Pilihan Obat Sinusitis Alami Agar Hidung Tersumbat Jadi Plong

541

Diedit:

Kalau sedang merasakan sakit di hidung dan sekitarnya karena sinusitis, bisa jadi yang ada di pikiran Anda adalah cepat-cepat pergi ke dokter supaya dapat obat antibiotik. Sebenarnya penyakit sinusitis bisa sembuh sendiri tanpa perlu obat, jadi banyak juga yang bilang bahwa Anda hanya perlu beristirahat dan banyak minum air sampai sembuh.

Tapi yang jadi masalah, Anda ingin segera sembuh karena harus kembali masuk kerja, apakah ada cara mengatasi sinusitis yang cepat selain dengan obat dokter? Jawabannya: Ya, dan ada beragam pilihan obat sinusitis alami yang dapat membantu menghilangkan gejala-gejalanya sampai tuntas.

Apa Itu Sinusitis?

Sinusitis adalah peradangan (inflamasi) yang terjadi pada sinus (rongga udara di tengkorak). Sinus mengeluarkan mukus (lendir) yang mengalir ke hidung. Bila rongga dalam hidung bengkak akibat peradangan, maka hal ini dapat menghambat aliran mukus dari sinus sehingga menimbulkan rasa nyeri, hidung tersumbat, meler, batuk-batuk, dan rasa sakit di gigi atau sekitar wajah.

Sinusitis yang akut—berlangsung hingga 4 minggu—biasanya dipicu oleh pilek akibat infeksi virus. Sedangkan sinusitis kronis akan berlangsung selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun dengan atau tanpa gejala. Beberapa pemicu sinusitis selain pilek yaitu alergi, masalah di hidung, dan panyakit fibrosis sistik.

Jika Anda minta saran dari dokter mengenai cara mengobati sinusitis, pasti sarannya tidak jauh-jauh dari obat antibiotik, steroid, anti-inflamasi, atau bahkan operasi sinus. Beberapa metode pengobatan tersebut memiliki efek sampingnya masing-masing. Oleh karena itu apabila penyakit sinusitis yang Anda alami dirasa masih sanggup ditangani sendiri, cobalah obat sinusitis alami yang lebih aman dan relatif tanpa efek samping.

  • Ekstrak Biji Anggur (Grapefruit)

    Ekstrak biji anggur adalah antibiotik alami yang dibuat dari biji anggur kering yang sudah digiling dan dihaluskan menjadi bubuk. Bila dikemas dalam bentuk semprotan hidung (nasal spray), maka obat herbal sinusitis ini sanggup membantu membersihkan mukus (lendir) dari dalam sinus sekaligus mencegah pertumbuhan bakteri pada jaringan-jaringan sinus yang sedang terinfeksi sehingga melemah.

  • Rimpang Kunyit dan Jahe

    Di Indonesia kunyit sangat mudah didapatkan sehingga tak ada halangan bagi Anda untuk mencoba obat sinusitis alami yang satu ini. Kunyit mengandung kurkumin yang punya kemampuan anti-inflamasi serta kemampuan antioksidan.

    Lebih bagus lagi apabila kunyit dikombinasikan dengan jahe lalu dibuat menjadi teh panas—kombinasi obat herbal sinusitis ini mampu mengencerkan mukus dari saluran pernapasan yang tersumbat, mengurangi tekanan pada sinus, juga membuat Anda merasa lebih enak. Di samping itu jahe juga memiliki manfaat ekstra, yakni meredakan sakit perut—yang seringkali muncul akibat efek samping dari pengenceran mukus sinus di malam hari.

  • Cuka Apel

    Coba tambahkan 2-3 sendok makan cuka apel mentah (unfiltered) ke dalam segelas air atau teh panas. Minumlah larutan obat sinusitis alami ini 3 kali sehari guna membuang kelebihan mukus yang menekan sinus. Campurkan juga dengan air perasan lemon atau madu agar obat ini terasa lebih enak.

