Blog Herbal No. 1 Indonesia

Apa Obat Mabuk Perjalanan Paling Ampuh di Apotik?


By Cindy Wijaya

Bepergian menjadi semakin menantang dan menegangkan jika Anda harus khawatir akan mual dan pusing selama di perjalanan. Baik bepergian dengan pesawat, kereta api, kapal, atau mobil, mabuk perjalanan bisa dialami oleh siapapun, bahkan orang-orang yang paling sering bepergian sekalipun.

Beruntung ada cara sederhana untuk mengatasinya dengan obat-obatan yang dirancang khusus untuk membantu mencegah perasaan tidak nyaman itu. Dalam artikel ini akan dikupas berbagai obat mabuk perjalanan yang terbaik, termasuk obat dalam bentuk pil, patch, dan obat alami agar membuat perjalanan Anda lebih nyaman.

Apa Itu Mabuk Perjalanan?

Mabuk perjalanan terjadi apabila otak Anda tidak dapat memahami informasi yang dikirim dari mata, telinga, dan tubuh Anda. Banyaknya pergerakan—di dalam mobil, pesawat, kapal, atau bahkan di taman hiburan—dapat membuat Anda merasa mual, pusing, keringat dingin, dan muntah. Mabuk mobil, mabuk laut, atau mabuk udara termasuk dalam mabuk perjalanan.

Siapa saja yang mungkin mengalami mabuk perjalanan? Diperkirakan 1 dari 3 orang akan mengalami mabuk perjalanan pada suatu waktu. Wanita, dan anak-anak usia 2 – 12 tahun paling berisiko. Meski begitu hal ini dapat dialami siapa saja.

Ada sejumlah faktor yang membuat Anda lebih berisiko mengalami mabuk perjalanan: Riwayat keluarga yang juga mabuk perjalanan, menggunakan kontrasepsi hormonal, memiliki gangguan telinga bagian dalam, sedang menstruasi, penderita migrain, penderita Parkinson, dan sedang hamil.

Apa Saja Pilihan Obat Mabuk Perjalanan?

Banyak orang memilih untuk mengobati kondisi ini dengan pengobatan alami seperti dengan makan jahe mentah atau peppermint. Beberapa penyesuaian gaya hidup seperti menghindari makan berlebihan, minum alkohol, atau merokok sebelum bepergian juga dapat membantu mengurangi mabuk perjalanan.

Bila pengobatan alami tidak membantu meringankan gejala Anda, terdapat obat mabuk perjalanan di apotik yang dapat dibeli tanpa maupun dengan resep dokter. Bentuknya macam-macam, ada yang berbentuk pil untuk ditelan atau patch untuk ditempelkan ke kulit.

Meski obat ini bukan untuk menyembuhkan, karena masih ada kemungkinan untuk kambuh di kemudian hari, namun obat dapat mengurangi atau mencegah gejala-gejala.

2 Pilihan Obat Mabuk Perjalanan di Apotik

Mengonsumsi obat anti-mual (antiemetik) sebelum bepergian dapat membantu mencegah mabuk perjalanan. Jenis obat yang paling umum digunakan adalah obat antihistamin dan antikolinergik.

Obat Antihistamin

Antihistamin merupakan jenis obat yang paling umum untuk mabuk perjalanan. Untuk antihistamin, nama obat mabuk perjalanan di apotik ini antara lain:

  • Dimenhydrinate (Antimo, Antimab, Contramo, Dramamine, Omedrinate)
  • Meclizine
  • Promethazine
  • Diphenhydramine

Obat-obatan ini biasanya dalam bentuk pil telan atau supositoria. Terdapat potensi efek samping dari obat antihistamin, misalnya rasa kantuk, mulut kering, dan penglihatan kabur. Tapi kebanyakan orang mendapati bahwa obat ini efektif untuk mengatasi gejala-gejala mereka.

Penggunaan antihistamin jenis promethazine dapat menyebabkan pseudoparkinsonisme, reaksi distonik akut, akatisia, dan diskinesia tardive. Gejala-gejala ini adalah kelainan gerakan spastik episodik, yang jarang terjadi tetapi sangat melemahkan.

