Pilihan Obat Bursitis Alami untuk Mengatasinya Sendiri di Rumah


By Cindy Wijaya

Sendi termasuk bagian sangat penting dalam sistem alat gerak kita, yang kita butuhkan untuk bisa bergerak dengan leluasa. Karena itu jika terjadi gangguan pada sendi pasti akan menghambat aktivitas. Seperti bursitis misalnya, penyakit sendi ini dicirikan dengan peradangan atau pembengkakan pada bursa, yakni bantalan yang ada di sekitar sendi. Beruntung ada berbagai pilihan obat bursitis alami untuk mengatasinya sendiri di rumah.

Bantalan bursa berfungsi untuk mengurangi gesekan dan iritasi yang dapat muncul di antara tulang dan tendon. Jika Anda mengalami bursitis, Anda akan merasakan sakit dan kemerahan di sektitar area tersebut. Rasa sakitnya mungkin memburuk seraya bagian itu digerakkan atau ditekan. Selain itu juga mungkin terasa kaku dan membengkak.

Ada banyak bagian tubuh yang dapat terkena bursitis, namun yang paling sering ialah pinggul, lutut, bahu, dan siku. Gerakan berulang pada otot, sendi, dan tendon di sekitar bursa merupakan pemicu utama bursitis.

Sering kali bursitis tidak harus diobati di rumah sakit atau di klinik dokter. Kondisi ini dapat pulih dengan perawatan sendiri di rumah, umumnya dalam beberapa minggu. Berikut adalah sejumlah obat bursitis alami yang dapat mengurangi nyeri, bengkak, kaku, dan ketidaknyamanan lainnya.

Obat Bursitis Alami 1: Istirahat

Mengalami bursitis berarti tanda bahw Anda perlu istirahat untuk mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan. Dalam kasus bursitis akut, gejalanya akan membaik dalam 1 – 2 minggu bila cukup istirahat.

Sebenarnya istirahat adalah salah satu cara paling pertama untuk membantu meredakan peradangan atau cedera di bagian tubuh manapun.

Jadi begitu muncul gejala-gejala bursitis, Anda harus menghindari aktivitas apapun yang dapat memperburuk gejala-gejalanya. Dengan begitu area yang terkena punya waktu untuk memulihkan diri dan mengurangi peradangan. Selain itu istirahat juga melindungi jaringan yang rusak dari cedera lebih lanjut.

Obat Bursitis Alami 2: Es

Bursitis menimbulkan peradangan sehingga kompres es dapat membantu. Suhu dingin akan mengurangi pembengkakan dan rasa sakit dengan cara membuat area yang terkena menjadi kebas.

Kompres es biasanya paling efektif bila digunakan dalam waktu 24 – 48 jam saat bursitis muncul. Berikut caranya:

  • Bungkus beberapa es batu dengan handuk tipis.
  • Tempelkan handuk berisi es ini ke sendi yang terkena sekitar 15 menit.
  • Setelah itu, naikkan sendi yang terkena melebihi posisi jantung, dan istirahat.
  • Ulangi beberapa kali sampai gejala-gejalanya mereda.

Pengingat: Jangan langsung tempelkan es batu ke kulit tanpa dibungkus handuk, karena hal ini dapat menyebabkan frostbite. Frostbite adalah kondisi dimana jaringan tubuh membeku dan rusak oleh paparan suhu sangat dingin.

Obat Bursitis Alami 3: Kompresi

Kompresi membantu mengurangi pembengkakan dengan mencegah pengumpulan cairan yang mungkin merembes ke daerah yang terkena dari jaringan di dekatnya. Ini membantu dalam proses pemulihan dan mencegah cedera lebih lanjut.

Dalam studi ulasan tahun 2016 yang diterbitkan dalam Clinical Orthopaedics and Related Research, para peneliti menganalisis beberapa penelitian dan akhirnya sampai pada kesimpulan bahwa perban kompresi bersama dengan obat OAINS jangka pendek dapat efektif mengobati bursitis olecranon nonseptik.

Untuk kompresi, Anda bisa menggunakan perban elastis yang banyak dijual di toko alat kesehatan. Berikut cara menggunakan perban elastis untuk bursitis.

  • Bungkus perban menggunakan tekanan yang seragam di sekitar area yang terkena bursitis. Jangan membungkusnya terlalu erat karena akan menyempitkan atau menghentikan sirkulasi darah di daerah yang terkena dan memperparah rasa sakit.
  • Tetap pakai perban itu di siang hari sampai pembengkakannya berkurang.
  • Lepaskan perban sebelum Anda tidur.

