6 Obat Sembelit Alami untuk Melancarkan BAB


By Cindy Wijaya

Banyak orang mengira bahwa mereka mengalami sembelit kalau tidak buang air besar (BAB) setiap hari. Tapi sebenarnya seberapa sering seseorang BAB sangat bervariasi dari orang ke orang. Namun jika BAB keras dan kering atau BAB kurang dari 3 kali seminggu, maka itu sudah dapat termasuk sembelit. Jika Anda mengalaminya, tenang saja, ada macam-macam pilihan obat sembelit alami untuk mengatasinya.

Mengapa menggunakan cara mengatasi sembelit secara alami? Sebab cara alami dianggap lebih dapat ditoleransi oleh tubuh dan minim efek samping. Dan sembelit yang tidak parah memang dapat diatasi dengan baik menggunakan cara alami.

Beberapa orang mengalami sembelit jangka pendek akibat perubahan pada pola makan, perjalanan, stres, atau efek operasi. Sedangkan beberapa orang mengalami sembelit jangka panjang yang bertahan beberapa minggu atau lebih lama.

Meski dapat dialami siapa pun, namun tampaknya sembeli lebih sering dialami oleh wanita dan orang di atas usia 65 tahun. Ini juga cenderung terjadi selama kehamilan atau setelah melahirkan, dan bisa menjadi akibat dari masalah kesehatan yang mendasarinya atau efek samping obat-obatan.

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa ada pilihan makanan dan obat sembelit alami yang dapat dicoba.

Makanan Tinggi Serat

Pola makan yang sedikit mengandung serat dapat memicu terjadinya sembelit. Ada dua jenis serat: serat larut dan serat tidak larut.

Serat tidak larut, yang hampir tidak berubah saat memasuki dan melewati bagian-bagian tubuh, membuat feses menjadi banyak dan teksturnya lembut, sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.

Makanan yang tinggi serat tidak larut antara lain biji-bijian, buah-buahan, dan sayur-sayuran. Selain itu juga termasuk serealia utuh seperti berat merah dan roti gandum.

Sedangkan jenis serat larut, sesuai namanya, larut dalam air dan membentuk zat seperti gel di usus. Contoh makanan tinggi serat larut ialah kacang hitam, kacang merah, wortel, brokoli, ubi, oat, apel, dan biji rami (flaxseed).

Olahraga

Olahraga penting untuk saluran pencernaan, karena dapat merangsang kontraksi pada otot-otot usus sehingga mempercepat buang air besar.

Rutin olahraga yang baik, mungkin dengan berjalan kaki, bersepeda, atau berenang setiap hari, dapat membantu sistem pencernaan. Olahraga juga membantu Anda untuk mengendalikan stres, yang dapat melancarkan pencernaan Anda.

Asupan Cairan yang Cukup

Pastikan Anda minum cukup cairan seperti air putih, karena beberapa orang terbantu sembelitnya dengan cara alami sederhana ini. Cairan membuat BAB lebih lembut dan lebih mudah dikeluarkan.

Kebanyakan orang sehat dapat memenuhi kebutuhan cairan mereka dengan minum air seperti biasa (misalnya minum setelah makan) dan minum air saat timbul rasa haus. Jika kebutuhan cairan sudah tercukupi, minum lebih banyak air mungkin tidak membantu meringankan sembeliut.

Kita tidak hanya mendapatkan cairan dari air. Kopi, teh, jus, buah-buahan, sayuran, cairan yang digunakan saat masak, dan makanan serta minuman lainnya juga termasuk dalam mencukupi kebutuhan cairan harian Anda.

Probiotik

Probiotik, seperti Saccharomyces boulardii, Bifidobacterium longum, Lactobacillus rhamnosus, dan Lactobacillus acidophilus, adalah organisme mikroba hidup yang secara alami ada di saluran pencernaan.

Beberapa cara mereka dapat menjadi obat sembelit alami antara lain dengan menekan pertumbuhan dari bakteri berbahaya, memperbaiki fungsi imun, meningkatkan lapisan pelindung pada saluran pencernaan, dan membantu memproduksi vitamin K.

