Daya Tahan Tubuh Menurun: Penyebab, Ciri, & Saran Herbalnya

295
Ilustrasi Penyebab Daya Tahan Tubuh Lemah
Credit Photo: tommaso79 / iStock

Di musim rawan penyakit, kita sangat membutuhkan sistem kekebalan yang kuat sebagai daya tahan agar tidak ikut-ikutan sakit. Sayangnya, beberapa orang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah atau menurun sehingga rentan terserang penyakit. Apa penyebab daya tahan tubuh menurun? Bagaimana ciri-ciri sistem kekebalan (imun) tubuh yang sedang lemah atau menurun? Adakah tanaman herbal untuk meningkatkan imunitas?

Artikel ini akan mengupas tentang ciri-ciri sistem kekebalan (imun) yang sedang lemah atau menurun, hal-hal yang menjadi penyebab imunitas menurun, serta saran herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Semua informasi di sini didasarkan atas sumber-sumber yang dapat dipercaya, yang bisa dilihat pada bagian “sumber referensi” di akhir artikel.

Apa Saja Penyebab Daya Tahan Tubuh Menurun?

Sistem kekebalan tubuh kita dapat menjadi lemah atau menurun akibat kebiasaan hidup kita sehari-hari. Bagaimana cara kita menghabiskan waktu luang, tingkat stres kita, seberapa sering kita minum, seberapa aktif kita bergerak, dan bahkan udara yang kita hirup dapat menjadi penyebab kekebalan tubuh menurun.

Penyebab Daya Tahan Tubuh Menurun: Stres

Stres yang berkepanjangan dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lemah. Stres membuat otak meningkatkan produksi hormon kortisol, yang merusak fungsi sel T untuk melawan infeksi.

Penyebab Daya Tahan Tubuh Menurun: Kesepian

Merasa kesepian dapat menjadi penyebab daya tahan tubuh menurun. Penelitian, yang dilakukan pada tikus percobaan, menemukan bahwa meningkatnya ciri-ciri kecemasan yang terkait dengan kesepian membuat sistem kekebalan (imun) tubuh menjadi lemah atau menurun, dan ada lebih banyak stres oksidatif.

Penyebab Imunitas Tubuh Menurun: Kurang Gerak

Terlalu banyan duduk dan tidak olahraga dapat memengaruhi kemampuan tubuh Anda untuk melawan infeksi. Terlepas dari usia, jenis kelamin, dan kebiasaan berbahaya lain seperti merokok dan mabuk, gaya hidup kurang gerak terkait dengan meningkatnya risiko kematian dini.

Penyebab Imunitas Tubuh Menurun: Olahraga Berlebihan

Kurang gerak menurunkan daya tahan tubuh kita, tetapi yang sebaliknya juga benar. Olahraga berlebihan dapat melemahkan tubuh dan membuatnya lebih rentan terhadap infeksi. Beda halnya dengan olahraga yang secukupnya dan teratur akan membuat tubuh kita lebih kuat terhadap serangan penyakit.

Penyebab Daya Tahan Tubuh Menurun: Nikotin

Nikotin yang banyak terdapat dalam rokok dapat meningkatkan kadar kortisol dalam tubuh, sekaligus mengurangi pembentukan antibodi sel B dan respons sel T terhadap antigen. Uap dari rokok elektrik dapat merusak paru-paru dan membuatnya lebih rentan terhadap infeksi. Para peneliti juga memperingatkan bahwa rokok elektrik tidak aman karena uapnya mengandung radikal bebas yang dapat menyebabkan peradangan saluran pernapasan serta gangguan respons terhadap bakteri dan virus.

Penyebab Daya Tahan Tubuh Menurun: Radiasi UV

Lapisan ozon yang menipis akibat polusi udara meningkatkan tingkat radiasi UV berbahaya dari sinar matahari. Hal ini dapat menjadi penyebab munculnya ciri-ciri kanker kulit, katarak, dan sistem kekebalan (imun) tubuh yang lemah atau menurun.

Penyebab Imunitas Tubuh Menurun: Pola Makan

Banyak mengonsumsi makanan berlemak dapat menjadi penyebab daya tahan tubuh menurun. Garam dan gula juga mungkin dapat berdampak buruk pada kekebalan tubuh. Selain itu, obesitas memengaruhi sistem kekebalan dengan mengurangi jumlah dan fungsi sel darah putih yang dibutuhkan untuk melawan infeksi.

Penyebab Daya Tahan Tubuh Menurun: Alkohol

Bahkan satu kali minum alkohol berlebihan dapat mengurangi respons sistem kekebalan tubuh untuk menyerang patogen. Metabolit utama alkohol, asetaldehida, kemungkinan merusak fungsi silia di paru-paru, membuatnya lebih rentan terhadap serangan bakteri dan virus. Alkohol juga mengganggu proses penyerangan serta penghancuran bakteri dan virus, dan itu membuat orang yang sering minum alkohol berisiko lebih tinggi untuk mengalami infeksi.

Penyebab Imunitas Tubuh Menurun: Kesedihan

Peristiwa yang mengejutkan atau tragis dapat menjadi penyebab daya tahan tubuh kita menurun. Misalnya kehilangan orang yang dicintai dapat meningkatkan produksi zat-zat kimia dan hormon-hormon yang memperbesar risiko kita untuk mengalami infeksi virus dengan lebih sering atau parah. Perasaan dukacita juga dikaitkan dengan meningkatnya respons kortisol dan ketidakseimbangan pada sistem kekebalan.

Bagaimana Ciri-Ciri Sistem Imun yang Lemah?

