Beragam Manfaat Wijen bagi Kesehatan Tubuh

495

Diedit:

Wijen sering dibuat jadi taburan dalam berbagai kudapan, misalnya onde-onde, kue kering, roti, ayam bakar, dan lain sebagainya. Bukan hanya sebagai pemanis belaka, tapi wijen bisa menambah kenikmatan suatu masakan. Terlebih lagi, ada banyak manfaat wijen bagi kesehatan tubuh yang tak boleh diremehkan.

Meskipun bentuknya mungil tapi jangan anggap remeh kandungan nutrisi yang dimilikinya. Biji wijen adalah salah satu sumber terbaik berbagai fitonutrien seperti asam lemak omega-6, antioksidan fenolik flavonoid, vitamin, dan serat pangan.

Dalam 1 ons biji wijen, terkandung: 0.7 mg mangan, 0.7 mg tembaga, 277 mg kalsium, 4.1 mg zat besi, 99.7 mg magnesium, 93 mg triptofan, 2 mg zink, 0.2 mg tiamin, 3.9 mg serat, 179 mg fosfor, 0.2 mg vitamin B6, dan 4.7 g protein. Dengan limpahnya kandungan nutrisi tersebut, sudah pasti ada banyak manfaat wijen bagi tubuh Anda.

  • Biji wijen kaya akan asam lemak tak jenuh, yakni asam oleat, yang memiliki 50% asam lemak didalamnya. Asam oleat membantu menurunkan kadar kolesterol “jahat”LDL sekaligus meningkatkan kadar kolesterol “baik” HDL. Penelitian juga menunjukkan bahwa pola makan Mediterania, yang kaya akan asam lemak tak jenuh, bisa mencegah penyakit jantung koroner dan serangan stroke.
  • Biji wijen merupakan sumber protein yang baik. Protein wijen mengandung asam amino dengan kualitas bagus yang penting dalam masa pertumbuhan anak. Dalam 100 gram biji wijen tersedia sekitar 18 gram protein.
  • Biji wijen mengandung senyawa sesamol, sesaminol, furil-metantiol, guajacol, feniletantiol, furaneol, vinilguakol, dan dekadienal. Sesamol dan sesaminol merupakan dua senyawa antioksidan fenolik. Senyawa-senyawa tersebut bekerja sama dalam melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.
  • Wijen adalah salah satu biji-bijian yang limpah akan kandungan vitamin dan mineral. Wijen merupakan sumber yang baik untuk mendapatkan vitamin B kompleks semacam niasin, asam folat, tiamin (vitamin B1), piridoksin (vitamin B6), serta riboflavin.
  • Dalam 100 gram wijen terdapat 97 µg asam folat, sekitar 25 persen dari rekomendasi asupan harian. Asam folat sangat penting dalam proses sintesis DNA. Ini khususnya dibutuhkan oleh seorang ibu yang sedang hamil tua agar terhindar dari risiko bayi lahir cacat.
  • Niasin adalah vitamin B kompleks yang ditemukan limpah dalam wijen. Sekitar 4.5 mg niasin bisa Anda dapatkan dari hanya 100 gram biji wijen saja. Niasin membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah. Dan sebagai tambahan, itu juga meningkatkan aktivitas GABA dalam otak yang akhirnya membantu mengurangi kecemasan.
  • Wijen memiliki mineral esensial, termasuk kalsium, zat besi, mangan, zink, magnesium, selenium, dan tembaga. Mineral-mineral ini punya peran vital dalam proses mineralisasi tulang, produksi sel darah merah, sintesis enzim, produksi hormon, dan juga regulasi aktivitas otot jantung dan otot rangka.
Baca juga:  Kegunaan Minyak Wijen untuk Kesehatan Tubuh

Hanya segenggam biji wijen sehari saja sudah bisa membantu memenuhi kebutuhan harian Anda akan antioksidan felonik, mineral, vitamin, dan protein. Jadi tunggu apalagi, taburkan wijen dalam masakan dan rasakan sendiri manfaat wijen yang mengagumkan.

Advertisement
Alinesia