Kanker Tiroid

586
Kanker Tiroid adalah
Sumber Gambar: GettyImages

Diedit:

Kanker tiroid – merupakan salah satu jenis kanker yang menyerang kelenjar tiroid. Kelenjar ini berada di sekitar leher dan berbentuk seperti dasi kupu-kupu. Fungsi kelenjar tiroid itu sendiri ialah mengatur metabolisme tubuh. Biasanya sel kanker yang menyerang penderitanya bersifat jinak. Hal ini bisa dikelompokkan sebagai tumor, namun jika kondisi sel kanker bersifat ganas maka dapat dikelompokkan ke dalam kanker tiroid. Terlebih jika sel kanker telah menyebar menuju bagian tubuh lainnya.

Dalam artikel ini Anda akan melihat beragam informasi menarik sehubungan dengan kanker tiroid, mulai dari obat kanker alami yang tersedia sebagai alternatif pengobatan. Hingga pengobatan secara medis yang bisa Anda tempuh. Ada beragam cara yang bisa Anda pilih untuk melenyapkan sel kanker pada kelenjar tiroid. Mari kita perhatikan penjelasan berikut ini. 

Kenali dan Kupas Tuntas Kanker Tiroid!

Sebenarnya perubahan pada kelenjar tiroid dapat dilihat oleh pasien dan juga dokter yang memeriksa. Mengingat lokasi tiroid mudah sekali ditemukan. Namun untuk memastikannya, maka perlu dilakukan pemeriksaan kanker secara spesifik oleh dokter.

Sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman akan terjadinya penyakit lain yang sedang menyerang kelenjar tiroid. Wajar saja jika Anda merasa panik dan khawatir saat merasakan perubahan yang terjadi pada kelenjar tiroid.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa terkadang pembengkakan tiroid tidak selalu mengartikan keberadaan kanker. Hal ini juga dapat terjadi saat Anda mengalami penyakit gondok. Kadang kala pembesaran tiroid dapat terjadi karena ketidakseimbangan hormon.

Ada yang mungkin memilih untuk membiarkannya saja, namun waspadalah jika disertai dengan gejala tertentu dan pertambahan ukuran pada kelenjar tiroid. Hal ini bisa mengarah pada penyakit kanker. Kanker tiroid sendiri terdiri dari beragam jenis.

Jenis Kanker Tiroid

Sel kanker pada kelenjar tiroid merupakan pembentukan sel agresif dan ganas yang berkembang pada sel sel kelenjar tiroid. Sebagaimana dipahami kelenjar tiroid terdiri dari 4 jenis sel, maka jenis kanker tiroid digolongkan berdasar lokasi sel tempat perkembangan kanker. Dan tentu saja penting bagi kita memahami apa saja sebenarnya jenis kanker, sebagaimana dijabarkan berikut ini.

Kanker Papiler

Ini adalah jenis kanker kelenjar tiroid yang paling banyak terjadi, diperkirakan sekitar 80% kasus kanker tiroid adalah kanker jenis papiler. Akan tetapi, jenis kanker ini juga menjadi jenis kanker dengan prognosis kemungkinan bertahan hidup yang cukup tinggi, sekitar 98% untuk stadium 1.

Kanker papiler adalah pertumbuhan sel karsinoma ganas yang berkembang pada lapisan papiler dari sel. jadi kanker jenis ini dapat berkembang pada setiap jenis sel dari kelenjar tiroid.

Keberadaannya yang cukup terakses memudahkannya menyebar ke jaringan limfa pada leher dan ini bisa membahayakan. Karena ketika jaringan limfa mulai terserang kanker, akan terjadi gangguan fungsi imunitas dan memungkinkan sel kanker tersebar bersamaan dengan sirkulasi cairan limfosit ke seluruh tubuh.

Kanker Folikular

Ini adalah jenis perkembangan kanker yang berawal dari sel sel folikular. Kasus kanker ini mencapai kisaran 12% dari seluruh kasus kanker tiroid yang ditemukan. Meski terbilang langka, kasus ini bisa menjadi cukup mematikan.

Sejumlah negara berkembang memiliki kasus kanker folikular lebih tinggi. dugaan utama karena kanker folikular ini berkaitan dengan kekurangan yodium. Sedang kasus kekurangan yodium lebih lazim terjadi pada daerah miskin dan negara berkembang.

