Artritis: Bursitis,Tips Menyembuhkan dan Meredakan Gejalanya


By Cindy Wijaya

Rasa ngilu, pegal, dan kaku di sekitar persendian akibat bursitis pastinya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari—apalagi jika rasa tidak nyaman tersebut sampai melumpuhkan pergerakan Anda. Apa yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan atau meredakan gejala bursitis?

Meski artikel ini membantu Anda untuk mengetahui langkah perawatan bursitis, Anda tetap dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menerapkannya.

Langkah Awal Perawatan Bursitis

  • Istirahat total pada bagian tubuh yang terkena bursitis.
  • Tempelkan es batu pada bagian tubuh tersebut untuk mengurangi pembengkakan.

Jika langkah awal di atas tidak berhasil, perawatan lebih lanjut berikut ini mungkin dibutuhkan tetapi harus dengan petunjuk dan resep dari dokter.

Obat Medis. Jika peradangan pada bantalan bursae disebabkan oleh infeksi, dokter mungkin akan meresepkan obat antibiotik.

Terapi. Dokter Anda boleh jadi merekomendasikan terapi fisik atau latihan menguatkan otot-otot di sekitar sendi untuk mencegah kekambuhan bursitis.

Injeksi. Suntikan obat kortikosteroid ke bantalan bursae mungkin diberikan oleh dokter Anda untuk meredakan peradangan. Segera setelah suntikan diberikan, biasanya rasa sakit akan hilang.

Operasi Bedah. Kadang kala bantalan bursae yang meradang perlu dibedah agar bisa sembuh.

Kiat Mencegah dan Meredakan Gejala Bursitis

Walaupun tidak semua penyebab bursitis dapat dicegah, namun Anda bisa mengurangi resiko dan keparahan gejala bursitis dengan mengubah cara Anda dalam melakukan berbagai aktivitas, misalnya sebagai berikut:

  • Tempatkan bantal kecil di antara lutut jika Anda terbiasa tidur dengan posisi miring.
  • Sebisa mungkin hindari tekanan pada siku tangan, dengan tidak bersandar atau menempatkan beban tubuh pada siku ketika bangun dari posisi berbaring.
  • Tempatkan bantal atau kneeling pad di bawah lututjika pekerjaan atau hobi Anda menuntut posisi berlutut berulang kali dan dalam waktu yang lama.
  • Angkat beban dengan benar—caranya yaitu dengan menekuk lutut ketika mengangkat, sehingga tekanan pada bantalan bursae tidak terlalu besar.
  • Daripada mengangkat beban di atas bahu, lebih baik Anda memanfaatkan lori atau keranjang yang beroda.
  • Sering-seringlah beristirahat dan variasikan gerakan Anda dalam melakukan suatu aktivitas.
  • Ketika harus duduk dalam waktu yang lama, cobalah untuk bangkit berdiri dan berjalan ke sekeliling. Ini khususnya berlaku jika Anda duduk di permukaan yang keras yang mengakibatkan tekanan besar pada bursae di pinggul dan bokong.
  • Turunkan berat badan jika Anda kegemukan, karena bobot baban ekstra menimbulkan tekanan ekstra pada persendian.
  • Latih otot Anda—otot yang kuat membantu melindungi sendi dari tekanan.
  • Lakukan pemanasan dan peregangan sebelum beraktivitas, khususnya yang berat, untuk mencegah terjadinya cedera di persendian.

Menyembuhkan Bursitis dengan Bantuan Herbal

Bursitis adalah salah satu gangguan kesehatan yang disebabkan oleh peradangan (inflamasi) pada bantalan bursae di persendian. Noni juice adalah salah satu anti-inflamasi alami terbaik dan herbal yang ampuh untuk meredakan rasa nyeri akibat bursitis.

Dua senyawa yang terkandung dalam Noni juice, Anthraquinones dan scopoletin, telah terbukti dapat membantu memerangi inflamasi. Seperti kebanyakan herbal lain, Noni juice akan secara bertahap menyembuhkan bursitis. Namun, tidak seperti obat medis, herbal ini tidak memiliki efek samping buruk bagi tubuh Anda.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}