Bukti awal menunjukkan bahwa suplemen probiotik dapat menjadi cara mengatasi sembeli secara alami.

Sebuah penelitian mengamati efek dari minuman probiotik yang mengandung strain bakteri menguntungkan (Lactobacillus casei Shirota) dan efek plasebo pada para penderita sembelit kronis. Minuman probiotik menghasilkan perbaikan yang signifikan pada tingkat keparahan sembeli dan konsistensi feses.

Penelitian lain meneliti efektivitas strain probiotik lain pada penderita sembelit anak-anak, dan tidak menemukan adanya efek,

Delapan puluh empat anak antara 2 – 16 tahun penderita sembelit mengonsumsi lactulose (pencahar) ditambah suplemen probiotik yang mengandung lactobacillus GG atau lactulose saja. Setelah 12 – 24 minggu, lactobacillus tidak lebih efektif daripada lactulose saja dalam mengobati sembelit.

Obat Pencahar Stimulan

Banyak obat sembelit alami yang berfungsi sebagai obat pencahar stimulan atau pencahar antrakuinon. Mereka termasuk herbal seperti:

  • Aloe
  • Senna
  • Teh Senna
  • Cascara sagrada
  • Rhubarb

Beberapa herbal ini, seperti senna, telah disetujui sebagai obat sembelit alami. Meskipun mereka dimaksudkan untuk pengobatan jangka pendek, namun orang mungkin menjadi ketergantungan pada mereka dan mengonsumsinya hingga berminggu-minggu, berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun agar dapat BAB secara teratur.

Disarankan untuk konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi herbal sebagai cara mengatasi sembelit secara alami. Dan sebaiknya tidak dikonsumsi lebih dari seminggu kecuali di bawah pengawasan dokter.

Penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan usus kehilangan kemampuan alaminya untuk bergerak sendiri, dan telah dikaitkan dengan gejala diare kronis, toksisitashati, penipisan kalium yang menyebabkan kelemahan otot, gangguan fungsi jantung, dan gangguan ginjal atau hati.

Akupresur

Akupresur adalah praktik pengobatan tradisional yang melibatkan penerapan tekanan jari ke titik-titik akupuntur tertentu pada tubuh.

Titik yang sering direkomendasikan oleh ahli akupuntur untuk mengobati sembelit ialah “Uss Besar 4”. Walaupun belum diteliti kegunaannya untuk sembeli, namun akupresur adalah obat sembelit alami yang sederhana dan dapat berhasil bagi sebagian orang.

Titik tersebut berada pada titik tertinggi otot antara ibu jari dan jari telunjuk ketika mereka didekatkan. Pengingat: Menekan titik ini harus dihindari selama kehamilan.

Dengan ibu jari atau jari tengah pada sudut 90 derajat ke kulit, berikan tekanan yang meningkat secara bertahap. Tahan selama 3 menit. Tekanan seharusnya tidak terasa menyakitkan atau tidak nyaman.

Kesimpulan tentang Obat Sembelit Alami

Apabila Anda merasa ingin buang air besar, jangan pernah menahan-nahan keinginan itu. Semakin lama Anda menunda ketika keinginan untuk buang air besar muncul, maka semakin banyak air yang diserap dari feses dan akan semakit sulit untuk buang air besar.

Ada banyak cara mengatasi sembelit secara alami yang diyakini dapat efektif, tetapi disarankan agar Anda berkonsultasi dulu dengan dokter atau ahli kesehatan sebelum menggunakan obat, suplemen, herbal, atau terapi apapun untuk memastikan bahwa itu tepat bagi Anda.

Demikianlah artikel ini yang mengupas tentang obat sembelit alami. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar kesehatan dan pemanfaatan bahan alami hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

Verywell Health. Natural Constipation Remedies. URL: https://www.verywellhealth.com/constipation-remedies-89088

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>