Noni Juice: Obat Pengapuran Tulang Alami

277
Herbal Noni juice untuk obat pengapuran tulang yang alami & tradisional
Buah Noni, Bahan Baku Noni Juice (Credit: LIKIT SUPASAI / Shutterstock)

Diedit:

Diperkirakan 1 dari 3 orang lanjut usia di Indonesia menderita pengapuran pada setidaknya satu sendi. Tapi bahkan kita yang belum 40 tahun pun juga dapat mengalaminya, meski risikonya kecil. Jika mengalaminya, Anda mungkin ingin tahu apakah ada herbal tradisional yang bisa menjadi obat alami untuk pengapuran pada sendi-sendi tulang seperti di lutut, pinggul, dan lain sebagainya?

Apabila Anda sedang mencari herbal yang sudah teruji sebagai solusi alternatif untuk masalah pengapuran sendi tulang, Noni juice adalah pilihan yang masuk akal! Herbal asli Indonesia ini sudah teruji oleh waktu, terbukti secara empiris (berdasarkan pengalaman pengguna), dan telah didukung oleh penelitian ilmiah.

Pengapuran Beda dengan Pengeroposan Tulang


Sebelum mengulas tentang manfaat Noni untuk pengapuran sendi tulang, ada baiknya kita pahami dulu bahwa penyakit ini berbeda dengan penyakit pengeroposan tulang yang juga sering dialami lansia. Secara medis penyakit pengapuran sendi tulang disebut osteoarthritis, sedangkan pengeroposan tulang adalah osteoporosis.

Osteoarthritis adalah penyakit pada persendian yang menyebabkan bantalan sendi (kartilago) terus menipis dan akhirnya bisa habis. Sedangkan osteoporosis adalah penyakit pada tulang yang menyebabkan tulang keropos sehingga gampang retak atau patah.

Mereka yang Terbantu Pulih dari Osteoartritis

Banyak pengalaman positif yang dilaporkan oleh para pengguna herbal Noni. Pengalaman-pengalaman itu menjadi bukti empiris bahwa Noni memang punya kemampuan untuk dijadikan obat pengapuran sendi tulang tradisional. Berikut adalah beberapa pengalaman yang kami kumpulkan.

“Noni mengubah hidup saya. Setelah mendengar tentang Noni saat jalan-jalan ke Kauai (di Hawaii), saya mencoba produk olahan Noni. Sebelumnya saya sudah coba semua jenis obat resep untuk menghilangkan rasa sakit saya, tidak ada yang berhasil. Tapi Noni bisa melakukannya! Saya langsung merasakan efeknya dimana rasa sakit osteoartritis dan nyeri sendi saya berkurang secara signifikan. Pekerjaan-pekerjaan yang tadinya tidak mungkin saya lakukan sekarang menjadi mungkin lagi. Selain itu, Noni juga meningkatkan suasana hati sehingga saya merasa lebih nyaman.”*
– Oleh Mark. B disadur dari realnoni.com
“Saya sudah minum produk herbal Noni juice selama lebih dari 10 tahun. Dalam beberapa bulan pertama konsumsinya, itu sudah membantu penyakit osteoarthritis saya sampai saya tidak perlu lagi minum glukosamin. Saya yakin Noni sudah meningkatkan sistem kekebalan tubuh saya karena [sekarang] saya hampir tidak pernah sakit. Sudah bertahun-tahun saya tidak kena flu.”*
– Oleh user WebMD.com dengan username Catlady228
“Saya dinyatakan dokter mengalami pengapuran dini pada lutut kiri. Saya sudah mengurangi beban pada lutut, mengubah pola makan, dan melakukan latihan untuk memperkuat otot-otot di sekitar lutut. Memang agak membantu, tapi masih ada rasa nyeri yang menusuk. Karena mendengar manfaat herbal Noni untuk obat alami pengapuran di sendi lutut dan sendi-sendi lainnya, saya coba meminumnya bersama produk herbal lain yang juga bermanfaat. Hanya dalam 4 – 5 hari, rasa tidak nyaman di lutut saya jauh berkurang dan secara umum saya juga merasa lebih baik.”*
– Oleh Dr. Rich Snyder, DO disadur dari wholesomeone.com

*) Disclaimer: Hasil yang diperoleh bisa  berbeda-beda tergantung pada kondisi tubuh dari masing-masing orang.

