Share:

Diedit:

Kanker Tiroid – Merupakan salah satu jenis kanker yang berada di sekitar leher. Tepatnya menyerang kelenjar tiroid yang berada di bawah jakun, mengelilingi trakea atau batang tenggorokan. Fungsi dari tiroid itu sendiri ialah menjaga metabolisme tubuh, pada saat kanker menyerang tiroid tentu fungsinya juga akan terganggu. Lalu apa penyebab kanker tiroid? Sebenarnya, sama seperti jenis kanker lainnya, penyebab kanker tiroid tidak dapat dipastikan secara tepat.

Hanya saja ada beberapa faktor pemicu kanker tiroid yang berkaitan dengan datangnya serangan kanker. Ada faktor penyebab yang bisa Anda kendalikan, namun adapula faktor penyebab yang tidak bisa Anda kendalikan. Penyebab kanker tiroid juga sering dihubungkan dengan jenis kanker itu sendiri. Dan, tahukah Anda jika kanker tiroid terdiri dari 4 jenis kategori kanker? Ini berbeda dengan stadium kanker tiroid. Keempat jenis kanker tiroid ini merupakan jenis kanker yang menyerang bagian sel atau jaringan tertentu yang ada di kelenjar tiroid.

Penyebab Kanker Tiroid

Sebelum Anda mengenali 4 jenis kanker tiroid ada baiknya untuk melihat bagaimana proses terbentuknya kanker di kelenjar tiroid. Berawal dari DNA yang sering disebut dengan istilah “Gen”– ini merupakan komponen utama pembentuk tubuh manusia.

“Gen” berisi kode informasi yang membantu setiap organ tubuh dalam menjalankan peranannya. Gen juga berperan penting dalam proses regenerasi atau perbaikan diri dan pergantian sel. Hanya saja terkadang “gen” tidak bekerja secara normal – maka terjadilah kanker.

Saat letaknya berada di kelenjar tiroid, maka ini disebut sebagai kanker tiroid. “Gen” pada sel tiroid yang terganggu akan mengalami perubahan wujud dan menggandakan diri. Saat sel ini bertambah besar dan terus menggandakan diri, maka hal ini tidak akan berhenti.

Proses ini berbeda dengan regenerasi sel normal. Manakala sel yang mengalami penuaan akan mati dan digantikan oleh sel baru. Sel yang menggandakan diri secara terus-menerus tanpa mengalami penuaan merupakan ciri-ciri kanker tiroid.

Sel yang menggandakan diri akan terus menumpuk di jaringan yang diserangnya, menimbulkan pembesaran dan peradangan. Saat kanker memasuki saluran pembuluh darah di sekitar organ, maka terjadilah penyebaran sel kanker. Perlu Anda ketahui sekalipun kita mewarisi “gen” dari kedua orangtua, namun perubahan “gen” biasanya terjadi selama masa kehidupan Anda karena beberapa faktor berikut. – Sumber: Thyroid Cancer Causes

Penyebab Kanker Tiroid Yang Tidak Bisa Anda Kendalikan

Usia dan Jenis Kelamin – tanpa alasan yang jelas tampaknya kanker tiroid lebih sering dialami oleh wanita. Kebanyakan penderitanya berusia antara 40-an atau 50-an tahun. Bagaimana dengan pria? Sekalipun penyakit ini 3 kali lebih sering terjadi pada wanita, pria berusia 60-an atau 70-an juga perlu waspada akan hal ini.

Kondisi Turunan – hal ini dapat berupa keberadaan penyakit lainnya yang Anda warisi dari orangtua. Misalnya; Polip Kolon (Familial adenomatous polyposis), Sindrom Cowden, Carney Complex, atau jenis kanker tiroid lainnya. Jika Anda memiliki riwayat kondisi turunan seperti ini, cobalah untuk rutin melakukan pemeriksaan kanker tiroid.

