Rambut Hitam Berkilau? Itu Cuman Salah Satu Manfaat Minyak Wijen!

507

Diedit:

Sebagai rempah yang telah dimanfaatkan selama lebih dari 5000 tahun, menjadikan biji wijen salah satu rempah dengan khasiat obat yang paling lama sejarahnya dan masih digunakan sampai sekarang. Tidak hanya dalam bentuk biji, tapi juga manfaat minyak wijen yang dinilai sangat berharga.

Biji wijen punya banyak nutrisi yang luar biasa manfaatnya, sehingga memberikan wijen kemampuan melawan, mencegah, dan memulihkan beragam penyakit. Biji wijen khususnya limpah akan kandungan kalsium, magnesium, mangan, dan tembaga. Berikut adalah beberapa kandungan yang menonjol dalam 1 ons (28 gram) biji wijen.

  • Mangan = 0.7 mg
  • Tembaga = 0.7 mg
  • Kalsium = 277 mg
  • Zat besi = 4.1 mg
  • Magnesium = 99.7 mg
  • Triptofan = 93 mg
  • Zink = 2 mg
  • Tiamin = 0.2 mg
  • Serat = 3.9 mg
  • Fosfor = 179 mg
  • Vitamin B6 = 0.2 mg
  • Protein = 4.7 g

Dari limpahnya nutrisi biji wijen, jelaslah alasan kenapa khasiat wijen masih tetap dipercayai sampai sekarang. Sekarang saatnya untuk melihat apa saja manfaat minyak wijen yang disebut-sebut sebagai ratunya minyak.

Kesehatan KulitBiji wijen dipenuhi zink, mineral esensial untuk memproduksi kolagen dan memberikan kelenturan bagi kulit. Zink juga membantu proses perbaikan jaringan-jaringan yang terluka. Minyak wijen diketahui mampu memulihkan luka bakar.

Kesehatan Mulut—Minyak wijen sanggup menghilangkan plak gigi dan meningkatkan kesehatan mulut. Sebuah studi mengungkapkan bahwa berkumur dengan minyak wijen bisa secara efektif meningkatkan kesehatan mulut dan bahkan memutihkan gigi. Studi tersebut menemukan adanya penurunan signifikan jumlah bakteri streptococcus di plak gigi maupun air liur.

Mencegah Diabetes—Berkat magnesium dan nutrisi lainnya, minyak wijen sanggup membantu melawan diabetes. Minyak wijen mampu meningkatkan efektivitas obat antidiabetes oral yang diresepkan untuk pasien diabetes tipe 2.

Menurunkan Tekanan Darah—Minyak wijen diketahui mampu menurunkan tekanan darah pada penderita diabetes hipertensi. Magnesium, yang banyak terdapat pada wijen, juga sanggup secara efektif menyeimbangkan tekanan darah.

Kesehatan Rambut—Dengan rutin mengoleskan minyak wijen ke rambut, Anda bisa mendapatkan rambut yang hitam berkilau. Dan manfaat minyak wijen yang lain ialah melindungi rambut dari terpaan sinar UV agar tidak rusak.

Kesehatan Tulang—Zink mampu meningkatkan kepadatan tulang. Terlebih lagi, wijen merupakan salah satu sumber kalsium yang limpah—mineral yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tulang Anda.

Memelihara Pencernaan—Minyak wijen kaya akan serat yang diketahui sangat berperan dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan dan usus besar.

Meringankan Artritis Rematik—Salah satu mineral yang berperan penting sebagai anti-peradangan, yakni tembaga, diketahui dapat mengurangi nyeri dan bengkak akibat artritis. Sebagai tambahan, mineral tembaga juga menguatkan pembuluh darah, tulang, dan persendian.

Semua manfaat minyak wijen diatas berkat limpahnya kandungan nutiris dalam sebuah biji wijen. Setelah membaca artikel ini, apakah Anda berniat untuk lebih menggunakan minyak wijen ketika memasak? 

Baca juga:  Kegunaan Minyak Wijen untuk Kesehatan Tubuh