Noni Juice: Suplemen untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

352
Minuman sari buah noni, suplemen untuk meningkatkan imunitas tubuh
(Credit Photo: LIKIT SUPASAI / Shutterstock)

Diedit:

Di tengah merebaknya virus corona, orang beramai-ramai mencari suplemen, ramuan herbal, buah, makanan atau minuman yang meningkatkan imunitas (kekebalan) untuk memperkuat daya tahan tubuh terhadap virus. Sebab dilaporkan bahwa orang-orang yang lebih berisiko terkena penyakit ini ialah mereka yang punya daya tahan tubuh lemah. Beruntung di Indonesia ada berlimpah bahan-bahan alami yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Berbagai media membicarakan tentang suplemen, ramuan herbal, buah, atau makanan yang baik untuk pencegahan corona. Salah satu yang dibicarakan adalah Noni (Mengkudu), buah yang mudah diperoleh di Indonesia. Buah Noni dapat dibuat menjadi ramuan herbal atau diolah jadi suplemen yang manjur untuk meningkatkan imunitas (kekebalan) tubuh.

Olahan Noni yang paling banyak dikonsumsi orang di seputar dunia ialah Noni juice. Ini adalah minuman suplemen herbal yang dibuat dari sari buah Noni. Noni juice yang murni (100%) terbuat dari sari buah Noni memiliki manfaat yang sepenuhnya dari buah Noni untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Bagaimana cara Noni juice meningkatkan sistem imun tubuh? Bagaimana cara konsumsi Noni juice untuk membantu pencegahan corona? Dalam artikel ini kami akan mengupas khusus tentang dua topik tersebut. Agar informasi dalam artikel ini akurat, kami mengambil sumber dari situs-situs web yang dapat dipercaya. Silakan lihat pada “sumber referensi” di akhir artikel.

Bagaimana Suplemen Noni Juice Meningkatkan Sistem Imun Tubuh?

Noni juice kaya akan kandungan vitamin C. Contohnya produk Tahitian Noni Juice mengandung vitamin C sebesar 33% RDI (Reference Daily Intake / Referensi Asupan Harian) dalam setiap 100 ml dosisnya.

Vitamin C meningkatkan sistem imun tubuh dengan cara melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan akibat radikal bebas dan toksin (racun) dari lingkungan. Dengan kata lain, vitamin C berperan sebagai antioksidan.

Bukan hanya vitamin C, suplemen Noni juice juga mengandung banyak antioksidan lain, misalnya beta karoten, yang turut meningkatkan imunitas tubuh Anda.

Sebuah penelitian yang dilakukan selama 8 minggu membuktikan manfaat minuman suplemen ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dalam penelitian itu, orang-orang sehat yang minum 330 ml Noni juice setiap hari selama 8 minggu mengalami peningkatan aktivitas sel imun dan penurunan tingkat stres oksidatif.

Itu artinya jika Anda meminum Noni juice setiap hari maka kekebalan tubuh Anda akan meningkat, sehingga daya tahan tubuh Anda jadi lebih kuat untuk menangkal gempuran virus corona.

Cara Kerja Suplemen Noni Juice untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kemampuan minuman herbal ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh terlihat pada sebuah penelitian yang dibahas dalam ulasan ilmiah berjudul “The effects of Morinda citrifolia L. (noni) on the immune system: Its molecular mechanisms of action”.

Para peneliti mendapati bahwa Noni juice berpotensi mengaktifkan cannabinoid 2 (CB2), namun menghambat reseptor cannabinoid 1 (CB1). Dalam pengujian secara in vivo, penggunaan Noni juice secara oral selama 16 hari mengurangi produksi IL-4, tetapi menaikkan produksi sitokin IFNγ.

Hasil ini memperlihatkan bahwa Noni memodulasi sistem kekebalan tubuh melalui pengaktifan reseptor cannabinoid 2 (CB2), dan menekan produksi IL-4, namun menaikkan produksi sitokin IFNγ. Hal ini juga dapat menimbulkan pengaruh imunomodulasi yang bermanfaat dalam kondisi dimana respons imun tubuh tidak memadai.

Apa itu imunomodulasi? Imunomodulasi adalah perubahan pada sistem kekebalan tubuh yang disebabkan oleh bahan yang mengaktifkan atau menekan fungsinya. Noni juice menyebabkan perubahan positif pada sistem kekebalan tubuh, yakni mengaktifkan fungsinya. Oleh sebab itu Noni juice disebut sebagai imunomodulator.