Selain dapat mematikan, kasus kanker satu ini juga dapat memungkinkan terjadinya metastasis atau persebaran kanker ke organ lain seperti paru paru dan tulang. Tetapi kanker folikular ini justru memiliki resiko lebih rendah untuk menyebar ke organ limfa.

Kanker Hurtle

Jenis kanker satu ini memang terbilang sangat langka. Temukan kasus kanker hurthle hanya sekitar 3% di dunia. dan termasuk yang cukup mematikan, mengingat sulitnya memahami gejala kanker tiroid yang samar.

Jenis kanker ini menyebar pada bagian hurthle dari sel sel kelenjar tiroid. Kanker jenis ini terbilang berbahaya dan sangat mematikan. Selain karena faktor jenis kanker ini sulit dikenali, kanker hurthle ini mudah sekali menyebar ke sel sel tiroid lain.

Kanker Modular

Ini adalah jenis kanker yang berkembang pada sel C pada kelenjar tiroid. Pada umumnya jenis kanker ini diawali dengan gejala munculnya gangguan kelebihan kadar kalsium dalam darah. Mengingat sel C adalah bagian kelenjar tiroid yang bertugas memproduksi hormon kalsitonin yang bertanggung jawab pada kadar kalsium dalam darah.

Kanker modular ini mencapai 4 % dari seluruh kasus kanker tiroid yang terjadi. 20% kasus kanker modular ini muncul sebagai jenis kanker genetik yang kuat. Pada jenis genetik kuat ini, kanker akan muncul secara rutin pada tiap generasi.

Baca juga:  Pengobatan Kanker Tiroid Yang Tersedia

Kanker Anaplastik

Ini adalah jenis kanker langka yang dapat menyerang kelenjar tiroid. Kasusnya hanya sekitar 2% dari seluruh jenis kanker tiroid yang pernah terdeteksi. Yang membuatnya berbeda adalah terbentuknya sel unik yang disebut dengan istilah anaplastik pada kelenjar tiroid.

Karakter kanker ini sangat khas dengan bentukan sel kanker yang khusus. Dan memiliki daya penyebaran yang sangat agresif serta cepat. kanker dapat dengan cepat menyebar ke seluruh leher dengan tingkat kematian yang tinggi.

Kanker Limfoma

Ini adalah jenis kanker tiroid yang berkembang pada jaringan limfoma atau jaringan yang berkaitan dengan fungsi imunitas. Ini termasuk jenis kanker yang cukup mematikan dan dengan cepat menyebar, Tetapi termasuk kanker yang paling langka.

Karena kanker ini menyerang sistem limfosit yang kemudian dialirkan ke seluruh tubuh. kontamintas sel kanker pada fungsi limfoma dan pada aliran cairan limfosit ini yang menyebabkan sel kanker dengan sangat cepat menyebar ke organ lain dalam tubuh.

Indikasi Kanker

Kanker tiroid biasanya tidak menunjukkan adanya gejala spesifik pada tahap awal. Namun seraya sel kanker bertambah besar dan berkembang, maka ciri-ciri kanker tiroid mulai terlihat. Hal ini ditandai dengan munculnya benjolan di leher yang bisa Anda rasakan saat Anda merabanya.

Sebagian besar kanker memang sulit untuk diidentifikasi dan dibedakan dari penyakit ringan pada umumnya. Ini membuat sebagian pasien acapkali kesulitan untuk mendeteksi dini keberadaan penyakit.

Padahal lebih dari 90% kasus kanker tiroid adalah jenis kanker dengan prognosis atau kemungkinan hidup yang tinggi. Tentu saja dengan syarat kanker sudah terdeteksi pada stadium awal. Masalahnya, bagaimana cara mendeteksi gejala kanker lebih awal?

Pada sebagian kasus, kanker terdeteksi berkat kebiasaan memeriksakan diri secara rutin. Kondisi abnormal pada fungsi metabolisme dan fungsi imunitas dapat menjadi tanda awal pasien membutuhkan terapi. Kepekaan untuk melihat kondisi pasien sehari hari juga penting. Perubahan seperti munculnya nodul atau perubahan pada metabolisme tubuh perlu diwaspadai.

Apalagi bila beberapa gejala  muncul bersamaan. Pilihan lain deteksi dini gejala kanker adalah dengan melakukan uji darah secara rutin untuk mereka yang sudah memiliki aspek resiko kuat untuk mengidap kanker.