Ciri-ciri utama memiliki sistem kekebalan (imun) tubuh yang lemah atau menurun adalah kerentanan terhadap infeksi. Jika kekebalan tubuh kita menurun, kita akan lebih riskan untuk sering terkena infeksi dibandingkan orang lainnya, dan penyakit-penyakit yang diakibatkannya dapat lebih berat atau lebih sulit diobati.

Ilustrasi Ciri-Ciri Sistem Kekebalan (Imun) Tubuh Lemah
Credit Photo: warioman / Getty Images

Kita juga mungkin akan mengalami infeksi penyakit yang tidak dialami oleh seseorang yang punya sistem kekebalan tubuh yang kuat. Infeksi penyakit yang sering dialami oleh orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang menurun yaitu pneumonia, meningitis, bronkitis, dan infeksi kulit. Infeksi-infeksi tersebut dapat berulang dan sering terjadi.

Ada juga ciri-ciri lain dari sistem kekebalan (imun) tubuh yang lemah atau menurun, antara lain: gangguan autoimun, peradangan organ-organ di dalam tubuh, kelainan atau gangguan pada darah (misalnya anemia), masalah pencernaan (misalnya hilang nafsu makan, diare, dan kram perut), serta keterlambatan pertumbuhan dan perkembangan pada bayi dan anak-anak.

Apa Tanaman Herbal untuk Meningkatkan Imunitas?

Jika mengalami hal-hal yang menjadi penyebab daya tahan tubuh turun, kita perlu berupaya mengatasinya supaya imunitas tubuh kembali diperkuat. Selain itu, imunitas kita juga dapat dioptimalkan dengan mengonsumsi herbal yang cocok.

Contoh tanaman herbal yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan imunitas adalah Noni (Morinda citrifolia). Penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa tanaman herbal ini mampu meningkatkan imunitas, dan senyawa di dalamnya dapat berfungsi sebagai imunomodulator.

Imunomodulator merupakan senyawa yang memperkuat imun tubuh (imunostimulator) atau menekan reaksi kekebalan yang berlebihan (imunosupresan).

Salah satu penelitian yang membuktikannya diulas dalam makalah ilmiah berjudul “The effects of Morinda citrifolia L. (noni) on the immune system: Its molecular mechanisms of action.”

Makalah tersebut menyimpulkan bahwa Noni mampu menyesuaikan sistem imun dengan cara mengaktifkan reseptor CB2 dan menekan IL-4, namun meningkatkan produksi sitokin IFNγ. Noni juga terlihat menunjukkan efek imunomodulasi yang berguna pada saat respons kekebalan tubuh menurun atau tidak memadai.

Kemampuan tanaman herbal ini untuk meningkatkan imunitas bisa membantu kita agar tidak mudah terserang infeksi penyakit. Selain itu Noni juga aman dikonsumsi oleh anak-anak, lansia, dan ibu hamil, juga tidak memiliki efek samping atau ketergantungan walaupun dikonsumsi jangka panjang.

Noni paling banyak tersedia dalam bentuk minuman herbal yang bernama Noni juice. Untuk membantu memperkuat dan memelihara daya tahan tubuh, Noni juice dapat dikonsumsi dalam dosis 30 – 50 ml sebanyak 2 kali sehari.

Noni, Tanaman Herbal untuk Meningkatkan Imunitas
Noni Juice (Credit Gambar Noni: Sommai Larkjit / 123rf)

Kesimpulan tentang Penyebab Daya Tahan Tubuh Menurun

Apa saja penyebab daya tahan tubuh menurun? Ada beberapa hal yang dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lemah, antara lain: stres, kesepian, kurang gerak, olahraga berlebihan, nikotin, radiasi UV, pola makan, alkohol, dan kesedihan.

Bagaimana ciri-ciri sistem kekebalan tubuh yang menurun? Ciri utama sistem imun yang lemah adalah lebih riskan untuk terkena infeksi. Infeksi penyakit yang terjadi pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang menurun kemungkinan lebih berat atau lebih sulit diobati, misalnya pneumonia, meningitis, bronkitis, dan infeksi kulit.

Selain itu ada juga ciri-ciri lain dari sistem kekebalan (imun) tubuh yang lemah atau menurun, yakni: gangguan autoimun, peradangan organ-orang di dalam tubuh, kelainan atau gangguan pada darah, masalah pencernaan, serta keterlambatan pertumbuhan dan perkembangan pada bayi dan anak-anak.

Apa tanaman herbal untuk meningkatkan imunitas? Salah satu yang dapat digunakan ialah Noni, yang sering tersedia dalam bentuk minuman herbal Noni juice. Herbal ini dapat meningkatkan imunitas tubuh sekaligus merangsang kemampuan tubuh untuk mengatasi infeksi yang telah terjadi.

Demikianlah artikel ini yang mengulas tentang penyebab daya tahan tubuh menurun, ciri-cirinya, serta herbal untuk meningkatkannya. Semoga informasi ini dapat memotivasi Anda untuk semakin memperhatikan kesehatan pribadi maupun keluarga tercinta. Nantikan juga ulasan-ulasan bermanfaat lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

Dallas, Mary E. 9 Surprising Ways You’re Weakening Your Immune System. Updated: 2015-06-10. URL: https://www.everydayhealth.com/news/9-surprising-ways-youre-weakening-your-immune-system/. Accessed: 2020-01-22

Medical News Today. How to stay healthy with a weak immune system. Reviewed: 2019-04-10. URL: https://www.medicalnewstoday.com/articles/324930.php. Accessed: 2020-01-22

Palu, Afa K, dkk. (2007). The effects of Morinda citrifolia L. (noni) on the immune system: Its molecular mechanisms of action. Journal of Ethnopharmacology. 115(3): 502-6