6 Ciri-Ciri Kanker Tiroid yang Paling Mudah Dikenali

625
Ciri-Ciri Kanker Tiroid
(Credit: puhhha / Deposit Photos)

Diedit:

Kanker Tiroid – Merupakan salah satu jenis kanker yang berada di sekitar leher. Sesuai dengan lokasi kelenjar tiroid yang terletak di leher dan berbentuk seperti dasi kupu-kupu. Pada pria, kelenjar tiroid berada di bawah jakun. Ciri-ciri kanker tiroid biasanya diawali dengan keberadaan benjolan tidak normal yang ada di leher. Maka jika Anda merasakan keberadaan benjolan di area tersebut, jangan abaikan tanda-tanda tersebut. Cobalah untuk melakukan pemeriksaan medis guna memastikan jenis penyakit yang Anda alami.

Namun, keberadaan benjolan di leher bukanlah satu-satunya ciri dari kanker tiroid. Ada beberapa ciri-ciri lainnya, apa sajakah itu? Dalam artikel ini Anda akan memperoleh informasi lengkap seputar ciri-ciri kanker tiroid yang mudah dikenali. Mari kita perhatikan ulasan singkat dalam artikel berikut ini.

Ciri-Ciri Umum Kanker Tiroid

Selain keberadaan benjolan di leher ada beberapa gejala-gejala kanker tiroid yang mudah dikenali. Hal ini berkaitan dengan benjolan yang kian membesar. Terkadang penderitanya tidak sadar bahwa tanda-tanda yang ia rasakan sebenarnya adalah ciri-ciri kanker tiroid.

  • Munculnya nodul atau benjolan pada leher depan
  • Benjolan terus membesar
  • Suara menjadi serak dan berat
  • Pembengkakan pada leher depan atau samping
  • Terasa nyeri pada leher
  • Kesulitan untuk menelan atau rasa mengganjal saat menelan
  • Sulit bernafas
  • Penurunan berat badan yang drastis
  • Kerap merasa kelelahan dan mengantuk
  • Muncul rasa gatal dan kadang disertai rasa dorongan batuk yang terus menerus
  • Kadar kalsium dalam darah tinggi
  • Leher yang kaku, membesar dan terasa demam

Mengingat hal ini sering kali terasa samar dan serupa dengan gejala penyakit lainnya. Jika ini terjadi maka tindakan pencegahan kanker tiroid tidak bisa dilakukan lagi. Lalu, apa saja tanda-tanda kanker tiroid yang perlu Anda sadari?

1. Keberadaan Benjolan di Leher

Memang ciri utama kanker tiroid ialah keberadaan benjolan di leher, tepatnya di bawah jakun manakala kelenjar tiroid berada. Apabila benjolan di leher yang Anda alami tergolong kategori kanker, maka pertumbuhan benjolan tidak normal ini akan sangat cepat. Benjolan ini jelas tidak sama dengan penyakit gondok atau pembesaran kelenjar tiroid yang dikarenakan oleh tidak seimbangnya hormon.

Baca juga:  Pencegahan Kanker Tiroid Yang Dapat Dilakukan

Keberadaan benjolan dapat sangat kecil atau sebesar kelereng hingga sebesar bola golf. Untuk menggolongkan apakah benjolan ini termasuk kanker, dibutuhkan pemeriksaan medis oleh dokter. Terkadang pembesaran benjolan di leher dapat mengecil dengan sendirinya, namun tidak untuk kasus kanker ataupun gondok.

Anda perlu mendapatkan penanganan medis dari dokter ahli. Jika terdapat sel abnormal yang bersifat kanker pada benjolan atau gumpalan itu, maka pengobatan kanker tiroid harus segera dilakukan.

2. Terjadinya Pembengkakan di Leher

Anda mungkin berpikir bahwa pembengkakan dengan benjolan itu sama, namun ada sedikit perbedaan. Pembengkakan merujuk pada bagian tertentu yang membesar dari ukuran normalnya.

Sedangkan benjolan merupakan keberadaan jaringan atau sel tertentu yang jika dipegang tampak bergeser dan berubah bentuk. Dalam istilah bahasa inggris kata bengkak disebut “swelling” merupakan kata yang lebih luas untuk menyatakan pembesaran sebagai reaksi atas peradangan atau infeksi yang terjadi..