Baik obat antihistamin resep maupun obat bebas tersedia di apotik untuk mengobati mabuk perjalanan. Namun jangan membeli atau mengonsumsi obat resep tanpa petunjuk dokter.

Antihistamin memiliki efek penenang yang menjadikannya salah satu obat mabuk perjalanan paling ampuh di apotik.

Obat Antikolinergik

Antikolinergik (anthicholinergic) bekerja dengan cara menghalangi asetilkolin, yaitu neurotransmitter yang menyebabkan fungsi tubuh tidak disengaja, termasuk pada pencernaan dan air liur.

Untuk antikolinergik, nama obat mabuk perjalanan di apotik yang paling umum digunakan adalah scopolamine. Scopolamine tersedia dalam bentuk patch transdermal (mirip koyo) yang dapat ditempelkan di belakang kuping setidaknya 4 jam sebelum bepergian dan dibiarkan tetap menempel hingga 3 hari.

Sistem transdermal tersebut dapat mengurangi mual, muntah, dan gejala lainnya. Namun ada juga potensi efek samping yang umum dari scopolamine, antara lain mulut kering, mengantuk, dan penglihatan kabur.

Apa Obat Mabuk Perjalanan Paling Ampuh di Apotik?

Ada banyak cara berbeda untuk mengobati gejala-gejala Anda, mulai dari pengobatan alami hingga obat resep. Pilihan obat mabuk perjalanan paling ampuh di apotik sebenarnya tergantung pada kondisi masing-masing orang. Apa yang paling berhasil bagi sebagian orang belum tentu bermanfaat bagi orang lain.

Disarankan Anda berkonsultasi tentang semua pilihan pengobatan dengan dokter Anda, sehingga Anda bisa mencari yang terbaik sesuai dengan kondisi Anda.

Daftar berikut menguraikan beberapa obat mabuk perjalanan di apotik yang paling umum digunakan untuk meringankan gejala-gejalanya.

Antimo

Boleh dibilang antimo salah satu nama obat mabuk perjalanan paling ampuh di apotik yang paling umum digunakan. Antimo termasuk dalam jenis obat antihistamin karena mengandun dimenhydrinate (50 mg).

Bentuk obatnya adalah tablet untuk ditelan. Antimo merupakan golongan Obat Bebas Terbatas sehingga bisa dibeli tanpa resep. Harga obat mabuk perjalanan di apotik ini berkisar dari Rp 4.300 hingga Rp 6.500 per strip.

Berikut adalah dosis umum minum antimo untuk mabuk perjalanan:

  • Di atas 12 tahun: 1 tablet diminum ½ jam sebelum bepergian. Bisa diulang setiap 4 jam bila perlu (maksimal 8 tablet).
  • Usia 8 – 12 tahun: ½ tablet diminum sebelum bepergian. Bisa diulang setiap 4 jam bila perlu (maksimal 3 tablet).

Efek samping umum dari antimo antara lain: mengantuk; mulut, hidung, atau tenggorokan kering; sembelit; penglihatan kabur; merasa gelisah atau bersemangat (terutama pada anak-anak).

Antimo Anak

Antimo anak adalah obat mabuk perjalanan untuk anak. Antimo anak mengandung dimenhydrinate (12.5 mg) sehingga termasuk dalam jenis obat antihistamin. Bentuk obatnya adalah sirup yang dapat dengan mudah ditelan oleh anak.

Antimo anak merupakan golongan Obat Bebas Terbatas sehingga bisa dibeli tanpa resep. Harga obat mabuk perjalanan di apotik ini berkisar dari Rp 12.400 hingga Rp 20.000 per boks.

Berikut adalah dosis umum minum antimo anak untuk mabuk perjalanan:

  • Usia 2 – 6 tahun: 1 – 2 sachet diminum ½ jam sebelum bepergian, bisa diberikan setiap 6 – 8 jam bila perlu (maksimal 75 mg).
  • Usia 6 – 12 tahun: 2 sachet diminum ½ jam sebelum bepergian, bisa diberikan setiap 6 – 8 jam bila perlu (maksimal 150 mg).

