Blog Herbal No. 1 Indonesia

Apa Saja Obat Sembelit untuk Ibu Hamil yang Aman?


By Cindy Wijaya

Sembelit umum dialami oleh ibu hamil. Meningkatnya hormon progesteron selama kehamilan menyebabkan relaksasi otot-otot tubuh Anda, termasuk otot usus. Sehingga usus bergerak lebih lambat dan membuat pencernaan juga lebih lambat. Ini bisa menyebabkan sembelit.

Kabar baiknya, terdapat banyak cara untuk mengatasi sembelit pada ibu hamil. Dalam artikel ini akan dikupas dua cara, yaitu menggunakan cara-cara alami obat susah BAB untuk ibu hamil dan menggunakan obat-obatan pencahar.

Obat Sembelit untuk Ibu Hamil secara Alami

Masalah susah buang air besar dapat dengan baik diatasi dengan perubahan pola makan dan gaya hidup yang sederhana, serta obat sembelit untuk ibu hamil secara alami. Berikut adalah beberapa pilihan yang dapat dipertimbangkan.

Minum air

Air adalah obat sembelit untuk ibu hamil secara alami. Dianjurkan untuk minum kira-kira 10 gelas per hari. Ini membantu Anda untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh Anda. Air akan membantu melunakkan feses yang keras untuk memastikan makanan bergerak dengan lancar melalui sistem pencernaan.

Asupan berserat tinggi

Asupan berserat tinggi merupakan salah satu pilihan terbaik obat sembeli untuk ibu hamil secara alami. Selain itu juga membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan antioksidan ibu hamil. Ibu hamil disarankan mengonsumsi 25 – 30 gram serat makanan setiap hari agar tetap sehat dan BAB teratur. Pilihan asupan berserat tinggi yang baik antara lain buah-buahan segar, sayuran, kacang-kacangan, kacang polong, serealia utuh, dan roti gandum.

Biji rami (flaxseed)

Biji rami (flaxseed) adalah pilihan lain obat sembelit untuk ibu hamil secara alami. Biji rami penuh dengan serat makanan yang menambahkan asupan serat yang sangat Anda butuhkan dan juga mengandung omega-3. Anda harus membarengi konsumsinya dengan minum air sekitar 10 gelas sehari. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan minyak biji rami (flaxseed oil).

Lemon

Lemon sangat bagus untuk pencernaan, dan membantu membuang racun dan makanan lainnya yang tidak tercerna. Meminum air hangat yang dicampur air perasan lemon akan merangsang indra penciuman dan perasa Anda, serta memicu kontraksi usus yang membantu mengeluarkan kotoran (feses).

Probiotik

Jutaan bakteri sehat hidup di usus dan membantunya untuk berfungsi dengan benar. Probiotik dapat membantu mengisi kembali bakteri usus sehat tersebut yang mendorong proses buang air besar yang normal dan teratur. Makanan tinggi probiotik yang dapat menjadi obat susah BAB untuk ibu hamil antara lain yogurt, miso dan tempe, kimchi, dan susu fermentasi.

Olahraga teratur

Upayakan untuk berolahraga ringan hingga sedang selama 20 – 30 menit, tiga kali seminggu. Memang, kehamilan bisa membuat area panggul dan persendian Anda tegang sehingga sulit untuk berolahraga. Tetapi kebanyakan duduk tidak baik untuk usus Anda jika sedang sembelit. Cobalah olahraga jalan kaki atau berenang. Atau berkonsultasilah dengan dokter tentang olahraga yang nyaman untuk ibu hamil yang dapat merangsang otot-otot di usus Anda.

Pilihan Pencahar Obat Sembelit untuk Ibu Hamil

Apabila obat susah BAB untuk ibu hamil di atas tidak mampu mengatasi masalah sembelit Anda, mungkin ada baiknya untuk konsultasi ke dokter.