Penelitian ini menunjukkan bahwa suplemen Noni juice berguna untuk meningkatkan imunitas, termasuk pada saat kondisi imun sedang tidak memadai atau lemah.

Jadi jika Anda merasa daya tahan tubuh Anda tergolong lemah, minuman herbal ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga Anda tidak gampang terserang virus corona.

Noni Juice, Ramuan Herbal untuk Kekebalan Tubuh
Noni Juice (Credit Gambar Noni: Sommai Larkjit / 123rf)

Bagaimana Cara Konsumsi Suplemen Noni Juice untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh?

Sebelumnya disinggung bahwa penelitian mendapati bahwa orang-orang sehat mengalami peningkatan aktivitas sel imun setelah setiap hari mengonsumsi 330 ml Noni juice. Ukuran 300 ml kurang-lebih sama dengan 3/4 gelas beling besar, karena gelas beling besar berukuran 400 ml.

Namun sebenarnya bagi orang yang kondisinya dalam keadaan sehat atau tidak mengalami penyakit apapun, takaran konsumsi yang dianjurkan tidak sampai sebanyak itu. Sebab tujuan konsumsinya hanya untuk menjaga kekebalan (imunitas) tubuh sehingga punya daya tahan yang baik terhadap serangan penyakit.

Berdasarkan keterangan dari buku “Sehat dengan Mengkudu” oleh Maria Goreti Waha, berikut takaran yang dianjurkan untuk mengonsumsi Noni juice.

Usia di atas 16 tahun:

  • Untuk 1 bulan pertama, 25 ml diminum dua kali sehari: sebelum sarapan dan setelah makan malam.
  • Untuk seterusnya, 25 ml diminum dua kali sehari: sebelum sarapan dan setelah makan malam.

Usia di bawah 16 tahun:

  • Untuk 1 bulan pertama, 25 ml diminum dua kali sehari: sebelum sarapan dan setelah makan malam.
  • Untuk seterusnya, 25 ml diminum sekali sehari: sebelum sarapan.

Bagaimana dengan takaran minum suplemen Noni juice untuk meningkatkan imunitas tubuh bagi penderita penyakit kronis? Misalnya penderita alergi kronis, artritis (radang sendi), bronkitis, lupus, asma, fibromialgia, dan penyakit-penyakit degeneratif seperti kolesterol tinggi, darah tinggi, gangguan jantung, atau stroke? Berikut takaran yang dianjurkan.

  • 25 ml diminum tiga kali sehari: pagi (setelah bangun tidur), sore, dan malam (sebelum tidur).

Selain itu ada juga takaran Noni juice yang dianjurkan bagi penderita penyakit serius, misalnya penderita kanker, penyakit-penyakit yang meradang, dan AIDS yang menyebabkan kekebalan tubuh jauh menurun. Berikut takaran yang disarankan.

  • 25 ml diminum empat kali sehari: pagi (setelah bangun tidur), siang (sebelum makan siang), sore, dan malam (sebelum tidur).

Jangka Waktu Reaksi Setelah Mengonsumsi Noni Juice

Berapa lama manfaatnya dapat dirasakan setelah mengonsumsi Noni juice? Sebagian besar itu tergantung pada kondisi kesehatan Anda. Setiap orang punya mekanisme metabolisme tubuh yang berbeda-beda.

Beberapa orang mungkin sudah bisa merasakan manfaatnya hanya dalam beberapa hari, sedangkan yang lain mungkin butuh waktu sedikit lebih lama untuk merasakan perubahan yang nyata.

Dari pengalaman para pengguna sari buah Noni atau Noni juice, terlihat bahwa sebanyak kira-kira 25% pengguna merasakan perubahan yang nyata setelah mengonsumsinya kurang-lebih 3 minggu, 50% pengguna dalam waktu 3 – 8 minggu, dan 25% pengguna baru merasakannya dalam waktu 8 – 12 minggu.

Biasanya perubahan positif yang langsung dapat dirasakan yaitu badan yang terasa lebih segar, tidur malam jadi lebih nyenyak, pencernaan lancar, merasa lebih bertenaga, serta lebih bersemangat untuk bekerja atau beraktivitas.

Tidak soal apakah Anda bisa langsung merasakan perubahan-perubahan potisif di atas atau butuh waktu lebih lama, yang jelas suplemen Noni juice akan meningkatkan imunitas tubuh Anda jika dikonsumsi secara teratur.

Bisakah Membuat Sendiri Ramuan Herbal Noni Juice?