Riwayat Keluarga – mungkin Anda saat ini tidak mengalami serangan kanker. Namun berhati-hatilah, jika ada anggota keluarga Anda yang memiliki riwayat serangan kanker (entah itu orangtua, adik atau kakak). Ini berarti Anda memiliki potensi untuk mengalaminya juga. Hanya saja bergantung bagaimana Anda menjaga pola kehidupan tetap sehat guna menghindari serangan kanker itu sendiri.

Penyebab Kanker Tiroid Yang Bisa Anda Kendalikan

Rendah Kadar Yodium – merupakan salah satu pemicu kanker tiroid. Tiroid merupakan organ yang membantu proses metabolisme tubuh. Rendahnya kadar yodium dapat mengganggu fungsi kelenjar tiroid, parahnya jika penderita juga terkena paparan radioaktif. Hal ini tentu memicu terjadinya kanker tiroid yang tidak diinginkan.

Paparan Radiasi – merupakan penyebab lain dari serangan kanker tiroid. Radiasi yang dimaksud dapat berasal dari perawatan medis tertentu, pembangkit tenaga listrik, atau senjata nuklir dalam hjumlah besar. Sebenarnya pengobatan kanker tiroid sendiri membutuhkan bantuan dari radiasi, hanya saja dosis penggunaannya masih dapat dikontrol oleh dokter yang merawat.

4 Jenis Kanker Tiroid Yang Perlu Diwaspadai

Kanker Tiroid Papiler – merupakan jenis kanker tiroid yang sering terjadi di sel folikel yang menghasilkan atau menyimpan hormon tiroid. Jenis kanker ini bisa menimpa usia berapa pun, namun lebih sering terjadi pada usia antara 30 hingga 50 tahun. Jenis kanker ini jarang terjadi karena bawaan dari orangtua, melainkan didapat selama masa kehidupan pasien.

Kanker Tiroid Folikular – merupakan jenis kanker tiroid yang juga terjadi di sel folikel tiroid. Ini biasanya menyerang orang yang berusia lebih dari 50 tahun. Berpindahnya sel kanker merupakan hal yang jarang terjadi. Namun berpotensi menjadi kanker yang bersifat ganas.

Kanker Tiroid Anaplastik – merupakan jenis kanker tiroid yang langka dan dapat berkembang dengan cepat. Jenis kanker ini terjadi pada orang berusia lebih dari 60 tahun. Jenis kanker ini sangat sulit diobati, sekalipun dengan obat kanker tiroid.

Kanker Tiroid Meduler – merupakan jenis kanker tiroid yang terjadi pada “Sel C” penghasil hormon kalsitonin. Keberadaan kanker ini dapat ditandai dengan adanya peningkatan hormon kalsitonin tahap awal. Risiko terserang kanker ini lebih besar saat Anda mengalami kondisi turunan atau sindrom tertentu.

Jenis Kanker Langka Yang Perlu Diwaspadai

Selain keempat jenis kanker tiroid tersebut, Anda juga perlu mewaspadai keberadaan limfoma tiroid. Ini merupakan salah satu jenis kanker tiroid yang langka.

Kanker ini menyerang sel sistem kekebalan tubuh yang ada di kelenjar tiroid. Selain itu, pertumbuhan sel kanker bisa berlangsung dengan sangat cepat. Knker tiroid langka ini lebih sering terjadi pada orang dewasa berusia lanjut, ketimbang pada anak-anak.

Demikianlah informasi seputar penyebab kanker tiroid yang perlu diwaspadai. Dengan mengetahui pemicu terjadinya kanker tiroid, maka Anda dapat melakukan tindakan pencegahan kanker tiroid yang bisa Anda lakukan. Lakukan pemeriksaan medis guna memantau kondisi kesehatan Anda.

Terutama jika Anda memiliki riwayat keluarga yang mengidap serangan kanker. Cobalah untuk menjaga pola hidup sehat, guna mengurangi risiko kemungkinan serangan kanker yang tidak diinginkan. Nantikan informasi kesehatan lainnya, juga seputar pengobatan alternatif yang dapat ditemukan dengan mudah – hanya di deherba.

😡
☹️
😐
☺️
😍