Obat Pengapuran Tulang di Apotik: Mana yang Tepat untuk Anda?


By Cindy Wijaya

Pengapuran tulang dan sendi (dokter menyebutnya “osteoartritis”) adalah problem umum yang dialami banyak orang tua, bahkan juga beberapa orang muda. Sayangnya sampai sekarang belum ada obat yang dapat menyembuhkannya. Namun ada macam-macam obat pengapuran tulang di apotik yang mampu meringankan rasa sakit dan gejala lain yang ditimbulkannya.

Sewaktu periksa ke dokter, Anda yang memiliki problem ini biasanya diminta untuk melakukaan penyesuaian gaya hidup. Misalnya dengan lebih teratur olahraga, menurunkan berat badan, dan mengendalikan pola makan.

Di samping itu, dokter juga mungkin memberi resep untuk obat pengapuran tulang di apotik. Kadang ada juga obat yang bisa dibeli tanpa resep. Berikut ulasan lengkapnya.

Pilihan Obat Pengapuran Tulang di Apotik

Obat-obatan untuk osteoartritis tersedia dalam macam-macam bentuk, contohnya dalam bentuk pil, sirup, krim, losion, koyo, atau suntikan (injeksi). Beberapa jenis obat pengapuran tulang di apotik antara lain:

Obat Analgesik:

Obat-obatan ini untuk meringankan rasa sakit, tapi tidak bisa mengurangi peradangan di sendi dan tulang. Mereka dapat mengubah caranya tubuh Anda merespons rasa sakit. Contoh obat analgesik yang bisa dibeli di apotik yaitu: acetaminophen, tramadol, dan obat opioid yang harus dibeli dengan resep.

Namun obat opioid dapat menyebabkan ketagihan, sehingga tidak boleh dikonsumsi tanpa petunjuk dokter. Selain itu obat acetaminophen harus dikonsumsi secukupnya saja, karena kalau terlalu banyak dapat menyebabkaan kerusakan hati atau bahkan kematian.

OAINS:

Ini singkatan dari obat anti-inflamasi non steroid, yang berfungsi untuk mengurangi peradangan sekaligus rasa sakit. Mereka cukup sering digunakan untuk mengobati pengapuran dan penyakit radang sendi lain.

Contoh OAINS yang bisa dibeli di apotik antara lain: aspirin, celecoxib, ibuprofen, dan naprozen. Mereka biasanya dalam bentuk pil. Ada juga yang berbentuk krim untuk langsung dioleskanke area persendian yang terasa sakit.

Beberapa obat OAINS dapat memperbesar risiko penyakit jantung atau stroke. Sebenarnya Anda tidak dianjurkan menggunakan obat ini jika memiliki masalah kesehatan tertentu, seperti gangguan jantung, gangguan hati, atau gangguan ginjal.

Obat Counterirritant:

Obat-obatan ini berbentuk krim dan salep yang mengandung bahan-bahan seperti mentol atau capsaicin. Mengoleskan obat ini pada sendi yang sakit dapat membantu menghambat sinyal rasa sakit dari sendi ke otak, sehingga mengurangi sakit yang dirasakan.

Glucosamine dan Chondroitin:

Glucosamine dan chondroitin adalah obat pengapuran tulang di apotik yang bisa dibeli tanpa resep. Sebenarnya lebih tepat disebut suplemen. Namun penelitian menunjukkan bahwa kedua suplemen ini tidak menghasilkan manfaat yang signifikan bagi osteoartritis, jadi mungkin efeknya akan “cocok-cocokkan” bagi Anda.

Obat Kortikosteroid (Steroid):

Obat-obatan yang sifatnya keras ini dapat mengurangi pembengkakan dan menekan sistem imun. Contoh obat ini yaitu cortisone dan prednisone. Karena termasuk obat keras, maka harus dibeli dan dikonsumsi sesuai resep atau petunjuk dokter.

Dokter mungkin memberi resep untuk obat steroid dalam bentuk pil atau suntikan langsung ke area yang terasa sakit. Efeknya bisa dirasakan dalam beberapa hari dan akan terus berlangsung selama kurang-lebih 2 bulan.

Dokter juga tidak menganjurkan untuk menggunakan lebih dari 4 suntikan steroid dalam setahun, dan Anda tidak boleh menggunakannya dalam jangka waktu lama. Suntikan steroid dapat menyebabkan kerusakan saraf dan penipisan tulang di dekat lokasi suntikan, serta kerusakan pada lebih banyak tulang rawan.

Hyaluronic Acid:

Sebenarnya ini adalah bahan alami yang ada dalam cairan di persendian dan berfungsi sebagai pelumas. Namun, hyaluronic acid menjadi rusak pada orang yang menderita radang sendi, sehingga perlu diberikan suntikan cairan ini.

Dokter dapat menyuntikkan cairan ini ke tempat rasa sakit (biasanya di lutut) seminggu sekali selama 3 – 5 minggu. Suntikan ini bisa menjadi alternatif dari OAINS. Namun, dibutuhkan sekitar 5 minggu untuk merasakan efek pereda nyerinya.