Herbal Noni Juice Terbukti sebagai Obat Pengapuran Tulang Alami

Pada tahun 2011 Mian-Ying Wang dan rekan-rekannya mengadakan sebuah penelitian untuk menyelidiki kemampuan Noni juice untuk memperbaiki gejala-gejala dan kualitas hidup dari orang-orang dewasa penderita pengapuran tulang (osteoartritis). Penelitian ini juga untuk mencari tahu apakah herbal Noni aman dikonsumsi secara rutin sebagai obat pengapuran tulang.

Yang diikutsertakan dalam penelitian ini ialah orang-orang dewasa (pria maupun wanita) berusia 40 – 75 tahun, yang oleh dokter telah didiagnosis mengidap osteoarthritis pada sendi pinggul atau lutut mereka. Mereka juga tidak mengonsumsi obat resep apapun untuk pengapuran sendi lutut maupun pinggul mereka.

Baca juga:  6 Cara Alami sebagai Alternatif Obat Pengapuran Tulang dan Sendi
Herbal Noni juice, obat pengapuran sendi lutut yang alami
Ilustrasi Pengapuran Sendi Lutut (Credit: adiruch na chiangmai / Adobe Stock)

Dalam pengujian selama 12 minggu (3 bulan), mereka diminta untuk minum sebanyak 89 ml Noni juice setiap hari. Mereka juga diberikan 64 pertanyaan untuk mengetahui berbagai aspek kualitas hidup mereka pada sebelum dan sesudah pengujian selama 3 bulan itu.

Bagaimana hasilnya? Dari 64 pertanyaan itu, sebanyak 49 peserta (77%) diketahui memiliki perbedaan skala rata-rata sebelum dan sesudah yang diukur dengan uji independent t-test.

Mereka mengaku jauh lebih puas dengan berbagai aspek dari kondisi kesehatan mereka saat ini: termasuk dari aspek mobilitas (kesiapsiagaan untuk bergerak); kemampuan berjalan dan membungkukkan badan; fungsi tangan, jari, dan lengan; melakukan tugas-tugas rumah tangga; aktivitas sosial; nyeri artritis (nyeri sendi); kemampuan kerja; tingkat ketegangan; dan suasana hati.

Para peserta penelitian juga merasa lebih positif tentang kesehatan mereka di masa depan. Selain itu mereka mengatakan telah mengurangi konsumsi obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas.

Uji laboratorium yang dilakukan sebelum dan sesudah pengujian 3 bulan menunjukkan bahwa panel lipid, fungsi hati, dan fungsi ginjal mereka berada dalam kisaran normal. Uji hsCRP (High Sensitive C Reactive Protein), yang menjadi penanda adanya inflamasi/peradangan, juga memperlihatkan adanya pengurangan sebesar 10% setelah pengujian.

Kesimpulan dari Hasil Penelitian Ini:

Apakah Noni juice aman untuk dikonsumsi? Herbal ini juga terbukti aman untuk dikonsumsi secara rutin sebagai obat pengapuran tulang alami. Tidak ada efek samping berat yang dilaporkan selama pengujian.

Noni tidak menimbulkan ruam (bintik-bintik merah di kulit) atau reaksi alergi apapun. Noni juga tidak menyebabkan kerusakan pada hati. Keluhan yang paling umum hanyalah rasa Noni yang dianggap kurang enak, dan itupun tergantung selera masing-masing orang.

