6 Ciri-Ciri Kanker Tiroid yang Paling Mudah Dikenali

840
Ciri-Ciri Kanker Tiroid
(Credit Photo: puhhha / Deposit Photos)

Diedit:

Tahukah Anda bahwa kanker tiroid termasuk jenis penyakit kanker yang paling bisa disembuhkan? Bahkan angka kelangsungan hidup 5 tahunnya mencapai hampir 100% pada pasien yang kankernya berhasil dideteksi sejak awal dan dirawat dengan baik. Untuk bisa mendeteksi sejak awal, kita tentu harus tahu apa saja ciri-ciri dan gejala yang menandakan keberadaan kanker di kelenjar tiroid. Jadi, apa saja tanda-tanda dari kanker tiroid?

Untuk membantu Anda mendapatkan informasi yang tepat mengenai tanda-tanda dan gejala kanker di kelenjar tiroid, artikel ini akan merangkum informasi dari sejumlah sumber yang kredibel. Semoga artikel ini dapat menambah kepedulian Anda terhadap kesehatan diri sendiri maupun keluarga Anda.

Apa 6 Ciri-Ciri Utama Kanker Tiroid?

Pada umumnya orang-orang yang mulai memiliki kanker di kelenjar tiroid tidak mengalami gejala-gejala yang kentara. Kanker tiroid lebih sering terdeteksi pada saat seseorang melakukan pemeriksaan leher sewaktu menjalani pemeriksaan kesehatan rutin. Kanker ini juga bisa secara tidak sengaja terdeteksi oleh sinar-X atau tes pemindaian lain yang dilakukan untuk alasan kesehatan tertentu.

Memang adakalanya kanker di kelenjar tiroid juga menimbulkan tanda-tanda atau gejala fisik tertentu. Namun ingatlah bahwa tidak setiap penderita kanker tiroid akan mengalami gejala-gejala yang serupa. Berikut adalah 6 ciri-ciri kanker di kelenjar tiroid yang perlu diwaspadai:

Ciri-Ciri Kanker Tiroid: Benjolan di Leher

Kadang kanker di kelenjar tiroid dapat menimbulkan tanda-tanda berupa benjolan di bagian depan leher, di dekat jakun. Benjolan itu bisa terlihat, atau tidak kelihatan tapi bisa diraba. Kadang benjolan itu baru terlihat saat menelan. Sering kali gejala kanker tiroid yang satu ini baru terdeteksi ketika seorang dokter melakukan pemeriksaan tiroid dan memeriksa bagian tiroid pasiennya.

Ciri-Ciri Kanker Tiroid: Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Pembengkakan kelenjar getah bening di leher adalah tanda-tanda lain dari kanker di kelenjar tiroid. Kanker tiroid bisa menyebar ke kelenjar getah bening di leher (yang bisa diraba di bawah rahang). Kelenjar getah bening itu memang bisa membengkak sewaktu mengalami infeksi, misalnya saat pilek atau sakit tenggorokan. Tetapi jika bengkaknya untuk waktu lama, dan Anda tidak sedang sakit apapun, sebaiknya periksakan diri ke dokter.

Ciri-Ciri Kanker Tiroid: Suara Serak

Kelenjar tiroid Anda terletak tepat di bawah laring (sering disebut kotak suara). Benjolan kanker di kelenjar tiroid bisa menekan kotak suara tersebut, sehingga mengakibatkan suara menjadi serak atau berubah. Namun jarang sekali kanker tiroid bisa terdeteksi hanya dari gejala yang satu ini.

Baca juga:  Stadium Kanker Tiroid Yang Wajib Dicermati

Ciri-Ciri Kanker Tiroid: Kesulitan Menelan atau Bernapas

Kelenjar tiroid Anda berada di atas trakea Anda. Kanker yang berkembang di kelenjar tiroid dapat menekan trakea Anda, sehingga mengakibatkan gejala sulit bernapas. Dan kerongkongan Anda berada di bawah trakea, sehingga kanker di kelenjar tiroid juga dapat mengakibatkan gejala sulit menelan.

Ciri-Ciri Kanker Tiroid: Sakit di Leher

Rasa sakit biasanya adalah tanda-tanda adanya sesuatu yang tidak beres, termasuk juga kanker di kelenjar tiroid. Kalau Anda merasakan sakit di leher selama lebih dari beberapa minggu, ada baiknya temui dokter untuk memastikan apa penyebabnya. Kanker memang jarang menyebabkan gejala ini, tapi jika rasa sakit di leher disertai juga dengan ciri-ciri lain dari kanker di kelenjar tiroid, sebaiknya Anda beritahukan itu di awal pemeriksaan dokter.

Ciri-Ciri Kanker Tiroid: Sakit di Tenggorokan

Mirip seperti gejala sakit di leher, jika Anda merasakan sakit tenggorokan yang tidak membaik, ada baiknya temui dokter. Ini adalah salah satu tanda-tanda kanker tiroid yang perlu diwaspadai.