Perawatan medis utama untuk sembelit pada ibu hamil adalah obat yang disebut pencahar (laksatif), yang membuat lebih mudah dan lebih nyaman untuk buang air besar.

Umumnya ibu hamil aman untuk menggunakan obat pencahar yang ringan, tetapi yang terbaik adalah menghindari jenis obat pencahar stimulan karena dapat menyebabkan kontraksi rahim.

Walaupun ada banyak obat pencahar yang bisa dibeli tanpa resep dokter, penting untuk berkonsultasi dulu ke dokter agar tahu obat mana yang aman untuk digunakan.

Pada umumnya obat pencahar berikut ini aman digunakan sebagai obat sembelit untuk ibu hamil:

Obat pencahar bulk-forming (pembentuk massal):

Obat jenis bulk-forming (pembentuk massal) meniru cara kerja serat dengan menambahkan bahan ke feses dan membantunya menyerap lebih banyak air. Dengan begitu, obat ini membuat feses lebih besar, lebih lembut, dan lebih mudah untuk dikeluarkan.

Jenis pencahar ini dapat menyeabbkan kram atau ketidaknyamanan, jadi Anda sebaiknya mulai menggunakannya dalam dosis terendah dulu dan memastikan untuk minum banyak air.

Contoh obat bulk-forming antara lain psyllium, methylcellulose, dan polycarbophil.

Obat pelunak feses (stool softener)

Obat pencahar jenis pelunak feses akan menambahkan cairan ke feses untuk membantu membuatnya lebih lunak dan lebih nyaman untuk dikeluarkan.

Pelunak feses yang paling sering direkomendasikan dokter sebagai obat sembelit untuk ibu hamil adalah docusate.

Obat pencahar pelumas (lubricant)

Obat pencahar jenis pelumas akan menambahkan lapisan licin ke feses atau bagian dalam saluran usus untuk membantu keluarnya feses dari tubuh.

Salah satu jenis obat pencahar pelumas adalah gliserol supositoria. Penting untuk selalu berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum menggunakan supositoria, terutama saat sedang hamil.

Obat pencahar osmotik

Jenis obat pencahar ini bekerja dengan menarik lebih banyak cairan ke dalam usus sehingga membantu melunakkan feses. Obat ini juga memungkinkan usus berkontraksi lebih banyak untuk menggerakkan feses keluar. Namun obat pencahar osmotik juga bisa menyebabkan kram dan kembung di perut.

Contoh pencahar jenis osmotik termasuk polyethylene glycol (macrogol) dan magnesium hidroksida.

Kapan Ibu Hamil Harus Periksa ke Dokter?

Sangat penting bagi ibu hamil untuk berkonsultasi ke dokter sebelum mencoba obat sembelit apapun, termasuk obat pencahar atau obat lainnya.

Selain itu Anda juga disarankan untuk periksa ke dokter bila mengalami keluhan-keluhan lain di samping susah BAB, misalnya:

  • Mual
  • Sakit perut
  • Muntah
  • Sembelit lebih dari 1 – 2 minggu
  • Pendarahan dari dubur
  • Sembelit tidak membaik meski sudah menggunakan obat pencahar

Beritahukanlah dengan terus terang gejala atau masalah yang Anda alami kepada dokter, agar dokter dapat memberi saran yang tepat sesuai kondisi Anda.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang pilihan obat sembelit untuk ibu hamil secara alami dan pilihan obat pencahar untuk ibu hamil. Semoga informasi ini dapat membantu mengatasi keluhan Anda. Temukan juga informasi-informasi lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Medical News Today. Constipation and pregnancy: What to know. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324379

Parenting.FirstCry.com. 10 Best Home Remedies for Constipation During Pregnancy. https://parenting.firstcry.com/articles/10-best-home-remedies-for-constipation-during-pregnancy/

Healthline. 5 Safe Remedies for Constipation in Pregnancy. https://www.healthline.com/health/pregnancy/constipation-remedies

Mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review ★★★★★

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}