Sayangnya sampai saat ini manfaat dari suntikan hyaluronic acid belum dibuktikan secara jelas dan biayanya juga cukup mahal.

Obat Herbal Pengapuran Tulang di Apotik

Di samping pilihan obat pengapuran tulang di apotik yang sudah dibahas di atas, ada juga beberapa herbal yang dikenal sebagai obat herbal pengapuran tulang. Mereka dapat membantu meringankan gejala-gejala yang ditimbulkan oleh osteoartritis.

Namun menggunakan herbal cenderung “cocok-cocokkan”, yang berarti apa yang dirasa bermanfaat bagi orang lain belum tentu akan sama manfaatnya juga bagi Anda.

Jadi ada baiknya konsultasikan dulu dengan dokter mengenai apakah suatu jenis herbal cocok dan aman untuk Anda konsumsi, mungkin bersamaan dengan obat lain yang sedang Anda konsumsi.

DI bawah ini adalah beberapa jenis obat herbal pengapuran tulang yang dapat dibeli di apotik.

Noni Juice:

Noni juice telah dibuktikan secara empiris (pengakuan para penggunanya) dan ilmiah (dari penelitian-penelitian) bermanfaat sebagai obat alami untuk osteoartritis. Banyak penderita osteoartritis merasakan perbaikan kondisi setelah mengonsumsi Noni juice secara teratur, biasanya dalam waktu 1 – 3 bulan.

Mereka dibantu untuk cukup pulih sehingga sanggup bergerak lebih leluasa, melakukan aktivitas seperti semula, dan secara keseluruhan merasa lebih sehat. Noni juga telah dibuktikan aman untuk diminum secara rutin, tanpa efek samping berbahaya.

Ada satu lagi kelebihan dari herbal ini, yaitu Noni merupakan satu-satunya herbal yang telah teruji oleh waktu manfaatnya bagi kesehatan, serta telah didukung oleh berbagai penelitian ilmiah yang komprehensif, melibatkan banyak pakar dari berbagai bidang kesehatan.

Jika ingin tahu lebih banyak tentang manfaat Noni untuk pengapuran tulang dan sendi, silakan kunjungi artikel ini: Noni Juice: Obat Pengapuran Tulang Alami.

Ilustrasi Obat Herbal Pengapuran Tulang
Jahe Dapat Membantu Meringankan Gejala Pengapuran (Credit photo: Science Photo Library – Media Bakery)

Jahe:

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jahe punya potensi untuk menjadi alternatif dari OAINS, yang adalah salah satu obat pengapuran tulang di apotik.

Kandungan-kandungan di dalam jahe dipercaya bukan hanya mampu membantu mengendalikan gejala-gejala, tetapi juga membantu mencegah kerusakan tulang.

Anda bisa menggunakan jahe segar atau jahe yang sudah diolah menjadi suplemen dan bisa dibeli di apotik. Namun dianjurkan untuk konsultasi ke dokter sebelum mengonsumsi jahe, karena kandungan-kandungan di dalamnya dapat mengganggu kerja beberapa jenis obat, termasuk obat warfarin yang untuk pengencer darah.

Kunyit:

Kunyit punya kandungan utama bernama kurkumin, yang bermanfaat sebagai anti-inflamasi untuk membantu mengurangi peradangan di sendi dan tulang.

Sama seperti jahe, Anda bisa menggunakan kunyit segar atau kunyit yang sudah diolah menjadi suplemen dan dijual di apotik.

Namun sampai saat ini masih belum cukup bukti penelitian tentang keamanan dan kemanjuran kunyit. Konsumsinya mungkin aman bagi kebanyakan orang dewasa, tetapi penggunaan dalam dosis tinggi atau dalam jangka panjang dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang pilihan obat pengapuran tulang di apotik. Dewasa ini dengan semakin canggihnya teknologi, Anda juga dapat memesan obat tersebut secara online. Namun selalu pastikan untuk membeli obat sesuai resep atau petunjuk dokter, atau jika ingin mencoba herbal, pilihlah yang sudah mengantongi izin dari DINKES atau BPOM.

Semoga informasi di artikel ini berguna bagi Anda dan keluarga. Nantikan juga ulasan-ulasan bermanfaat lain seputar kesehatan dan pemanfaatan herbal hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

WebMD. What Medications Treat Osteoarthritis?. URL: https://www.webmd.com/osteoarthritis/medicines-treat-oa

Wang, Mian-Ying, dkk. (2011). Morinda citrifolia L. (Noni) Improves The Quality of Life in Adults with Osteoarthritis. Functional Foods in Health and Disease. 1(2): 75 – 90. DOI: 10.31989/ffhd.v1i2.138

Healthline. 9 Herbs to Fight Arthritis Pain. URL: https://www.healthline.com/health/osteoarthritis/herbs-arthritis-pain

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>