Sebagaimana dijelaskan bahwa salah satu gejala kanker tiroid yang paling mudah dikenali adalah munculnya benjolan atau pembengkakan pada batang leher, terutama di sekitar sisi leher depan. Hanya saja, hanya 40% dari kasus benjolan yang mudah disadari oleh pasien. Beberapa benjolan tidak terlihat dan sulit teraba kecuali ditekan dengan perlahan. Beberapa benjolan yang berada jauh dari permukaan kulit kadang malah bisa terasa saat kita menelan.

Terjadinya perubahan suara bahkan menjadi “serak”, sulit menelan, nyeri di leher dan tenggorokan, hingga pembengkakan pada kelenjar getah bening di sekitarnya. Tanda-tanda kanker tiroid ini tak bisa Anda abaikan begitu saja, jika Anda merasakannya segera hubungi dokter.

Penyebab Kanker

Seringkali kanker tiroid dikaitkan dengan kondisi turunan, mengingat belum ada kejelasan mengenai penyebab kanker tiroid. Para peneliti hanya mengetahui keberadaan gen atau DNA yang mengalami perubahan tanpa sebab yang jelas pada sel yang ada di kelenjar tiroid.

Namun faktor dari luar terkadang memicu terjadinya perubahan DNA. Hal ini menyebabkan perkembangan sel yang tidak sesuai dengan ketentuan normalnya. Perubahan DNA terjadi karena beragam faktor.

Lalu apa itu gen atau DNA? Ini dapat digambarkan sebagai “cetak biru” atau rangka gambar untuk membangun rumah. DNA berisi informasi penting sehubungan dengan organ dan fungsi organ dalam tubuh Anda.

DNA memiliki kemampuan untuk mengatur bagaimana sel dapat berkembang dan hidup lama. Di lain pihak DNA juga mengatur bagaimana sel seharusnya membelah diri dan mati. Kedua kemampuan DNA ini diatur secara alami guna mengatur kehidupan Anda.

Sejumlah pakar kanker melihat bahwa salah satu aspek utama penyebab kanker tiroid adalah efek radiasi. Dan efek radiasi ini tidak akan terlihat langsung sampai menunggu perubahan DNA selama beberapa tahun.

Dan klaim terkuat mengenai efek radiasi adalah apabila radiasi ini terpapar pada anak anak. Karena kerentanan daya tahan tubuh dan kekuatan kromosom anak anak dianggap lebih lemah, sehingga rentan mengalami gangguan akibat radiasi dibandingkan orang dewasa. Adakah cara mencegah mutasi DNA tersebut?

Pencegahan Kanker

Sama seperti jenis kanker lainnya, pencegahan kanker tiroid hampir tidak dapat dilakukan. Hal yang bisa Anda lakukan hanyalah mengontrol kondisi kesehatan Anda dengan pemeriksaan kesehatan rutin, terutama jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan penyakit kanker.

Baca juga:  Penyebab Kanker Tiroid Yang Perlu Diwaspadai

Untuk mencegah keberadaan kanker tiroid meduler, beberapa riset kesehatan menyarankan pasien untuk melakukan pembedahan tiroid (Prophylactic Thyroidectomy). Namun ada baiknya untuk melakukan konsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk melakukan tindakan ini.

Pemeriksaan Kanker

Pada umumnya pemeriksaan kanker tidak jauh berbeda antara satu dengan lainnya. Pemeriksaan kanker tiroid melibatkan tes fisik dan konsultasi dokter. Untuk mengetahui bahwa benjolan yang dimaksud ialah kanker, dokter bisa jadi menyarankan Anda untuk melakukan tindakan medis lainnya.

Mulai dari tes pencitraan dengan Ultrasound, Radioiodine scan, X-ray, Computed Tomography, Magnetic Resonance Imaging scan, hingga Positron Emission Tomography scan. Tes lainnya dapat berupa pemeriksaan darah hinga biopsi.

Biopsi dilakukan saat kecurigaan terhadap keberadaan kanker perlu segera ditindaklanjuti. Biopsi merupakan pengambilan sebagian contoh jaringan guna diperiksa lebih lanjut. Biopsi bukanlah langkah awal yang bisa diambil guna melakukan pemeriksaan kanker.

