Peralatan Medis yang Harus Ada di Rumah Anda!

555

Diedit:

Sebuah kotak P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) siap digunakan dalam keadaan darurat. Namun tidak semua kotak P3K yang dijual di pasaran menyediakan peralatan medis yang lengkap untuk berbagai situasi darurat. Anda sebaiknya memastikan sendiri berbagai peralatan medis yang perlu disimpan di rumah kalau-kalau terjadi sesuatu.

Peralatan medis paling baik disimpan di tempat yang mudah dijangkau orang dewasa tapi jauh dari jangkauan anak-anak. Periksa kelengkapannya setiap beberapa bulan untuk memastikan apakah ada alat yang perlu diganti dan tanggal kadaluwarsa obat-obatan. Pastikan juga untuk mengganti setiap kali memakai obat dan peralatan medis lain.

Berikut ini dijabarkan beberapa peralatan medis lain yang harus Anda sediakan sebagai persiapan pada kondisi darurat, misalnya kecelakaan atau terserang penyakit. Simpanlah berbagai peralatan ini di tempat yang sama, mungkin di satu lemari khusus.

Untuk perawatan umum. Gunting tajam, pinset, bola kapas, cotton bud, tisu, sabun, tisu basah atau hand sanitizer, kantong plastik, peniti, sarung tangan lateks atau sintesis untuk menangani pendarahan, obat anti-diare, mangkuk serta sendok obat.

Untuk luka sayat. Perban dalam berbagai ukuran, kasa, plester kertas atau kain, larutan antiseptik untuk pembersih luka, dan salep antibakteri untuk mencegah infeksi.

Untuk luka bakar. Simpan peralatan medis seperti bantalan dingin, kasa, semprotan luka bakar, juga krim antiseptik di rumah Anda untuk pertolongan pertama pada luka bakar.

Untuk sakit, nyeri, dan demam. Termometer, aspirin (hanya untuk orang dewasa), dan obat anti-inflamasi nonsteroid. Dianjurkan agar Anda lebih dulu berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan obat apa saja yang aman untuk Anda konsumsi.

Untuk cedera mata. Obat tetes mata, larutan saline, mangkuk, penutup mata, dan kacamata pelindung.

Untuk terkilir, cedera regang, dan tulang retak. Bantalan dingin, perban elastis untuk membalut bagian tubuh yang cedera, bidai jari tangan, dan perban segitiga untuk membuat mitela lengan.

Untuk gigitan dan sengatan serangga. Bantalan dingin untuk mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan. Sediakan krim topikal dan losion kalamin, atau Anda bisa juga membuat campuran krim sendiri dengan mencampur baking soda dengan air secukupnya. Krim dan losion ini untuk diolesi di bagian yang tergigit. Juga obat anti-alergi untuk mengurangi gatal yang mungkin timbul.

Untuk keracunan. Simpan nomor telepon Sentra Informasi Keracunan (SIKer) Nasional yaitu 1500533 (Halo BPOM); 021-4259945 (Telp/FAX); 0813 1082 6879 (Telp); dan 0812 1999 9533 (SMS) di dalam kotak peralatan medis, dekat telepon rumah, serta di dalam handphone Anda. Informasi selanjutnya mengenai SIKer silakan kunjungi website resminya http://ik.pom.go.id

Selain peralatan medis seperti yang dijabarkan di atas, Anda juga bisa mempersiapkan barang tambahan untuk disimpan di rumah atau ketika bepergian.

  • Handphone dan recharger yang dapat dihubungkan di dasbor mobil Anda.
  • Nomor telepon gawat darurat, termasuk informasi kontak dokter keluarga dan dokter anak.
  • Formulir persetujuan untuk prosedur medis tertentu untuk setiap anggota keluarga.
  • Lampu senter kecil yang tahan air beserta baterai cadangan.
  • Buku pedoman instruksi pertolongan pertama.

Perlu diingat, berbagai peralatan medis yang disimpan di rumah ini hanyalah sebagai pertolongan pertama pada keadaan darurat. Jadi Anda tetap harus memeriksakan diri ke dokter, terutama jika kecelakaan atau penyakit yang Anda derita tergolong berat.