Efektifkah Putri Malu untuk Pengobatan Insomnia

725
Putri Malu untuk Pengobatan Insomnia
Sumber Gambar - Flickr

Diedit:

Mata sulit terpejam dan sering gelisah. Itukah yang kerap Anda rasakan sepanjang malam? Bisa jadi, Anda mengalami apa yang dikenal dengan istilah insomnia. Meski tidak menyebabkan kematian mendadak seperti penyakit jantung, insomnia tetap harus diatasi. Bagaimana putri malu untuk pengobatan insomnia dapat dilakukan?

Dalam artikel ini Anda akan melihat cara menggunakan daun putri malu untuk pengobatan insomnia. Tahukah Anda bahwa, ketika Anda tidur, sebenarnya Anda sedang memberi kesempatan pada tubuh Anda untuk memperbaiki dirinya. Namun, tidak demikian yang terjadi pada tubuh penderita insomnia. Itulah sebabnya Anda perlu mengatasi gangguan tidur demikian.

Putri Malu untuk Pengobatan Insomnia

Tidak heran mengapa insomnia kerap dikaitkan dengan menurunnya produktivitas dan kualitas hidup para penderitanya. Jika Anda mengalaminya, solusi apa yang dapat Anda lakukan? Setidaknya, para penderita insomnia, pasti pernah berpikir untuk mengonsumsi obat tidur. Apakah Anda pernah mempertimbangkan solusi yang bisa dikatakan praktis dan instant ini?

Meskipun memang membantu, ingatlah bahwa mengonsumsi obat tidur kimia dapat menyebabkan ketergantungan dan tentu saja, kualitas tidur yang dihasilkan dengan bantuan obat, tidak sebaik ketika Anda tidur secara alami.

Lantas, adakah cara alami agar Anda dapat tidur lelap, tanpa harus bergantung pada obat tidur? Ya, ada caranya, yakni dengan bantuan tanaman Putri malu. Mari kita kenali sejenak seperti apa tanaman ini dan bagaimana cara memanfaatkan putri malu untuk pengobatan insomnia.

Pengobatan Insomnia

Tak banyak yang tahu, bahwa tanaman unik dengan dedaunan yang kerap menutup ketika kita menyentuhnya ini, ternyata ampuh atasi insomnia. Ya, semua bisa menebak apa nama tanaman ini, yakni Putri malu (Mimosa pudica).

Pengobatan Insomnia
Sumber Gambar – Shutterstock

Tanaman ini dapat dengan mudah ditemukan di pinggir jalan dan tanah lapang. Batang tanaman ini bulat, berbulu, dan berduri. Sedangkan, daunnya berbentuk lonjong dengan ujung yang lancip, yang tersusun secara majemuk.

Lantas, bagaimana tanaman ini bisa membantu mengatasi insomnia? Diduga, kandungan melatonin dalam tanaman inilah yang mampu memberikan efek sedatif (penenang), dimana keberadaannya dalam tubuh mampu memberikan efek relaksasi dan memicu rasa kantuk secara alami guna mengingatkan tubuh untuk beristirahat.

Cara Menggunakan Putri Malu

Untuk membuat obat insomnia, bagian yang digunakan pada tanaman Putri malu adalah daunnya. Bagaimana cara membuat obat tidur alami ini? Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan.

  • Siapkan 15-60 gram daun Putri malu segar, 15 gram Daun sawi langit dan 30 gram Daun calincing.
  • Rebus ketiga bahan dengan dua gelas air.
  • Tunggu hingga air berkurang menjadi setengahnya.
  • Dinginkan, lalu saring air rebusan tersebut.
  • Minum airnya satu gelas setiap hari sebelum tidur.

Berdasarkan pengalaman empiris masyarakat, ramuan obat tidur alami ini akan menunjukkan reaksinya setelah 10-15 menit dikonsumsi. Maksimal, dalam 1 jam saja, Anda sudah dapat tertidur lelap. Namun, perlu diperhatikan bahwa konsumsi ramuan Putri malu secara berlebihan dapat menyebabkan keracunan dan muntah-muntah.

Sedangkan, pada ibu hamil, dapat menyebabkan kematian janin. Yang pasti, ingatlah bahwa gangguan susah tidur sebaiknya segera diatasi, karena jika dibiarkan berlarut-larut itu bisa membawa dampak besar bagi kualitas hidup Anda. Namun sebelum mencoba pengobatan medis yang biasanya lebih rumit dan lebih mahal, bukankah lebih baik untuk terlebih dulu mencoba pengobatan alami?

Demikianlah informasi seputar putri malu untuk pengobatan insomnia. Ingatlah bahwa pengobatan dengan menggunakan herbal ini hanya bersifat penunjang saja. Jika Anda memiliki gangguan yang lebih serius, cobalah untuk memeriksakan diri kepada dokter.

Baca juga:  6 Pengobatan Berbahan Alami yang Terbukti Aman Mengatasi Susah Tidur