Noni Juice sebagai Herbal Parkinson


By Cindy Wijaya

Seseorang yang menderita Parkinson mengalami kesulitan bergerak, yang bisa jadi cukup parah tergantung pada seberapa berat penyakit ini. Jika Anda mengalaminya, Anda mungkin harus selalu bergantung pada pengobatan medis, tapi kadang itu pun belum cukup membantu. Bila ada herbal yang bermanfaat untuk anti Parkinson, apakah Anda ingin mencobanya? Kali ini kami akan mengupas tentang sebuah herbal yang efektif sebagai pendamping pengobatan medis untuk membantu mengendalikan gejala-gejala Parkinson, Noni Juice.

Memang, saat Anda mengalami kondisi ini yang perlu dilakukan adalah pergi kerumah sakit untuk memperoleh pertolongan darurat. Dokter bisa jadi menyarankan Anda untuk mengonsumsi obat anti Parkinson yang membantu meringankan gejalanya. Tentu saja, Anda perlu mengonsumsi obat untuk Parkinson selama gejala yang dirasakan belum membaik. Namun, tahukah Anda bahwa herbal Noni Juice dapat dipertimbangkan sebagai obat alami untuk membantu mengendalikan gejala-gejala Parkinson? Berikut ulasan selengkapnya!

Bagaimana Cara Kerja Noni Juice sebagai Herbal Parkinson?

Noni Juice sebagai herbal parkinson memiliki potensi bagi perbaikan seluler. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan alkaloid tidak berwarna yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan tubuh agar tetap sehat. Studi menunjukkan bahwa tubuh sebenarnya mampu menghasilkan alkaloid yang disebut xeronine dalam jumlah terbatas. Alkaloid ini dibutuhkan untuk mengaktifkan enzim. Mari kita perhatikan bagaimana herbal anti parkinson ini dapat memenuhi kebutuhan tubuh, sehingga terjadi peningkatan fungsi seluler.

Menurut Dr. Ralph Heinicke yang adalah ahli biokimia menyebutkan, bahwa xeronine merupakan komponen yang harus dimiliki tubuh. Komponen xeronine sangat berperan penting, bahkan tubuh bisa mengalami defisiensi atau kekurangan komponen tersbut. Karena saat xeronine terserap dalam tubuh, maka protein segera mengonsumsinya. Sehingga, kadar xeronine dalam tubuh dapat sangat sedikit. Sedangkan tubuh membutuhkannya dalam perbaikan sel. Itulah sebabnya Anda membutuhkan herbal untuk parkinson yang mengandung komponen xeronine.

Bagaimana cara Noni Juice memenuhi kebutuhan xeronine dalam tubuh? Memang, Noni Juice hanya mengandung sejumlah kecil xeronine. Namun, bukan berarti Anda tak dapat memperoleh manfaat dari xeronine. Karena, ternyata Noni Juice banyak mengandung proxeronine. Proxeronine merupakan koloid khusus yang mendorong pelepasan xeronine di saluran usus, setelah kontak dengan enzim spesifik dalam Noni Juice. Tentu saja, jika produksi xeronine meningkat, maka tubuh tidak mengalami defisiensi dan secara signifikan dapat meningkatkan fungsi seluler.

Peningkatan fungsi seluler akan membantu penderita Parkinson dalam meningkatkan kemampuan motorik yang mereka miliki. Potensi ini tentu menjadi dasar penggunaan Noni Juice dalam membantu meringankan keluhan yang dirasakan oleh penderita Parkinson. Apa saja kandungan Noni Juice lainnya yang dapat mengurangi gejala Parkinson?

Bukti Penelitian Manfaat Noni Juice sebagai Herbal untuk Parkinson

Georgia Health Sciences University di Augusta, telah meneliti kandungan Noni Juice sebagai herbal Parkinson. Bobby Thomas dan rekan-rekannya yang adalah neuroscientist yang berhasil menemukan potensi antioksidan dalam Noni Juice sebagai herbal anti Parkinson yang mampu mengatasi peradangan dan stres oksidatif. Keberadaan antioksidan pada herbal untuk Parkinson ini diduga mampu mencegah perkembangan penyakit Parkinson.

Bobby mengatakan “Sebenarnya, kinerja antioksidan ini ialah mencegah stres oksidatif sekaligus mengurangi peradangan yang sering ditemukan pada penyakit Parkinson”. Tentu saja, seperti yang para peneliti ketahui bahwa stres oksidatif yang berkepanjangan dapat menyebabkan peradangan. Hal ini bahkan mampu membawa kematian sel-sel otak yang memproduksi dopamine. Keberadaan antioksidan dibutuhkan untuk mencegah hal tersebut.

