu beku yang terutama adalah rasa nyeri dan kaku yang membuat sulit atau tidak mungkin untuk menggerakkan bahu.

Jika Anda mengalami sakit bahu beku, Anda mungkin akan merasakan nyeri tumpul atau pegal di satu bahu. Bisa juga merasakan nyeri pada otot bahu yang membungkus bagian atas lengan Anda. Rasa nyerinya bisa bertambah buruk di malam hari sehingga membuat susah tidur.

Sakit bahu beku biasanya akan melalui tiga fase perkembangan gejala. Masing-masing memiliki gejala bahu beku dan rentang waktu yang berbeda.

Tahap pembekuan (freezing):

  • Anda mengalami rasa nyeri (kadang parah) di bahu setiap kali menggerakkannya.
  • Perlahan-lahan nyerinya memburuk seiring waktu dan mungkin lebih terasa sakit di malam hari.
  • Tahap pembekuan ini bisa berlangsung dari 6 hingga 9 bulan.
  • Jangkauan gerak bahu jadi terbatas.

Tahap beku (frozen):

  • Rasa nyerinya mungkin membaik tapi rasa kaku memburuk.
  • Menggerakkan bahu menjadi semakin sulit dan semakin sulit juga untuk beraktivitas sehari-hari.
  • Tahap beku ini bisa berlangsung 4 – 12 bulan.

Tahap pencairan (thawing):

  • Jangkauan gerak bahu Anda mulai kembali normal.
  • Tahap pencairan ini bisa memakan waktu dari 6 bulan hingga 2 tahun.

Gejala bahu beku membutuhkan waktu setidaknya 1,5 hingga 3 tahun untuk menjadi lebih baik. Kadang bisa memakan waktu lebih lama. Namun rasa nyeri dan kaku di bahu biasanya akan hilang pada akhirnya.

Apa Penyebab Bahu Beku?

Tulang, ligamen, dan tendon yang membentuk sendi bahu Anda terbungkus dalam sebuah kapsul jaringan ikat. Sakit bahu beku terjadi jika kapsul ini menebal dan mengencang di sekitar sendi bahu, sehingga membatasi gerakannya.

Para ahli masih belum memahami sepenuhnya mengapa hal ini terjadi. Namun penebalan dan pengencangan kapsul di sendi bahu lebih mungkin terjadi pada penderita diabetes atau mereka yang baru-baru ini harus melumpuhkan gerakan bahu mereka untuk waktu yang lama, seperti setelah operasi atau patah lengan.

Faktor Risiko Sakit Bahu Beku

Ada sejumlah faktor tertentu yang dapat meningkatkan risiko untuk mengalami sakit bahu beku. Ingatlah bahwa faktor-faktor berikut bukanlah penyebab bahu beku, tapi hanya membuat Anda lebih riskan.

Usia dan Jenis Kelamin

Orang yang berusia 40 tahun ke atas, terutama wanita, lebih riskan untuk mengalami gejala bahu beku.

Kelumpuhan atau Terbatas Gerakannya

Orang yang mengalami kelumpuhan berkepanjangan atau pergerakan bahu yang terbatas memiliki risiko lebih besar untuk terkena sakit bahu beku. Kelumpuhan dapat disebabkan oleh banyak faktor, termasuk: cedera rotator cuff, patah lengan, sakit stroke, dan pemulihan dari operasi.

Penyakit Sistemik

Orang yang memiliki penyakit tertentu tampaknya lebih mungkin untuk mengembangkan gejala bahu beku. Penyakit tersebut antara lain: diabetes, hipertiroidisme, hipotiroidisme, penyakit kardiovaskular (berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah), tuberkulosis, dan penyakit Parkinson.

Cara Merawat Bahu Beku

Cara merawat bahu beku sebagian besar melibatkan penggunaan obat untuk meredakan nyeri bahu serta latihan fisik untuk meningkatkan jangkauan gerak Anda. Berikut adalah perawatan sakit bahu beku secara garis besar:

  • Meredakan nyeri: Hindari gerakan yang menimbulkan rasa nyeri. Gerakkan bahu Anda secara perlahan. Konsumsi obat parasetamol atau ibuprofen untuk meredakan nyeri.
  • Meredakan nyeri yang lebih kuat dan pembengkakan: Doker dapat meresepkan obat penghilang rasa sakit. Mungkin dokter juga memberikan suntikan steroid ke bahu Anda untuk mengurangi pembengkakan.
  • Memulihkan pergerakan bahu: Latihan fisik bahu beku dapat dilakukan setelah rasa sakit sudah berkurang. Latihan fisik bahu beku bisa dilakukan di rumah atau dengan fisioterapis.

Dokter dapat menggabungkan beberapa cara merawat bahu beku di atas tergantung pada seberapa parah gejala bahu beku yang Anda alami.

Namun obat pereda nyeri yang lebih kuat biasanya hanya digunakan untuk waktu singkat karena dapat menimbulkan efek samping.

Terapi Latihan Fisik Bahu Beku

Terapi latihan fisik bahu beku, disebut juga fisioterapi bahu beku, dapat membantu Anda memulihkan kembali pergerakan di bahu.

Seorang ahli terapi fisik (fisioterapis) pertama-tama akan memeriksa seberapa banyak gerakan bahu yang bisa Anda lakukan saat ini. Kemudian ia akan menentukan berapa jumlah sesi terapi latihan fisik bahu beku yang Anda butuhkan.

Perawatan dari fisioterapis termasuk: latihan peregangan, latihan kekuatan, saran postur yang baik, dan saran untuk meredakan nyeri.

Ilustrasi Terapi Latihan Fisik Bahu Beku
Credit: stockfour/Shutterstock

Jika Anda masih kesakitan setelah menyelesaikan sesi terapi latihan fisik bahu beku, sebaiknya beritahukan ke dokter atau fisioterapis Anda. Mereka mungkin akan menjadwalkan lebih banyak fisioterapi atau mencoba cara merawat bahu beku lainnya.

Kesimpulan tentang Sakit Bahu Beku

Apa itu sakit bahu beku? Bahu beku (frozen shoulder) adalah kondisi ketika bahu terasa kaku dan nyeri sehingga menyulitkan untuk menggerakkan bahu atau lengan atas.

Apa saja gejala bahu beku? Anda mungkin akan merasakan nyeri tumpul atau pegal di satu bahu. Bisa juga terasa nyeri pada otot bahu yang membungkus bagian atas lengan. Rasa nyerinya bisa bertambah buruk di malam hari sehingga membuat sulit tidur.

Apa penyebab bahu beku? Penyebab bahu beku adalah penebalan dan pengencangan kapsul jaringan ikat di sekitar sendi bahu. Hal ini lebih riskan terjadi Anda mengalami cedera atau operasi sehingga harus membatasi gerakan bahu dalam waktu lama. Penderita diabetes juga riskan mengalami bahu beku.

Bagaimana cara merawat bahu beku? Cara merawat bahu beku sebagian besar melibatkan penggunaan obat untuk meredakan nyeri bahu serta terapi fisik untuk meningkatkan jangkauan gerak Anda. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk memperoleh perawatan yang tepat sesuai kondisi Anda.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang sakit bahu beku (frozen shoulder). Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda dan keluarga. Temukan juga ulasan-ulasan informatif lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Mayo Clinic. Frozen shoulder. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/frozen-shoulder/symptoms-causes/syc-20372684

WebMD. What Is a Frozen Shoulder?. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/what-is-a-frozen-shoulder

NHS. Frozen shoulder. https://www.nhs.uk/conditions/frozen-shoulder/

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>