Kegunaan Minyak Wijen untuk Kesehatan Tubuh

513

Diedit:

Mungkin Anda jarang memasak menggunakan minyak wijen untuk menyiapkan makanan sehari-hari. Minyak wijen memang lebih sering dipakai oleh masyarakat Barat. Minyak ini juga digemari oleh orang-orang yang dalam sedang diet. Mereka menyadari kegunaan minyak wijen bagi kesehatan tubuh.

Biji wijen memiliki nutrisi bermanfaat yang limpah sehingga memberikannya kemampuan untuk mencegah, melawan, serta memulihkan beraneka ragam penyakit. Biji wijen terutama kaya akan kandungan magnesium, kalsium, tembaga, serta mangan. Dalam setiap 1 ons biji wijen, terdapat 0.7 mg mangan, 0.7 mg tembaga, 277 mg kalsium, dan 99.7 mg magnesium. Minyak wijen mengandung antioksidan sesamol yang dapat membantu menangkal serangan radikal bebas dalam tubuh.

Minyak wijen bisa digunakan sebagai pengganti minyak goreng biasa. Malah, minyak wijen menawarkan lebih banyak manfaat kesehatan dibandingkan minyak goreng biasa. Berikut adalah beberapa kegunaan minyak wijen untuk kesehatan tubuh Anda.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi. Minyak wijen memiliki kandungan sesamin dan sesamol yang adalah dua jenis lemak “baik”. Kedua jenis lemak ini sanggup membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Mencegah Diabetes. Karena mengandung magnesium dan juga kandungan bernutrisi lainnya, minyak wijen dapat membantu Anda terhindar dari diabetes. Magnesium sanggup merangsang produksi insulin dalam tubuh. Dengan rutin mengonsumsi minyak wijen, diketahui dapat meningkatkan efektivitas obat antidiabetes oral bagi penderita diabetes tipe 2.

Memelihara Kesehatan Usus. Jika Anda punya masalah dengan pencernaan, disarankan untuk sementara mengganti minyak biasa dengan minyak wijen. Minyak wijen dibuktikan mampu menyembuhkan banyak masalah pencernaan dan membantu memelihara kesehatan usus.

Menjaga Kesehatan Mulut. Minyak wijen dapat menyingkirkan plak gigi serta meningkatkan kesehatan mulut secara keseluruhan. Suatu riset menyatakan bahwa berkumur dengan minyak wijen dapat meningkatkan kesehatan mulut sera memutihkan gigi secara efektif. Riset ini juga memperlihatkan adanya penurunan jumlah bakteri streptococcus di gigi dan air liur.

Baca juga:  Rambut Hitam Berkilau? Itu Cuman Salah Satu Manfaat Minyak Wijen!

Menyehatkan Rambut. Minyak wijen bisa dijadikan obat oles rambut untuk menghitamkan rambut. Kegunaan minyak wijen untuk rambut yang lain ialah sebagai pelindung rambut dari sengatan sinar UV supaya tidak rusak.

Merawat Kulit. Biji wijen limpah akan kandungan zink—suatu mineral esensial dalam pembentukan kolagen dan membuat kulit lebih lentur. Zink juga dapat membantu memperbaiki kerusakan pada jaringan-jaringan kulit yang terluka. Selain itu, minyak wijen diketahui bisa memulihkan luka bakar.

Memelihara Kepadatan Tulang. Selain merawat kulit, mineral zink juga diperlukan untuk menjaga kepadatan tulang. Di samping itu, wijen pun kaya akan mineral kalsium yang disebut-sebut paling penting untuk menjaga kesehatan tulang Anda.

Itulah beberapa kegunaan minyak wijen bagi kesehatan tubuh Anda. Setelah mengetahuinya, tidak ada salahnya bukan untuk mulai memasukkan minyak wijen ke dalam resep-resep masakan Anda? 

Advertisement
Alinesia