    Cuka apel merupakan bahan alami yang cukup luar biasa karena mengandung manfaat yang luas bagi kesehatan. Silakan baca artikel berikut untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat cuka apel: ‘Tahukah Anda Berbagai Manfaat Cuka Apel?

  • Minyak Oregano

    Cara mengobati sinusitis dengan cara alami berikutnya adalah menggunakan minyak oregano. Tuangkan beberapa tetes minyak oregano ke dalam segelas jus buah, air putih, atau teh panas untuk diminum setiap hari.

    Minyak oregano mempunyai kemampuan antibiotik, anti-virus, serta anti-jamur jika dikonsumsi, atau bisa juga digunakan sebagai obat oles untuk mengobati bisul, infeksi jamur kuku, dan ketombe. Minyak oregano juga dapat diteteskan ke dalam semangkuk air panas untuk digunakan sebagai terapi menghirup uap panas untuk mengurangi bengkak pada sinus.

  • Noni Juice

    Noni Juice adalah obat herbal sinusitis yang menjalankan fungsinya dengan 2 cara yang saling berkaitan. Pertama, herbal ini menstimulasi kemampuan tubuh untuk menciptakan Nitrit Oksida yang berfungsi membasmi infeksi virus. Kedua, Noni juga mengandung senyawa yang kaya akan polisakarida untuk mendongkrak sistem kekebalan tubuh melalui peningkatan aktivitas sel-sel darah putih.

    Sistem kekebalan tubuh adalah benteng yang melindungi tubuh dari lingkungan luar dengan menciptakan barisan pertahanan untuk menghalangi masukknya virus, bakteri, dan kuman lainnya. Kadang-kadang “penjajah” tersebut dapat lolos melewati garis pertahanan pertama dan itulah saatnya bagi sistem kekebalan untuk bekerja cepat mendeteksi lalu menyingkirkan penjajah itu sebelum mereka berkembang-biak lalu menimbulkan masalah serius.

    Ditambah lagi, Nitrit Oksida yang dihasilkan tubuh dengan bantuan Noni juga membantu mengaktifkan sel-sel makrofagus untuk membantu proses pencarian dan menghancurkan para penjajah tersebut.

    Itulah sebabnya mengapa Noni Juice dapat secara ampuh dimanfaatkan sebagai obat herbal sinusitis yang disebabkan oleh infeksi virus maupun bakteri. Jika Anda ingin mendapat informasi lebih lengkap seputar Noni Juice, silakan lihat artikel berikut: ‘Noni Juice Herbal Teruji

Baca juga:  Gejala Sinusitis: Waspadai Tanda-Tandanya

Sebagaimana sudah disinggung pada ulasan mengenai Noni Juice di atas, agar penyembuhan sinusitis lebih cepat dan melindungi tubuh dari infeksi berulang, yang perlu Anda lakukan adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh—sebab ini adalah benteng pertahanan tubuh dari serangan infeksi penyakit, termasuk dari serangan sinusitis. Alam menyediakan beragam herbal ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan sekaligus berfungsi sebagai anti-virus.

Oleh sebab itu, di samping mencoba cara mengobati sinusitis menggunakan herbal-herbal seperti di atas, Anda juga mungkin perlu menambahkan herbal-herbal anti-virus yang dapat bekerja efektif, bahkan dapat lebih efektif daripada obat kimiawi. Silakan baca selengkapnya di artikel: ‘6 Jenis Herbal Antivirus Terbaik untuk Mendukung Sistem Imun Anda

Tentu saja, Anda tidak harus mengonsumsi setiap obat sinusitis alami yang diulas dalam artikel ini. Anda bisa mencoba mengonsumsi 1 atau 2 herbal di atas untuk melihat cara mengobati sinusitis yang mana yang terbaik untuk Anda. Jika merasa cocok, cobalah konsumsi herbal tersebut selama 2-4 minggu sampai masalah sinusitis benar-benar tuntas.

Advertisement
Alinesia