Hingga kini, memang ada beberapa jenis antioksidan umum yang dapat digunakan dalam mengendalikan stres oksidatif. Banyak diantaranya berasal dari bahan alami, seperti Noni Juice. Lalu, bagaimana Noni Juice dapat meringankan penyakit Parkinson? Di dalam Noni Juice terkandung banyak jenis antioksidan, termasuk asam askorbat, alfa-tokoferol, dan beta karoten. Sama seperti kinerja antioksidan lainnya, zat tersebut mencegah terjadinya kerusakan sel, termasuk sel otak.

Selain itu, tubuh kita sendiri juga memiliki mekanisme pertahanan terhadap radikal bebas yang dapat merusak sel. Misalnya; Perosidase glutathione, katalase, superoxide dismutase, semua itu merupakan enzim yang diproduksi tubuh dan bekerja keras dalam menyingkirkan radikal bebas. Semua enzim ini membutuhkan mineral seperti; selenium, besi, tembaga, seng, dan mangan sebagai kofaktor dalam pembentukan maupun untuk mengoptimalkan aktivitas enzim-enzim ini. Itu semua ada dalam Noni Juice yang memiliki potensi meringankan penyakit Parkinson.

Kegunaan “Mikro-Nutrien”

Penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Natural Products memperlihatkan bahwa keberadaan “asam lemak baru, turunan asam askorbat, dan glikosida iridoid dalam Noni Juice sebagai herbal Parkinson, merupakan metabolit penting untuk siklus metabolisme”. Mikro-nutrien ini dipelajari bersama dengan 13 senyawa lain yang ditemukan dalam Noni Juice.

Dengan menambahkan Noni Juice dalam menu harian Anda, Anda dapat memenuhi kebutuhan tubuh. Herbal untuk Parkinson ini mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh dalam mengurangi dan berpotensi menghilangkan peradangan. Selain itu, keberadaan 17 jenis asam amino yang ditemukan dalam Noni Juice diyakini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga tak heran jika Noni Juice disebut sebagai herbal anti Parkinson yang multi-fungsi.

Kegunaan “Antioksidan”

Tahukah Anda bahwa konsumsi herbal untuk Parkinson yang mengandung antioksidan dapat mencegah terjadinya kerusakan sel? Pada umumnya antioksidan memiliki beragam jenis, seperti; anthocyanin, beta-karoten, katekin, koenzim Q10, flavonoid, asam lipoat, lutein, lycopene, selenium, dan vitamin C dan E, yang terdapat di dalam makanan ataupun suplemen makanan. Namun, ternyata beberapa kandungan antioksidan ini juga ditemukan dalam Noni Juice sebagai herbal Parkinson.

Noni Juice merupakan sumber antioksidan yang berlimpah. Keberadaan antioksidan pada herbal anti Parkinson ini akan mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif. Stres oksidatif berasal dari radikal bebas, yaitu molekul tidak stabil yang terbentuk secara alami saat tubuh mengubah makanan menjadi energi. Para peneliti meyakini bahwa stres oksidatif memengaruhi banyak penyakit, seperti; kanker, penyakit kardiovaskular, diabetes, penyakit Alzheimer, katarak, degenerasi makula terkait usia, bahkan penyakit Parkinson.

Kegunaan “Multi-Vitamin”

Noni Juice sebagai herbal Parkinson diketahui mengandung senyawa alami yang bermanfaat termasuk vitamin A, vitamin C, Niacin, zat besi, kalsium, natrium, magnesium, dan sejumlah besar kalium. Selain itu, terdapat kandungan “phyto-nutrien” dan “phytochemical” dalam herbal anti Parkinson ini misalnya; alkaloid, lignan, flavonoid, asam lemak, iridoid, catechin, scopoletin, sterol, karbohidrat dan serat makanan. Komponen-komponen dalam herbal untuk Parkinson ini menjadikan Noni Juice sebagai herbal yang cocok bagi beragam kondisi kesehatan.

Itulah kandungan dan manfaat Noni Juice sebagai herbal Parkinson. Perlu diingat, sejauh ini potensi penggunaan herbal anti Parkinson hanya mengurangi dan meringankan gejala penyakit tersebut. Perlu penelitian lebih lanjut sehubungan dengan penggunaan herbal untuk Parkinson yang mampu memulihkan kondisi penderita sepenuhnya.

Noni Juice sebagai obat Parkinson bukanlah pengganti obat-obatan yang diresepkan oleh dokter. Jika dokter mengharuskan Anda untuk mengonsumsi obat untuk Parkinson, alangkah baiknya untuk mengikuti petunjuk dokter. Apapun metode pemulihan yang Anda pilih, baik penggunaan herbal atau obat anti Parkinson, pikirkanlah manfaat dan kemungkinan risiko yang ada.

Sumber
G. K. Jayaprakasha, Bhimanagouda S. Patil. Nutraceuticals and Functional Foods

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting dan di-review oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}