Obat Chikungunya yang Terbukti Ampuh

340

Diedit:

Obat Chikungunya terdapat beberapa cara, namun sebelumnya mari kenali terlebih dahulu tentang penyakit Chikungunya ini. Chikungunya adalah sejenis penyakit yang menular melalui nyamuk. Penyakit Chikungunya pertama kali ditemukan atas hasil pemeriksaan darah ketika tahun 1953 bertempat di Tanzania. Mulai sejak itu, penyakit ini menyebar hingga di negara Asia, Afrika, hingga masuk ke beberapa negara Eropa juga.

Chikungunya memang termasuk penyakit endemik yang ada di negara sub-sahara Afrika, Asia Tenggara, India, Filipina, tak lupa negara Indonesia juga termasuk di dalamnya. Penyakit ini diakibatkan karena infeksi dari virus keluarga Togaviridae yang masuk dalam genus Alphavirus. Nyamuk yang dapat menulari yaitu nyamuk Aedes Aegypti.

Ya, ini merupakan nyamuk yang sama dengan nyamuk yang menulari penyakit demam berdarah dengue. Walaupun masih satu saudara dengan penyakit demam berdarah, tetapi penyakit Chikungunya tak bersifat mematikan, itu bedanya dengan demam berdarah. Mari baca selengkapnya.

Ciri Penderita Chikungunya

Ciri dari penderita penyakit Chikungunya adalah menjadi bungkuk pada postur tubuhnya, itu karena rasa nyeri yang diderita pada bagian persendian kaki dan tangan. Virus Chikungunya sendiri pertama kali ditemukan di daerah Tanzania, Afrika Timur tepatnya pada tahun 1952. Karenanya penyakit ini berasal dari arti “Bungkuk atau berubah bentuk”, yang merupakan bahasa Swahili.

Gejala Chikungunya

Sementara itu berikut informasi terkait gejala dari orang yang menderita penyakit Chikungunya. Gejala yang paling sering terjadi sedikit mirip dengan gejala penyakit infeksi jenis yang lain. Demam bisa berlangsung untuk waktu 1 sampai dengan 7 hari (Umumnya 5 hari). Berikut gejala-gejalanya, dapat Anda lihat di bawah ini.

  • Sakit di persendian, yang merupakan ciri khas, khususnya di lutut dan lengan
  • Demam mendadak tinggi
  • Sakit pada kepala
  • Nyeri pinggang
  • Muntah dan mual
  • Muncul bintik merah pada tangan dan juga badan
  • Muncul ruam di kulit tubuh
Baca juga:  10 Obat Chikungunya Rumahan untuk Redakan Nyeri Sendi dan Gejala Lain

Untuk masa inkubasi dari virus penyebab Chikungunya adalah 4 hari, dan untuk manifestasinya adalah 3 hingga 10 hari lamanya. Penyakit Chikungunya termasuk bukan penyakit yang mematikan, sejauh ini itu yang ditemukan di negara Indonesia. Namun beberapa pasien Chikungunya akan mengalami gejala berkepanjangan. Untuk penderita dengan usia renta bisa mengalami sakit yang berulang di bagian sendi, yang bahkan bisa berlangsung hingga beberapa tahun ataupun hanya beberapa bulan saja.

Pengobatan Chikungunya

Sekarang bagaimana tentang pengobatan untuk penyakit ini. Pengobatan Chikungunya sendiri sama saja seperti pengobatan penyakit lainnya yang diakibatkan oleh infeksi virus. Pengobatan Chikungunya bersifat simtomatis, mengobati gejala yang ditimbulkan, contohnya dengan pengobatan nyeri sendi, sakit kepala, demam, atau gejala lain yang diakibatkan oleh penyakit Chikungunya ini. Beberapa juga pengobatan yang ditujukan untuk meningkatkan daya tahan dari tubuh atau antibodi. Untuk penderita Chikungunya, benar-benar dianjurkan agar selalu istirahat cukup dan makan makanan bergizi, cukup protein dan juga karbohidrat, dan tak lupa harus cukup minum. Begitu pula dengan konsumsi buah-buahan fresh.

Herbal untuk Menyembuhkan Chikungunya

Di sini jika berbicara tentang cara menyembuhkan penyakit Chikungunya dengan menggunakan obat herbal, maka Anda perlu obat herbal yang dapat meningkatkan antibodi tubuh. Anda dapat mengkonsumsi buah jeruk, buah ini sudah terkenal akan kandungan vitamin C nya yang tinggi. Vitamin C dapat meningkatkan antibodi tubuh, untuk melawan virus penyebab penyakit Chikungunya.

Meskipun obat chikungunya khusus yang spesifik untuk menyembuhkan penyakit ini masih langka, namun ada beragam jenis obat yang sanggup meredakan gejala Chikungunya. Jika Anda merasakan adanya gejala-gejala chikungunya, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter agar penyakit ini cepat ditangani.

Advertisement
Alinesia