Keenam gejala di atas bisa jadi adalah tanda-tanda keberadaan kanker di kelenjar tiroid atau bisa juga disebabkan masalah lain yang tidak serius. Misalnya karena gondok di kelenjar tiroid atau karena penyakit infeksi yang tidak ada kaitannya dengan tiroid.

Jika Anda khawatir karena mengalami gejala-gejala seperti di atas, ada baiknya temui dokter. Dokter mungkin akan bertanya sudah berapa lama dan berapa sering Anda mengalami keluhan-keluhan itu, di samping pertanyaan-pertanyaan lainnya. Pertanyaan semacam itu untuk membantu dokter memastikan penyebab dari gejala yang Anda alami.

Bagi Anda yang tidak mengalami gejala apapun yang mengkhawatirkan, tetaplah waspada mengingat kanker bisa muncul kapan saja dan di bagian tubuh manapun, dan sering kali tanpa disadari. Di bagian berikut akan dibahas satu langkah simpel yang bisa diupayakan untuk menecgah “bibit kanker tiroid”.

Upaya Mencegah “Bibit Kanker Tiroid” dengan Herbal

Di samping mewaspadai gejala dan ciri-ciri awal dari kanker tiroid, langkah simpel lain untuk membantu mencegah tumbuhnya “bibit kanker” di dalam tubuh ialah dengan mengonsumsi herbal anti-kanker. Anda yang tinggal di Indonesia beruntung karena ada herbal asli Indonesia yang populer sebagai anti-kanker ampuh, yaitu Sarang Semut Papua.

Kemampuan herbal ini telah didukung oleh bukti empiris (berdasarkan pengakuan para penggunanya) serta bukti ilmiah (berdasarkan hasil-hasil penelitian). Para pengguna Sarang Semut sering mengakui bahwa mereka dibantu untuk pulih dari penyakit kanker mereka setelah rutin mengonsumsinya. Bahkan dalam kondisi tertentu, pengguna herbal ini sudah mulai merasakan tanda-tanda pemulihan hanya dalam 1 – 3 bulan.

Baca juga:  Kanker Tiroid

Dari bukti ilmiah, Sarang Semut telah dibuktikan mengandung senyawa aktif yang sudah diakui kemampuan anti-kankernya, yaitu flavonoid. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa flavonoid mempunyai mekanisme kerja yang dapat dikatakan “jurus jitu” untuk melawan pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh.

Salah satu mekanisemnya yaitu induksi apoptosis. Induksi apoptosis adalah kemampuan untuk menginduksi atau memicu dimulainya proses apoptosis (kematian terprogram) pada sel-sel kanker. Dengan begitu pertumbuhan dan perkembangan sel-sel dapat dihambat.

Kemudian ada juga mekanisme inhibisi angiogenesis, yang artinya kemampuan untuk menghambat pembentukan pembuluh darah yang mengirimkan makanan/nutrisi ke sel-sel kanker. Dengan terhentinya pengiriman makanan/nutrisi, maka sel-sel kanker lambat laun akan mengalami kematian.

Itu baru dua mekanisme anti-kanker yang dimiliki oleh flavonoid. Masih ada lagi mekanisme-mekanisme lain yang saling bekerja sama untuk melawan kanker dan memulihkan dampak-dampaknya di dalam tubuh.

Bacalah artikel ini jika Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai Sarang Semut Papua: “Sarang Semut Papua Hancurkan Kanker, Tumor, dan Benjolan Abnormal!

Ayo Waspadai Tanda-Tanda Kanker Tiroid!

Apa 6 ciri-ciri utama kanker di kelenjar tiroid? Pertama: benjolan di leher depan, dekat jakun. Kedua: pembengkakan kelenjar getah bening di leher. Ketiga: suara menjadi serak. Keempat: Kesulitan menelan atau bernapas. Kelima: Sakit di leher. Keenam: Sakit di tenggorokan.

Waspadailah tanda-tanda dan gejala awal dari keberadaan kanker di kelenjar tiroid, baik pada diri sendiri maupun pada orang-orang terdekat Anda. Terus pantau perkembanganya dan segera temui dokter apabila tidak kunjung membaik dalam waktu 2 minggu. Ingatlah bahwa kanker akan jauh lebih mudah untuk diatasi saat masih di stadium awal.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang ciri-ciri kanker kelenjar tiroid. Semoga informasi ini dapat menambah kepedulitan Anda terhadap kesehatan diri sendiri maupun keluarga Anda tercinta. Nantikan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar penyakit kanker tiroid hanya di Deherba.com.


Sumber Referensi:

Norman, James. Thyroid Cancer Symptoms. Updated: 2018-06-07. URL: https://www.endocrineweb.com/conditions/thyroid-cancer/thyroid-cancer-symptoms. Accessed: 2019-11-20

Cancer.Net. Thyroid Cancer: Symptoms and Signs. Published: 03/2019. URL: https://www.cancer.net/cancer-types/thyroid-cancer/symptoms-and-signs. Accessed: 2019-11-20