Ini Dia 9 Cara Ajaib Atasi Sembelit Ala Rumahan!


By Cindy Wijaya

Sembelit sebenarnya bukan kondisi yang patut Anda abaikan. Kebanyakan orang memang mengabaikan kondisi mereka sekalipun mereka sudah tidak Buang Air Besar sampai lebih dari 3 hari. Anda harus segera atasi sembelit secepat Anda bisa, karena bagaimanapun kotoran yang terhimpun dalam usus besar Anda harus segera Anda keluarkan dari tubuh Anda.

Bila feses tak segera Anda keluarkan dari usus besar Anda, sejumlah resiko kesehatan bisa muncul dan sebagian bisa menjadi sangat berbahaya. Sejumlah feses bisa mengeras dan membentuk gumpalan feses keras yang akan sangat mengganggu sistem mekanis dalam perut Anda, termasuk menjadi sumbatan pada area usus besar Anda.

Selain itu, feses pada dasarnya adalah kumpulan sisa makanan membusuk, kotoran dan sejumlah toksin dan sisa residu. Bila Anda biarkan feses terhimpun dalam usus besar, kotoran membusuk ini bisa mengkontaminasi area usus besar dan membentuk ekosistem tidak sehat dengan ketidak seimbangan bakteri dalam usus besar. Selain itu, toksin yang terhimpun dalam feses juga bisa terserap balik ke dalam tubuh dan mengkontaminasi tubuh Anda.

Sejumlah kondisi seperti pembengkakan dinding usus besar, wasir, hingga kasus lebih serius seperti pembentukan kista, miom dan tumor dari yang jinak sampai yang ganas bisa terbentuk akibat seringnya kolon atau usus besar terendam dalam toksin berkonsentrasi tinggi yang berasal dari endapan feses.

Kabar baiknya, sebenarnya kasus konstipasi atau sembelit bukan jenis penyakit yang harus Anda atasi mutlak dengan cara medis. Anda masih mungkin untuk menanggulangi keluhan ini dengan cara rumahan yang sederhana, cukup dengan mengandalkan sejumlah herbal dan makanan yang mudah Anda jumpai di sekitar Anda.

Untuk atasi sembelit yang baru terjadi dalam kisaran antara 2 – 5 hari, terapi dengan herbal rumahan sudah cukup ampuh membantu Anda. Apa saja asupan yang bisa Anda konsumsi untuk atasi sembelit dengan cara rumahan? Berikut beberapa pilihan yang bisa Anda tempuh berdasarkan laman everydayroots.com.

  • Minyak zaitun

    Konsistensi dari minyak zaitun yang kaya akan kandungan lemak tak jenuh ternyata bukan hanya baik untuk diet Anda, tetapi juga baik untuk membantu Anda melancarkan pencernaan. Konsumsi minyak zaitun setiap hari sebanyak 1 sendok makan secara rutin setiap hari sebelum perut Anda terisi di pagi hari. Cara ini akan memberi Anda manfaat BAB rutin setiap hari.

    Anda bisa tambahkan sekitar ½ sendok teh air perasan jeruk lemon untuk menguatkan daya kerja bila Anda sedang berhadapan dengan kasus sembelit. Jeruk lemon mengandung sejumlah kandungan fiber dan kadar asam yang melipatgandakan manfaat minyak zaitun.

  • Air perasan jeruk lemon

    Dalam laman livestrong telah diungkap bagaimana air perasan lemon memang sangat ampuh membantu memecah lapisan lemak yang menghimpun di area perut Anda. Lemak ini akan turut terbuang dalam feses dan membuat feses menjadi lebih berlemak. Kadar minyak tinggi daam feses akan mendorongfeses menjadi lebih mudah keluar dan licin. Anda akan mendapatkan manfaat ganda dengan mengonsumsi sekitar 2 sendok makan air perasan jeruk lemon dan 100 cc air mineral dalam suhu hangat. Karena Anda akan dengan efektif mengatasi sembelit sembari mengatasi perut buncit Anda.

  • Kopi

    Anda gemar mengonsumsi kopi di pagi hari. Sebenarnya asupan kopi di pagi hari sangat bermanfaat untuk keluhan sembelit. Namun bila kebanyakan dari Anda mengeluh akan tidak adanya efek dari kopi terhadap perut Anda, bisa jadi Anda hanya salah memilih jenis kopi untuk memulai pagi.

