Obat Sinusitis di Apotik Tanpa Resep Dokter & Alternatif Rumahannya


By Cindy Wijaya

Sinusitis mirip dengan flu biasa, tapi bedanya adalah berapa lama gejala-gejala itu Anda alami. Gejala sinusitis biasanya berlangsung 7 – 10 hari, dan mereka dapat membaik sendiri. Anda bisa mempercepat pemulihannya dengan mengonsumsi obat sinusitis di apotik. Ada beberapa jenis obat sinusitis yang dapat dibeli secara bebas, tanpa perlu resep dokter.

Gejala-gejala sinusitis umumnya adalah hidung tersumbat, rasa nyeri atau tertekan di wajah, dan hidung ingusan. Anda bisa mengatasi gejala-gejala tersebut dengan obat sinusitis yang tepat.

Kebanyakan sinusitis disebabkan oleh infeksi virus, sehingga yang Anda butuhkan mungkin hanya obat-obatan tanpa resep. Kadang sinusitis disebabkan oleh infeksi bakteri yang membutuhkan obat antibiotik resep dokter. Meski begitu obat sinusitis di apotik tanpa resep dokter juga tetap dapat membantu meredakan gejala-gejalanya.

Obat Sinusitis di Apotik Tanpa Resep Dokter

Obat-obatan yang dijual bebas di apotik dapat membantu meringankan rasa nyeri atau tertekan di wajah dan hidung tersumbat akibat sinusitis. Berikut beberapa pilihan yang dapat Anda pertimbangkan.

Obat Dekongestan

Dekongestan adalah obat untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan dengan cara mempersempit pembuluh darah Anda. Obat-obatan ini tersedia dalam bentuk cairan, pil, dan semprotan hidung (nasal spray).

Obat ini dapat meredakan gejala infeksi sinus, tapi sebaiknya digunakan secukupnya saja, terutama jika Anda punya masalah jantung, hipertensi, atau glaukoma, karena penggunaannya dapat meningkatkan tekanan darah.

Dekongestan juga dapat memiliki efek rebound—artinya kalau digunakan terlalu lama menyebabkan tubuh jadi membutuhkan lebih banyak obat untuk mendapat efek yang sama. Jadi bacalah petunjuk penggunaan pada kemasan dengan cermat dan jangan terlalu sering menggunakan dekongestan.

Untuk dekongestan, contoh obat sinusitis di apotik K24, Kimia Farma, atau apotik-apotik lain di Indonesia yaitu oxymetazoline, pseudoephedrine, ephedrine, dan phenylephrine.

Obat Pereda Nyeri

Obat pereda nyeri dapat membantu meredakan rasa nyeri akibat tekanan sinus juga sakit kepala yang mungkin menyertai. Untuk jenis pereda nyeri, contoh obat sinusitis di apotik K24, Kimia Farma, dan apotik-apotik lain di Indonesia yaitu paracetamol, aspirin, dan ibuprofen.

Tapi bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum minum obat ini. Dan karena ada jenis obat yang mencampur lebih dari satu bahan aktif, berhati-hatilah dan selalu teliti label kemasan agar Anda tidak mengonsumsi terlalu banyak bahan aktif obat.

Obat Alergi

Banyak kasus sinusitis disebabkan oleh alergi yang tidak terkontrol. Jika Anda belum pernah didiagnosis alergi, mungkin ada baiknya coba melakukan tes alergi untuk memastikannya sekarang. Jika terdeteksi Anda memiliki alergi, maka ada obat untuk mengatasi dan mencegahnya, misanya obat antihistamin.

Efek samping rasa kantuk dari beberapa obat antihistamin juga dapat membantu untuk istirahat. Mendapat tidur yang cukup, disertai minum banyak air, akan meringankan gejala-gejala infeksi sinus.

Alternatif Herbal dari Obat Sinusitis di Apotik

Di samping obat sinusitis di apotik, Anda juga bisa memanfaatkan obat herbal untuk mengatasi gejala-gejala sinusitis. Berikut beberapa tanaman herbal yang dapat dijadikan obat untuk sinusitis.

Tanaman Bandotan

Tanaman bandotan (Ageratum conyzoides) banyak tumbuh liar di Indonesia. Bandotan punya sifat anti-inflamasi dan menghambat pertumbuhan/reproduksi bakteri, sehingga dapat bermanfaat untuk mengatasi inflamasi (peradangan) pada jaringan sinus, mengurangi penyumbatan, dan membatasi risiko infeksi bakteri.

Selain itu, bandotan juga membantu mengurangi gejala alergi dan pilek seperti ingusan, hidung tersumbat, batuk, dan bersin. Berikut cara menggunakan bandotan untuk obat sinusitis alami:

  • Siapkan 30 – 35 gram bandotan segar.
  • Cuci bersih dengan air garam encer, dan tiriskan.
  • Kemudian tumbuk, dan peras airnya.

