Pengobatan Alternatif Adenoid Tanpa atau Selain Operasi

492
Pengobatan Alternatif Adenoid Tanpa atau Selain Operasi
Sumber Gambar: Shutterstock

Diedit:

Noni Juice dan Sarang Semut – Keduanya berpotensi sebagai herbal pengobatan adenoid. Noni Juice dan gangguan adenoid, bagaimana kaitannya? Noni Juice sendiri merupakan herbal multifungsi. Lalu, bagaimana kaitan Sarang Semut dan gangguan adenoid? Sedangkan, Sarang Semut lebih dikenal sebagai herbal kanker. Dapatkah kedua herbal ini digunakan untuk pengobatan alternatif gangguan adenoid? Pengobatan alternatif adenoid tanpa atau selain operasi, mungkinkah dilakukan?

Dalam artikel ini Anda akan memperoleh informasi mengenai fungsi Noni Juice dan Sarang Semut secara umum. Serta kaitannya dalam mengatasi gangguan adenoid. Namun, sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa pengobatan alternatif gangguan adenoid – bukanlah pilihan utama dalam mengatasi penyakit. Riset ini berdasarkan literature kesehatan yang tersedia. Juga, bukanlah sarana pengganti konsultasi dokter yang ahli di bidang kesehatan.

Pengobatan Alternatif Adenoid Tanpa atau Selain Operasi?

Adenoid merupakan jaringan lunak yang terletak dibelakang rongga hidung. Keberadaan jaringan lunak ini adalah suatu hal yang wajar dan hanya terdapat pada masa anak-anak. Normalnya kelenjar adenoid akan menghilang dengan sendirinya setelah anak tumbuh menjadi orang dewasa. Namun, adakalanya adenoid mengalami infeksi – Hal ini bisa disebabkan oleh serangan bakteri atau virus.

Keberadaan infeksi bakteri atau virus pada jaringan adenoid dapat menimbulkan terjadinya peradangan adenoid atau pembesaran adenoid. Secara medis, pengobatan gangguan adenoid hendaknya dilakukan dengan pemberian antibiotik atau antivirus.

Jika gangguan ini tak kunjung membaik, dokter bisa jadi menyarankan Anda untuk melakukan pembedahan adenoid. Namun, mungkinkah melakukan pengobatan alternatif adenoid tanpa atau selain operasi?

Konsumsi Herbal Sebagai Pengobatan Alternatif Gangguan Adenoid — Mungkinkah?

Mungkin ada yang berpikir untuk memilih pengobatan alternatif gangguan adenoid dengan mengonsumsi herbal. Mungkinkah hal ini dilakukan? Sama seperti pengobatan ini dengan bantuan obat medis. Anda perlu memastikan bahwa herbal pengobatan adenoid yang dikonsumsi memang memiliki fungsi yang sama seperti obat medis.

Misalnya; gangguan adenoid membutuhkan obat medis yang berfungsi sebagai antibakteri dan antivirus. Karena penyebab gangguan adenoid ialah keberadaan bakteri atau virus. Maka hal ini harus diatasi dengan herbal yang memiliki kandungan antibakteri ataupun antivirus, sebagai pengganti obat medis tersebut.

Baca juga:  Adenoid: Lindungi Tubuh dari Mikroorganisme Asing

Lalu, apakah keberadaan kandungan antibakteri ataupun antivirus sudah cukup dalam menghilangkan penyebab gangguan adenoid ini? Sama seperti obat medis, terkadang bakteri atau virus tidak sirna dengan mudahnya.

Pada tahap ini baik obat medis maupun herbal pengobatan adenoid tak lagi dapat membantu penggunanya. Maka pembedahan adenoid merupakan metode terakhir yang dapat menjadi pilihan Anda. Lalu, untuk apa Anda mengonsumsi obat medis atau obat herbal – Jika pada akhirnya harus menjalani pembedahan adenoid?

Baik obat medis ataupun herbal merupakan langkah awal yang bisa dilakukan saat kondisi infeksi tidak begitu parah. Misalnya; kondisi infeksi adenoid tidak mengancam nyawa ataupun menimbulkan komplikasi serangan infeksi pada organ lainnya.

Namun pada kasus yang lebih serius, dibutuhkan pembedahan adenoid untuk dapat memulihkan kondisi penderitanya. Sebelum memilih jenis pengobatan mana yang hendak Anda pilih dalam mengatasi gangguan adenoid. Pengobatan alternatif adenoid tanpa atau selain operasi, bagaimana melakukannya?