Efek samping umum dari antimo anak antara lain: mengantuk, pusing, mulut kering, sembelit, dan gangguan koordinasi (terutama pada anak-anak).

Dramamine

Obat mabuk perjalanan selain antimo yang cukup terkenal ialah dramamine. Dramamine juga salah satu obat mabuk perjalanan paling ampuh di apotik. Seperti antimo, obat ini termasuk antihistamin karena mengandung dimenhydrinate (50 mg).

Bentuk obatnya adalah tablet untuk ditelan. Dramamine tergolong Obat Keras sehingga hanya bisa dibeli dengan resep dokter. Harga obat mabuk perjalanan di apotik ini berkisar dari Rp 18.000 hingga Rp 27.800 per strip.

Berikut adalah dosis umum minum dramamine obat mabuk perjalanan:

  • Dewasa: 1 – 2 tablet diminum ½ jam sebelum bepergian, sebanyak 3 – 4 kali sehari.
  • Anak di atas 12 tahun: 1 tablet diminum ½ jam sebelum bepergian, sebanyak 2 – 3 kali sehari.
  • Anak 8 – 12 tahun: ½ – 1 tablet diminum ½ jam sebelum bepergian, sebanyak 2 – 3 kali sehari.
  • Anak 6 – 8 tahun: ¼ – ½ tablet diminum ½ jam sebelum bepergian, sebanyak 2 –  3 kali sehari.

Ingatlah bahwa dramamin termasuk golongan obat keras sehingga penggunaannya harus sesuai dengan resep atau petunjuk dari dokter.

Efek samping umum dari dramamine antara lain: mengantuk, pusing, sakit kepala, pandangan kabur, dan kesulitan untuk menelan.

Obat Mabuk Perjalanan untuk Ibu Hamil

Ibu hamil harus lebih hati-hati saat memilih obat untuk mabuk perjalanan. Pilihan obat yang aman dan berisiko rendah bagi ibu hamil adalah yang mengandung dimenhydrinate (misalnya Antimo dan Dramamine).

Menurut badan pengawas obat dan makanan (FDA) di Amerika Serikat, dimenhydrinate termasuk dalam kategori B, artinya cukup aman untuk ibu hamil karena telah dilakukan uji lab terhadap hewan percobaan dan diperoleh hasil “tidak menimbulkan gangguan pada janin”.

Namun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai keamanan dari dimenhydrinate untuk ibu hamil. Oleh sebab itu ibu hamil sebaiknya selalu konsultasi dulu dengan dokter kandungan sebelum meminum obat untuk mabuk perjalanan.

Apa Obat Mabuk Perjalanan Alami?

Di samping menggunakan obat mabuk perjalanan di apotik, Anda juga bisa mengupayakan tips-tips dan obat alami untuk mencegah atau mengurangi gejala-gejala.

  • Minum minuman berkarbonasi seperti ginger ale.
  • Makan permen jahe yang keras.
  • Minum teh
  • Menggunakan gelang akupresur.
  • Duduk di kursi depan mobil untuk mengurangi mabuk mobil.
  • Istirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan.
  • Minum air yang cukup.

Banyak orang yang rentan mengalami mabuk perjalanan juga dapat mencegah atau mengurangi gejala-gejalanya dengan tidak membaca atau menatap layar ketika sedang di perjalanan, atau memilih tempat duduk yang paling sedikit pergerakannya. Juga jika mungkin pilihlah tempat duduk dekat ventilasi untuk mendapat udara segar.

Demikianlah artikel ini yang mengupas tentang pilihan obat mabuk perjalanan di apotik yang dapat Anda pertimbangkan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang berencana untuk bepergian. Temukan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar solusi masalah kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Cleveland Clinic. Motion Sickness. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/12782-motion-sickness

SingleCare. Motion Sickness Treatments and Medications. https://www.singlecare.com/conditions/motion-sickness-treatment-and-medications

Drugs.com. Dimenhydrinate. https://www.drugs.com/mtm/dimenhydrinate.html

Drugs.com. Dimenhydrinate Pregnancy and Breastfeeding Warnings. https://www.drugs.com/pregnancy/dimenhydrinate.html

Mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review ★★★★★

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}