Pengingat: Segera lepaskan perban jika area yang dipakaikan perban berubah membiru atau mulai mati rasa. Kemungkinan sirkulasi darah di area itu terhambat.

Obat Bursitis Alami 4: Naikkan Posisinya

Naikkan posisi area yang terkena bursitis lebih tinggi dari posisi jantung, pertahankan selama beberapa jam setiap hari. Ilmu di balik teknik ini adalah bahwa mengangkat sendi yang terkena bursitis akan membantu memperbaiki sirkulasi di daerah tersebut dan dengan demikian mengurangi gejala-gejala seperti pembengkakan, peradangan, dan nyeri.

Di samping itu teknik ini juga berguna untuk mencegah penumpukan kelebihan cairan di daerah yang terkena bursitis.

Jadi jika Anda mengalami bursitis di daerah lutut atau pinggul, cobalah berbaring di tempat tidur dengan kaki disangga setidaknya pada dua bantal.

Demikian juga jika Anda mengalami bursitis di bahu, Anda bisa menaikkan posisinya dengan menyangganya dengan bantal.

Obat Bursitis Alami 5: Kompres Hangat

Dalam waktu 48 jam setelah timbulnya bursitis, kompres hangat terbukti sangat membantu. Penempatan suhu panas merangsang aliran darah ke sendi yang terkena, mengurangi kekakuan, dan melawan peradangan. Berikut caranya.

  • Basahi handuk tipis dengan air panas (tidak terlalu panas), lalu peras.
  • Tempelkan handuk itu ke area yang terkena bursitis, sekitar 15 – 20 menit.
  • Ulangi beberapa kali sehari.

Anda juga bisa menggunakan botol berisi air panas atau bantal pemanas (heating pad) sebagai kompres hangat. Anda juga bisa mandi dengan air hangat.

Pengingat: Berhati-hatilah saat menggunakan bantalan pemanas dan jangan tempelkan langsung pada kulit karena dapat menyebabkan luka bakar. Dan orang yang memiliki kerusakan saraf akibat kondisi seperti diabetes harus ekstra hati-hati.

Obat Bursitis Alami 6: Pijat

Pijat membantu mengurangi ketidaknyamanan dari sendi yang sakit. Ini meningkatkan sirkulasi dan mengurangi pembengkakan serta kekakuan.

Bahkan para ahli menunjukkan bahwa terapi pijat efektif untuk meredakan nyeri bahu dan jenis nyeri otot atau sendi lainnya. Anda dapat memijat sendiri sendi yang terkena bursitis, atau mendapatkan terapi pijat dari ahlinya.

  • Panaskan sedikit minyak zaitun, minyak kelapa, minyak wijen, atau minyak mustard.
  • Oleskan minyak yang sudah hangat itu ke area yang terkena bursitis.
  • Pijat dengan lembut namun cukup kuat, sekitar 10 menit.
  • Lalu tempelkan handuk hangat di area tersebut.
  • Ulangi beberapa kali sehari sampai kondisi Anda membaik.

Pengingat: Jika bursitis yang Anda alami jenis bursitis septik, maka sebaiknya tidak dilakukan terapi pijat. Bursitis septik adalah jenis bursitis yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Obat Bursitis Alami 7: Noni Juice

Noni juice atau jus Mengkudu disebut-sebut sebagai salah satu herbal terbaik untuk mengatasi peradangan. Diduga ini karena Noni mengandung flavonoid yang bermanfaat sebagai anti-inflamasi kuat yang akan mengatasi peradangan akibat bursitis. Selain itu Noni juga merupakan analgesik alami yang dapat meredam nyeri bursitis.

Penelitian yang diterbitkan Phytotherapy Research tahun 2010 menunjukkan bahwa Noni efektif mengurangi rasa nyeri dan kerusakan pada sendi yang disebabkan oleh radang sendi. Penelitian itu juga menyatakan bahwa efek analgesik dari Noni sebanding dengan obat tramadol. Tramadol adalah obat keras yang dipakai untuk rasa sakit tingkat sedang hingga berat.

Bagaimana cara menggunakan Noni juice sebagai obat bursitis alami? Anda bisa mengonsumsi Noni juice dengan dosis 30 ml sebanyak 2 kali sehari, diminum 30 menit sebelum sarapan dan 30 menit sebelum makan malam.

Obat Bursitis Alami 8: Jahe

Jahe merupakan analgesik alami yang dapat mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan lain akibat bursitis. Sebenarnya ada persamaan antara efek dari anti-inflamasi dan analgesik dari jahe dengan yang dimiliki obat OAINS seperti aspirin atau ibuprofen.