Morinda Citrifolia

Dalam sebuah jurnal terbuka Molecules menyebutkan bahwa Morinda Citrifolia atau buah Noni dapat menangani infeksi bakteri dan virus. Hal ini didukung oleh riset ilmiah oleh Burns School of Medicine – University of Hawaii.

Dalam riset itu dikemukakan bahwa Noni Juice mengandung senyawa polisakarida yang mampu meningkatkan kemampuan tubuh untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Bagaimana dengan Noni Juice dan gangguan adenoid?

Riset yang sama juga menjelaskan adanya stimulasi Nitrat Oksida pada orang yang mengonsumsi Noni Juice. Nitrat Oksida memiliki kemampuan dalam mengaktifkan sel makrofagus guna memberantas keberadaan bakteri atau virus yang mengancam tubuh. Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Neil Salomon, MD.PhD dengan 1.227 ahli kesehatan memperlihatkan fakta yang menarik.

Pada penelitian yang melibatkan 3.707 orang dengan gangguan sistem imun, ternyata membuahkan hasil yang menarik. Ada sekitar 77% penderita gangguan sistem imun yang merasakan manfaat peningkatan kesehatan.

Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh memiliki peranan penting dalam melawan serangan bakteri dan virus. Data tersebut diperoleh berdasarkan keterangan dari buku “NONI JUICE How Much, How Often, For What”.

Myrmecodia Pendans

Sebuah riset sehubungan dengan salah satu jenis tanaman Myrmecodia menyebutkan keberadaan flavonoid yang memiliki fungsi sebagai antibakteri. Myrmecodia merupakan nama latin bagi tanaman Sarang Semut. Lalu apa kaitan sarang semut dan gangguan adenoid?

Baca juga:  Adenoidektomi: Tindakan Operasi Pembedahan Adenoid

Sebelum melalui uji coba in vivo, maka perlu diadakan uji coba in vitro untuk melihat keefektifan kandungan herbal dalam mengatasi penyakit tertentu. Rupanya keberadaan flavonoid juga mampu mengaktifkan sel makrofagus guna memberantas keberadaan bakteri atau virus penyebab infeksi.

Selain itu, kandungan flavonoid dalam Sarang Semut memiliki fungsi sebagai anti peradangan. Peradangan sering terjadi karena adanya infeksi bakteri atau virus. Memang khasiat utama dari herbal ini ialah membantu pemulihan terhadap serangan kanker dan menghambat proses penyebaran kanker. Mengingat kandungan lain dalam sarang semut dapat berfungsi sebagai antioksidan alami yang menangkal keberadaan radikal bebas.

Berdasarkan kandungan potensi dari kedua herbal pengobatan adenoid ini, tampaknya memiliki potensi untuk membantu penderita gangguan adenoid dari serangan infeksi bakteri atau virus. Namun keefektifannya dalam pengobatan gangguan adenoid masih perlu diselidiki lebih dalam lagi. Ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan medis terlebih dahulu dan berkonsultasi dengan tenaga medis profesional atau dokter.

Jadi, pengobatan alternatif adenoid tanpa atau selain operasi mungkinkah dilakukan? Sudahkah Anda melihat potensi Noni Juice dan gangguan adenoid. Maupun potensi Sarang Semut dan gangguan adenoid. Terutama dalam membantu pemulihan dari serangan infeksi bakteri atau virus? Nantikan informasi seputar penyakit dan pengobatan alternatif yang tersedia – hanya di deherba.


West BJ, Deng S, Isami F, Uwaya A, Jensen CJ. The Potential Health Benefits of Noni Juice: A Review of Human Intervention Studies. Foods. 2018;7(4):58. Published 2018 Apr 11. doi:10.3390/foods7040058. URL: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5920423/.

Sumardi, Hertiani T, Sasmito E. Ant Plant (Myrmecodia tuberosa) Hypocotyl Extract Modulates TCD4+ and TCD8+ Cell Profile of Doxorubicin-Induced Immune-Suppressed Sprague Dawley Rats In Vivo. Sci Pharm. 2013;81(4):1057–1069. Published 2013 Jun 21. doi:10.3797/scipharm.1302-03. URL: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3867240/.


Advertisement
Alinesia