Namun ada satu yang perlu diperhatikan, yaitu efek Noni pada kadar kalium di dalam tubuh. Noni juice harus dikonsumsi secara hati-hati oleh orang-orang yang riskan mengalami hiperkalemia karena Noni cenderung memicu kenaikan kadar kalium dalam darah mereka. Hiperkalemia adalah kondisi naiknya kadar kalium dalam darah (potasium) yang sering dialami oleh penderita gangguan ginjal.

Baca juga:  Artritis: Apa itu Osteoartritis?

Apakah herbal Noni juice bermanfaat sebagai obat pengapuran tulang? Bila dikonsumsi secara teratur, Noni juice menunjukkan efek terapeutik (pengobatan) yang potensial serta sanggup memperbaiki gejala-gejala dan kualitas hidup pada orang-orang dewasa penderita osteoartritis.

Untuk semakin meneguhkan manfaat ini, diharapkan ke depannya akan dilakukan pengujian klinis yang lebih besar. Namun dari penelitian ini, herbal Noni juice telah terbukti bermanfaat sebagai obat pengapuran alami pada sendi-sendi tulang, termasuk pada sendi lutut dan pinggul.

Noni dapat memperbaiki kemampuan dan kenyamanan untuk bekerja, bergerak, berjalan, membungkukkan badan, menggunakan tangan dan jari-jari, melakukan pekerjaan rumah. Noni juga mampu meringankan rasa nyeri di persendian, mengurangi ketegangan, dan meningkatkan suasana hati (mood).

Sumber: Artikel Ulasan “Morinda citrifolia L. (Noni) Improves The Quality of Life in Adults with Osteoarthritis” oleh Mian-Ying Wang, M. Nawal Lutfiyya, Vicki Weidenbacher-Hoper, Lin Peng, Martin S. Lipsky, dan Gary Anderson.

Herbal Noni Juice Adalah Obat Pengapuran Tulang Tradisional yang Efektif

Herbal Noni juice layak dipertimbangkan sebagai obat tradisional untuk masalah pengapuran sendi tulang Anda. Secara empiris maupun ilmiah, Noni telah dibuktikan sanggup membantu perbaikan kondisi dari para penderita osteoartritis.

Banyak dari mereka melaporkan sudah sangat berkurang rasa sakit atau nyeri mereka dalam waktu 1 – 3 bulan konsumsi. Mereka juga dibantu untuk cukup pulih sehingga mampu bergerak lebih bebas, melakukan kegiatan seperti sedia kala, dan secara umum merasa lebih sehat.

Noni juice juga dibuktikan aman untuk dikonsumsi secara rutin oleh para penderita oesteoarthritis, tanpa efek samping berat. Hanya satu yang perlu diperhatikan, yaitu Noni harus dikonsumsi secara hati-hati oleh para penderita gangguan ginjal karena Noni dapat memicu kondisi hiperkalemia pada mereka. Lebih dari itu, herbal ini tidak menimbulkan masalah-masalah lain meski dikonsumsi dalam jangka panjang.

Jadi jika Anda berniat untuk mencoba obat pengapuran sendi tulang yang alami, pertimbangkanlah manfaat-manfaat Noni juice yang dijelaskan di sini. Perlu diketahui juga bahwa herbal ini merupakan satu-satunya herbal yang sudah teruji oleh waktu kemampuannya untuk mengatasi banyak jenis penyakit. Juga sudah didukung oleh beragam penelitian ilmiah yang komprehensif, yang melibatkan banyak ahli dari berbagai bidang kesehatan.


Referensi Noni Juice Obat Pengapuran Tulang Alami:

Wang, Mian-Ying, dkk. (2011). Morinda citrifolia L. (Noni) Improves The Quality of Life in Adults with Osteoarthritis. Functional Foods in Health and Disease. 1(2): 75 – 90. DOI: 10.31989/ffhd.v1i2.138


Advertisement
Alinesia