    Beberapa pakar mengatakan kopi terbaik yang cocok untuk atasi sembelit adalah kopi hitam tubruk. Jenis ini kaya akan serat dan mengandung quinic acid dan malic acid yang memberi manfaat terhadap sistem pencernaan. Sifatnya akan mendorong air masuk ke dalam feses sekaligus memberi efek kontraksi pada dinding usus sehingga mendorong feses lebih mudah untuk keluar.

  • Lidah buaya

    Lidah buaya juga dikenal akan kandungan seratnya yang tinggi. Sifatnya yang berlendir juga diyakini memberi manfaat untuk membantu melicinkan feses. Mengonsumsi lidah buaya secara rutin akan mendorong feses menjadi lebih lunak dan berlendir sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.

  • Pepaya

    Siapa yang menyangkal kekuatan buah satu ini untuk membantu mendorong feses dan efektif atasi sembelit. Kandungan enzim khas bernama papain yang terkandung di dalamnya terbukti memberi manfaat besar untuk feses.

    Sifat enzim ini membantu melunakan feses, memberi manfaat efektif dalam proses pembusukan dan menstimulasi saraf pada area kolon untuk lebih mudah mengeluarkan feses. Bisa dikatakan buah yang satu ini termasuk yang sangat efektif atasi kasus sembelit dan membantu Anda rutin BAB dengan mudah dan murah.

  • Baking soda

    Meski sejumlah pakar melihat baking soda untuk dikonsumsi sebagai pro kontra, namun terbukti bahwa baking soda akan sangat efektif membantu mempercepat atasi sembelit dengan mudah.

    Anda bisa manfaatkan baking soda dengan mencampur 1 sendok teh baking soda dalam ¼ cup air hangat. Minum air larutan ini segera untuk mendapatkan manfaatnya dengan cepat. Kandungan alkalin di dalam larutan ini efektif mengatasi keluhan asam berlebihan pada sistem pencernaan yang memberi efek negatif terhadap keluarnya feses.

    Baking soda juga efektif mendorong feses menjadi lebih lunak, mendorong kontraksi dinding usus besar dan membantu memecah sejumlah lemak di kawasan perut dan menariknya ke dalam feses hingga feses lebih licin.

  • Yoghurt dan tape

    Segala jenis makanan dengan fermentasi yang menciptakan efek rasa asam biasanya juga akan bekerja sama baiknya dalam atasi sembelit. Kadar asam di dalamnya membantu menstimulasi sejumlah lemak tubuh terlarut ke dalam feses dan membentuk efek licin pada feses. Asam juga mendorong air di sekitar kolon untuk terserap ke dalam feses dan melunakan feses.

    Asam juga memberi reaksi terhadap sistem enzim dalam usus dan mendorong usus berkontraksi lebih aktif hingga menstimulasi feses untuk terdorong keluar serta melahirkan keinginan untuk BAB.

  • Nanas

    Buah satu ini ternyata mengandung sejumlah enzim yang bekerja sebagai stimulan laksatif. Sehingga efektif mendorong air terserap oleh feses dan juga memberi efek stimulan pada jaringan usus besar hingga mendorong kontraksi.

  • Buah Noni

    Dalam Noni ditemukan senyawa soranjidiol yang baik untuk menarik banyak air menuju feses. Selain itu kadar asam maleat dalam noni yang disertai sejumlah kandungan fiber di dalamnya akan efektif membantu mendorong feses lebih mudah keluar. Noni juga efektif memecah lemak sehingga akan membantu mempercepat melunaknya feses.

Rutin mengonsumsi perpaduan seimbang antara buah dan sayur, seimbangkan asupan protein serta karbohidrat dalam kadar yang tidak terlalu berlebihan akan membantu Anda mengendalikan kondisi pencernaan Anda dan atasi sembelit dengan efektif.

Lakukan langkah medis bila ternyata Anda tidak juga berhasil mengeluarkan feses Anda dalam tempo lebih dari 7 hari. Atasi sembelit segera dan secepat mungkin, karena kebiasaan sembelit akan menjadi bom waktu yang membahayakan kesehatan Anda.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}