Beberapa tes yang disebutkan sebelumnya dapat dilakukan sebelum biopsi. Jika biopsi perlu dilakukan maka hasil dari pemeriksaan ini akan digunakan sebagai referensi dalam menentukan stadium kanker. Sehingga pengobatan yang tepat dapat dilakukan berdasarkan stadium yang dialami.

Stadium Kanker

Setelah pemeriksaan medis dilakukan maka stadium kanker tiroid dapat diketahui. Stadium kanker merupakan metode yang digunakan untuk mengetahui tingkat keganasan serangan kanker pada tubuh penderitanya.

Biasanya mulai dari stadium 1 hingga stadium 4, stadium terkecil yakni 1 menujukan kanker yang masih dapat dikendalikan dengan mudah. Sedangkan stadium tertinggi yakni, stadium 4 menunjukkan serangan kanker ganas yang sudah menyebar ke seluruh tubuh bahkan menyerang organ lain yang lokasinya jauh dari kelenjar tiroid.

Pengobatan Kanker

Setelah menjalani pemeriksaan kanker dan stadium kanker telah diketahui, baru Anda bisa menentukan pengobatan kanker tiroid yang tepat. Sama seperti kebanyakan jenis kanker lainnya, pengobatan kanker dapat dilakukan dengan beragam cara, bahkan kombinasi dari berbagai pengobatan.

Secara medis, pengobatan kanker dapat dilakukan dengan metode pembedahan, perawatan radioaktif iodin, terapi hormon tiroid, terapi radiasi, kemoterapi, hingga terapi bertarget. Di butuhkan waktu yang tidak sedikit untuk dapat pulih dari serangan kanker.

Secara umum tindakan bedah dan pengangkatan jaringan adalah pilihan utama. Hampir seluruh jenis kanker tiroid dalam berbagai stadium memerlukan tindakan pengangkatan. Hanya saja, dengan pengangkatan, fungsi dari tiroid bisa jadi juga turut hilang.

Hampir seluruh tindakan pengangkatan akan membuat pasien harus mengonsumsi obat pengganti hormon seumur hidup. Ini akan menggantikan hormon tiroid dan hormon-hormon lain yang tidak lagi bisa diproduksi oleh tubuh karena pengangkatan kelenjar tiroid.

Namun, perjuangan Anda melawan kanker bukan hanya soal menghilangkan keberadaan kanker dalam tubuh Anda. Melainkan bagaimana Anda dapat menikmati kehidupan dengan tenang, sekalipun Anda harus menjalani perawatan kanker yang melelahkan.

Pengobatan Kanker Tiroid secara Alami

Saat Anda mengalami serangan kanker, bisa jadi Anda terpikir untuk mengonsumsi herbal sebagai alternatif pengobatan kanker. Lalu, adakah obat kanker tiroid alami yang dapat membantu penderitanya? Salah satu jenis herbal yang dikenal sejak dulu sebagai obat kanker alami ialah herbal Sarang Semut.

Ini merupakan herbal dengan kemampuan menghambat pertumbuhan dan membantu tubuh dalam menghancurkan sel kanker secara bertahap. Sarang Semut merupakan herbal khas Indonesia yang berasal dari Papua.

Sarang Semut merupakan tanaman epifit yang secara tradisional digunakan dalam beragam penyakit yang berkaitan dengan peradangan atau tumbuhnya benjolan. Perlu Anda tahu bahwa kinerja herbal dan obat medis tidaklah sama.

Herbal bekerja secara bertahap, tidak seperti obat medis yang cenderung bekerja cepat. Mengingat kandungan dan dosis obat medis dalam menangani sel kanker cukup tinggi. Namun, Anda tak perlu merasa khawatir mengingat dokter yang memberikan obat tentu sudah memiliki dosis tepat.

Kondisi emosi dan psikologi yang stabil turut membantu Anda untuk dapat menikmati kehidupan walau terserang kanker. Yakinlah bahwa Anda dapat pulih, perjuangan Anda bukanlah sia-sia belaka. Renungkan hal-hal baik yang Anda dapatkan hingga kini turut membantu Anda untuk tetap tenang.

Demikianlah informasi lengkap seputar kanker tiroid, mulai dari pengobatan alternatif dengan herbal Sarang Semut hingga pengobatan medis yang tersedia. Nantikan selalu informasi menarik dan tepercaya dalam artikel kesehatan lainnya – hanya di deherba.


The American Cancer Society. Thyroid Cancer. October 31, 1996. URL: https://www.cancer.org/cancer/thyroid-cancer.html.