Apa Sebenarnya Penyebab Parkinson?


By Cindy Wijaya

Banyak tokoh dunia yang diketahui menderita penyakit parkinson, misalnya aktor Michael J. Fox, peraih medali Olimpiade Davis Phinney, dan yang paling terkenal adalah mantan juara dunia tinju Muhammad Ali. Parkinson tampaknya dapat menyerang siapapun, tidak soal tingkat kebugarannya. Apa yang sebenarnya jadi penyebab parkinson?

Penyakit parkinson adalah penyakit kompleks yang biasanya diderita oleh orang lanjut usia. Gejala utama yang terlihat dari penyakit parkinson adalah keterbatasan kemampuan pasien untuk bergerak.

Nama penyakit ini berasal dari nama seorang dokter asal Inggris yang pertama kali mempublikasikan tentang penyakit otak ini, yaitu James Parkinson.

Penyebab parkinson boleh dibilang sangat beragam. Yang pasti, pada penyakit parkinson ada sel-sel saraf (neuron) tertentu di otak yang secara bertahap rusak atau mati. Banyak dari gejala parkinson timbul akibat hilangnya neuron yang memproduksi dopamin—neurotransmitter di otak. Ketika tingkat dopamin menurun, hal itu menyebabkan aktivitas otak yang abnormal dan menimbulkan gejala-gejala parkinson.

Meskipun penyebab pasti dari penyakit parkinson masih belum diketahui, namun sejumlah faktor tampaknya memainkan peranan, termasuk:

  • Faktor genetik. Berbagai riset telah menemukan mutasi genetik spesifik yang bisa menyebabkan penyakit parkinson, namun ini jarang terjadi kecuali pada suatu kasus dimana seluruh anggota keluarga. Akan tetapi, variasi genetik tertentu (bukan mutasi) tampaknya juga meningkatkan risiko penyakit parkinson, meski risiko tersebut relatif kecil.
  • Faktor lingkungan. Terkena paparan zat racun tertentu atau faktor lingkungan lainnya bisa meningkatkan risiko penyakit parkinson di kemudian hari, tetapi risikonya relatif kecil.

Sebagai kesimpulannya, riset lebih lanjut masih diperlukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor spesifik yang jadi penyebab parkinson.

Yang Terjadi pada Otak Pasien Parkinson

Banyak perubahan yang terjadi pada otak seorang pasien penyakit parkinson, ini termasuk:

  • Timbulnya kondisi badan Lewy. Gumpalan zat tertentu dalam sel-sel otak adalah tanda mikroskopis adanya penyakit parkinson. Gumpalan tersebut disebut dengan badan Lewy, dan para ahli meyakini bahwa kondisi badan Lewy memegang petunjuk penting yang mengarahkan kepada penyebab parkinson.
  • Senyawa a-synuclein terdapat di dalam badan Lewy. Meskipun banyak senyawa yang ditemukan dalam badan Lewy, namun para ilmuwan memercayai bahwa yang paling penting adalah senyawa protein alami yang tersebar luas—alpha-synuclein. Senyawa ini ditemukan di semua badan Lewy dalam bentuk mengelompok yang tidak dapat dipecahkan oleh sel-sel. Penemuan ini tengah menjadi fokus penting diantara para peneliti penyakit parkinson.

Sampai saat ini, penyakit parkinson belum dapat disembuhkan. Pengobatan yang tersedia sekarang ini hanya bertujuan untuk mengurangi tingkat keparahan gejala. Sama seperti penyebab parkinson yang berbeda pada tiap-tiap orang, gejala yang dialami masing-masing orang juga bervariasi. Seorang pasien parkinson juga bisa memperbaiki kualitas hidupnya dengan berpegang pada gaya hidup sehat—pola makan seimbang dan olahraga ringan secara teratur.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}