Sedangkan benjol dalam istilah bahasa inggris disebut dengan “lump” merupakan timbulnya gumpalan padat yang jelas terasa dan mudah dikenali. Sebagai contoh: edema merupakan pembengkakan jaringan lunak, namun kondisi ini tidak bisa disebut benjolan. Sehubungan dengan pembengkakan di leher dan ciri-ciri kanker tiroid – ini bisa dipastikan dengan pemeriksaan kanker tiroid.

3. Sakit Leher Menuju Telinga

Pembesaran tiroid dapat menyebabkan leher terasa sakit karena tekanan dan peradangan, ataupun infeksi. Mengingat syaraf telinga-hidung-tenggorokan saling terhubung maka gangguan yang terjadi pada salah satu sistem akan memengaruhi organ lainnya.

Sebagai contoh: saluran eustachius merupakan saluran penghubung antara telinga tengah dengan hidung dan tenggorokan. Saluran ini memiliki fungsi untuk mengontrol tekanan udara yang masuk dari mulut dan hidung.

Selain itu, jaringan dan sel syaraf di sekitar telinga-hidung-tenggorokan juga saling terhubung. Sehingga jika terjadi pembesaran tiroid, tentu syaraf yang saling terhubung akan merasakan sakit.

Hal ini dapat terjadi karena sel kanker cenderung menyerang organ di sekitar syaraf dan pembuluh darah. Penyebab kanker tiroid yang mengakibatkan hal tersebut masih terus diselidiki guna memperoleh informasi yang lebih akurat, sehigga memudahkan pengobatannya.

Baca juga:  Pengobatan Kanker Tiroid Yang Tersedia

4. Suara Serak atau Perubahan Suara

Bagaimana mungkin keberadaan kanker tiroid dapat memengaruhi suara Anda? Ketahuilah bahwa pita suara berada di sekitar laring. Laring merupakan bagian dari sistem pernapasan yang terletak di bagian atas kelenjar tiroid dan berfungsi membawa udara menuju trakea.

Saat pembesaran tiroid terjadi, maka ini dapat memberikan tekanan pada laring. Sehingga aliran udara tidak masuk secara normal dan otomatis akan memengaruhi suara penderitanya. Jika kanker sudah bertambah besar maka tindakan pencegahan kanker sudah tidak dapat dilakukan.

5. Kesulitan Menelan Makanan

Terjadinya kesulitan menelan makanan merupakan masalah yang harus dihadapi oleh penderita kanker. Ciri-ciri kanker tiroid ini dapat terjadi, karena lokasi kerongkongan yakni jalur masuknya makanan berada berdampingan dengan trakea.

Pembesaran tiroid akan menekan trakea dan secara otomatis akan memberikan tekanan pada kerongkongan, sehingga mempersempit jalur masuknya makanan. Hal ini bisa terjadi jika stadium kanker tiroid semakin parah.

6. Kesulitan Bernapas Seperti Tercekik

Sulit bernapas bisa terjadi mengingat lokasi tiroid yang berbentuk dasi kupu-kupu berada mengelilingi trakea (bagian dari sistem pernapasan berupa organ yang terdiri dari 20 tulang rawan menyerupai cincin bertumpuk membentuk tabung).

Kesulitan bernapas seperti tercekik dapat terasa karena pembesaran pada kelenjar tiroid. Sel kanker yang terus membesar akan memberikan tekanan pada organ di sekitarnya, sehingga timbullah sensasi tercekik sebagai salah satu ciri-ciri kanker tiroid. Bila hal ini terjadi, Anda butuh bantuan medis ataupun alternatif pengobatan dengan obat kanker tiroid alami.

Demikianlah informasi lengkap seputar ciri-ciri kanker tiroid yang perlu Anda perhatikan. Tanda-tanda kanker tiroid ini merupakan hal yang sering dirasakan oleh penderita kanker tiroid. Untuk memperoleh informasi kesehatan lainnya, nantikan selalu artikel terbaru berdasarkan riset tepercaya – hanya di deherba.


Sumber Referensi:

American Cancer Society. Signs and Symptoms of Thyroid Cancer. Reviewed: 2019-03-14. URL: https://www.cancer.org/cancer/thyroid-cancer/detection-diagnosis-staging/signs-symptoms.html. Accessed: 2019-07-29


Advertisement
Alinesia