Bagi Anda yang ingin bereksperimen membuat sendiri ramuan herbal Noni juice untuk memperkuat kekebalan tubuh, kami sudah menyediakan resepnya. Anda bisa membaca resep minuman sari buah Noni untuk meningkatkan kekebalan atau daya tahan tubuh di artikel ini: Lawan Corona: Perkuat Imunitas Tubuh Anda dengan Resep Sari Buah Mengkudu Ini!

Namun perlu diingat bahwa membuat sendiri ramuan herbal Noni juice cukup merepotkan dan memakan waktu lama. Anda perlu memperhatikan kebersihan saat mempersiapkan peralatannya dan saat menangani buah Noni. Anda juga harus menunggu kurang-lebih 2 bulan untuk buah Noni berfermentasi sendiri.

Oleh sebab itu tak banyak orang yang mau dengan sabar membuat sendiri ramuan herbal Noni juice untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Apalagi kini produk Noni juice yang sudah siap minum tersedia di banyak apotik di Indonesia. Ada juga toko atau supermarket yang menjual produk Noni juice.

Bahkan Noni juice bisa dibeli secara online. Hal ini tentunya memudahkan dan merupakan pilihan yang aman selama adanya bahaya penyebaran virus corona. Sebab Anda tidak perlu keluar rumah dan tidak perlu berada di kerumunan orang; Anda hanya tinggal menunggu di rumah sampai paketnya datang.

Namun kami menyarankan agar Anda membeli produk Noni juice yang murni (100%) dibuat dari sari buah Noni, tidak ditambahkan bahan apapun. Karena jika kandungannya murni, itu berarti Anda akan mendapatkan manfaat yang sepenuhnya dari buah Noni untuk memperkuat kekebalan tubuh.

Hidup Sehat dengan Daya Tahan Tubuh yang Kuat (Credit Photo: Freebird7977 / depositphotos)

Kesimpulan tentang Suplemen Noni Juice untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Bagaimana Noni juice meningkatkan sistem imun tubuh? Noni juice memiliki kandungan-kandungan yang berperan sebagai antioksidan, seperti vitamin C dan beta-karoten. Kandungan antioksidan tersebut melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan toksin (racun) dari lingkungan.

Bagaimana cara kerja Noni juice dalam meningkatkan kekebalan? Penelitian menunjukkan bahwa Noni memodulasi sistem kekebalan tubuh melalui pengaktifan reseptor CB2, dan menekan produksi IL-4, tetapi menaikkan produksi sitokin IFNγ. Cara kerja ini juga bermanfaat dalam kondisi dimana respons kekebalan tubuh sedang tidak memadai atau sedang menurun.

Bagaimana cara konsumsi Noni juice? Bagi orang-orang yang dalam kondisi sehat, takaran yang dianjurkan yaitu 25 ml diminum dua kali sehari, sebelum sarapan dan setelah makan malam. Namun konsumsi Noni dapat ditingkatkan sesuai kebutuhan. Misalnya sebuah penelitian menjelaskan bahwa konsumsi Noni juice 330 ml setiap hari selama 8 minggu dapat meningkatkan aktivitas sel-sel imun.

Bisakah membuat sendiri ramuan herbal Noni juice? Anda bisa membuat sendiri ramuan herbal sari buah Noni untuk meningkatkan kekebalan atau daya tahan tubuh. Namun cara pembuatannya merepotkan dan waktu pembuatannya kurang-lebih 2 bulan.

Demikianlah artikel ini yang mengulas tentang manfaat minuman herbal Noni juice untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Semoga informasi ini dapat berguna khususnya bagi Anda yang sedang mencari suplemen untuk meningkatkan imunitas tubuh guna menangkal gempuran virus corona.

Sumber

Sumber Referensi:

Palu, Afa K, dkk. (2007). The effects of Morinda citrifolia L. (noni) on the immune system: Its molecular mechanisms of action. Journal of Ethnopharmacology. 115(3): 502-6. DOI: 10.1016/j.jep.2007.10.023

West, Brett. J, dkk. (2018). The Potential Health Benefits of Noni Juice: A Review of Human Intervention Studies. Foods. 7(4):58. DOI: 10.3390/foods7040058

Healthline. What Is Noni Juice? Everything You Need to Know. Published: 2019-03-24. URL: https://www.healthline.com/nutrition/noni-juice. Accessed: 2020-03-16

Waha, Maria G. (2001). Sehat dengan Mengkudu. Jakarta: MSF Group