Hal tersebut merupakan bukti yang menunjukkan potensi dan efektivitas jahe sebagai pereda nyeri. Berikut cara menggunakan jahe sebagai obat bursitis alami:

  • Bungkus 3 – 4 sendok makan jahe yang baru diparut dengan selembar kain tipis dan ikat dengan erat.
  • Rendam ke dalam air panas sekitar 30 detik.
  • Biarkan sampai dingin, lalu tempelkan ke sendi yang sakit selama 10 menit.
  • Lakukan ini 2 – 3 kali sehari.

Anda juga bisa mengonsumsi jahe. Caranya dengan merebus 1 sendok makan irisan jahe dengan 2 gelas air, biarkan mendidih selama 10 menit. Lalu saring dan tambahkan madu secukupnya, minum 2 – 3 kali sehari.

Obat Bursitis Alami 9: Kunyit

Kandungan pemberi warna kuning pada kunyit, disebut kurkumin, adalah agen anti-inflamasi yang sangat efektif.

Ini dibuktikan oleh sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam Journal of Traditional and Complementary Medicine yang mendapati bahwa kurkumin secara alami memiliki sifat anti-inflamasi.

Oleh karena itu, kunyit bisa sangat berguna untuk mengurangi rasa sakit, bengkak, dan peradangan yang diakibatkan oleh kondisi seperti bursitis. Bahkan juga dapat digunakan untuk mengobati nyeri sendi akut dan kronis.

Berikut cara menggunakan kunyit sebagai obat bursitis alami:

  • Rebus 1 sendok teh bubuk kunyit dalam 1 gelas susu.
  • Tambahkan sedikit madu.
  • Minum dua kali sehari selama beberapa hari.

Pengingat: Bila Anda sedang mengonsumsi obat tertentu, hindari konsumsi jahe yang berlebihan, sebab dapat mengganggu kinerja beberapa jenis obat (contohnya obat pengencer darah).

Obat Bursitis Alami 10: Akupuntur

Akupuntur, jenis pengobatan tradisional dari Tiongkok, bermanfaat dan efektif untuk menghilangkan rasa sakit dan peradangan yang disebabkan bursitis.

Dalam akupuntur, seorang terapis menggunakan jarum tipis untuk memberikan tekanan pada titik-titik tertentu untuk membantu meringankan rasa sakit.

Sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam Imperial Journal of Interdisipliner Research mendapati bahwa akupuntur dapat secara efektif mengurangi rasa sakit dan mengurangi kekakuan pada pasien yang menderita bursitis di bahu.

Jika ingin mencoba akupuntur sebaiknya Anda melakukannya dengan seorang terapis akupuntur yang sudah ahli, agar memperoleh hasil yang optimal.

Demikianlah artikel ini yang mengupas 10 pilihan obat bursitis alami untuk mengatasinya sendiri di rumah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar solusi kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Top 10 Home Remedies. Bursitis: 10 Home Remedies to Reduce Pain and Swelling. https://www.top10homeremedies.com/home-remedies/home-remedies-for-bursitis.html

Yeun Y. R. (2017). Effectiveness of massage therapy for shoulder pain: a systematic review and meta-analysis. Journal of physical therapy science, 29(5), 936–940. https://doi.org/10.1589/jpts.29.936

Yu, Haiqing & Li, Shiming & Huang, Mou-Tuan & Ho, Chi-Tang. (2008). Antiinflammatory Constituents in Noni ( Morinda citrifolia ) Fruits. http://dx.doi.org/10.1021/bk-2008-0987.ch012

Basar, Simla, dkk. (2010). Analgesic and Antiinflammatory Activity of Morinda citrifolia L. (Noni) Fruit. Phytotherapy Research. 24(1): 38 – 42. https://doi.org/10.1002/ptr.2863

Bode AM, Dong Z. The Amazing and Mighty Ginger. In: Benzie IFF, Wachtel-Galor S, editors. Herbal Medicine: Biomolecular and Clinical Aspects. 2nd edition. Boca Raton (FL): CRC Press/Taylor & Francis; 2011. Chapter 7. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK92775/

Fadus, M. C., Lau, C., Bikhchandani, J., & Lynch, H. T. (2016). Curcumin: An age-old anti-inflammatory and anti-neoplastic agent. Journal of traditional and complementary medicine, 7(3), 339–346. https://doi.org/10.1016/j.jtcme.2016.08.002

Zhu, Jihe & Arsovska, Blagica & Nikolovska, Karolina. (2017). Shoulder Bursitis Treatment with Acupuncture. “Imperial Journal of Interdisciplinary Research (IJIR). 3. 1589.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>