Air perasan bandotan dapat diminum setiap hari sampai gejala-gejala Anda membaik. Cara lainnya adalah dengan menggunakan 15 – 30 gram bandotan yang sudah dikeringkan, campurkan dengan 200 ml air matang, dan minum 2 kali sehari sebelum makan.

Noni Juice

Noni juice merupakan herbal yang terbuat dari sari buah mengkudu. Herbal ini punya manfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga dapat membantu proses pemulihan alami oleh tubuh. Dengan kekebalan yang kuat, tubuh bisa lebih cepat mengatasi infeksi pada sinus.

Kemudian ada juga kemampuan anti-inflamasi yang bermanfaat untuk membantu mengatasi peradangan pada jaringan sinus, sehingga gejala-gejala sinus dapat berkurang.

Dan apabila Noni juice rutin dikonsumsi, tubuh akan dibantu untuk terus memiliki kekebalan yang optimal. Dengan begitu dapat lebih terlindung dari risiko infeksi-infeksi berikutnya, sehingga mencegah kekambuhan sinusitis.

Noni juice sudah dikemas dalam bentuk siap minum, sehingga tidak perlu diolah lagi. Jika ingin mengonsumsinya, Anda cukup minum 30 ml Noni juice dua kali sehari, di pagi dan malam hari.

Alternatif Rumahan dari Obat Sinusitis di Apotik

Memang obat sinusitis di apotik dapat membantu mempercepat pemulihan, tapi sebenarnya gejala-gejala sinusitis biasanya akan pulih sendiri tanpa menggunakan obat apapun. Jika Anda sering mengalami masalah ini, maka Anda bisa mencoba cara yang lebih alami daripada mengandalkan obat kimiawi.

Melembapkan Udara

Gunakan alat pelembap udara (humidifier) di dalam ruangan dimana Anda menghabiskan banyak waktu, misalnya di ruang kerja atau di kamar. Ikuti petunjuk untuk pembersihan rutin alat itu.

Menghirup Uap Panas

Untuk menghirup uap panas, Anda bisa menyalakan pancuran (shower) air panas dan duduk di kamar mandi, atau menghirup uap dari semangkuk air panas (tapi tidak terlalu panas). Uap panas tersebut membantu meredakan penyumbatan dan pembengkakan di saluran hidung.

Pakai Handuk Hangat

Rendam handuk kecil dalam air panas (tidak terlalu panas), lalu peras. Tempelkan handuk hangat tersebut ke wajah selama beberapa saat untuk meredakan nyeri atau rasa tertekan di wajah akibat sinusitis.

Cuci Hidung dengan Cairan NaCL

Cairan NaCL 0,9% dan pipa khusus cuci hidung dapat dibeli di apotik. Masukkan cairan ke dalam pipa suntik tanpa jarum tersebut. Tudukkan dan miringkan posisi kepala sesuai hidung yang akan dimasukkan cairan. Masukkan ujung pipa ke salah satu lubang hidung, lalu semprot dengan cepat sebanyak 2 kali. Lakukan secara bergantian pada kedua lubang hidung.

Minum Banyak Air

Mengonsumsi banyak cairan akan membantu mengencerkan lendir (mukus), yang mengurangi penyumbatan pada sinus Anda. Kurangi konsumsi alkohol, karena dapat membuat pembengkakan memburuk.

Istirahat yang Banyak

Perbanyaklah istirahat sewaktu sinus sedang terinfeksi. Tidur lah yang banyak dan berikan waktu bagi tubuh untuk memulihkan dirinya.

Beberapa cara alternatif rumahan dari obat sinusitis di apotik tersebut memang berhasil bagi sebagian orang. Tapi jika gejala-gejala sinusitis Anda tidak membaik setelah 10 hari atau jika gejalanya sangat parah, sebaiknya segera periksa ke dokter. Semakin cepat Anda mendapat perawatan yang tepat, semakin cepat juga Anda akan pulih.

Demikianlah artikel ini yang mengupas tentang obat sinusitis di apotik K24, Kimia Farma, dan apotik-apotik lainnya, juga cara-cara alternatif untuk mengatasi sinusitis. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda. Temukan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

WebMD. Sinusitis Treatments and Home Remedies. https://www.webmd.com/allergies/sinusitis

Health. The 5 Best Over-the-Counter Medicines for Sinus Infections. https://www.health.com/cold-flu-sinus/best-medicine-for-sinus-infection

Hoi H. T. Some Kinds of Medicinal Herbs for the Treatment of Sinusitis. Biomedical and Pharmacology Journal 2020;13(2). https://dx.doi.org/10.13005/bpj/1961

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>