Menu Makanan Sehat Bagi Penderita Obesitas dan Kiat-kiat Menurunkan Berat Badan!

620
Google Image

Diedit:

Apakah Anda sedang berupaya menurunkan berat badan dengan melakukan program diet? Apakah diet yang Anda jalani cukup aman untuk dilakukan? Apa kata para pakar kesehatan mengenai diet sehat? Adakah kiat tepat dalam menurunkan berat badan bagi penderita obesitas?

Seorang pakar pola makan bernama Diane dan perawat terdaftar bernama Ellen, menjelaskan bahwa menu makanan yang mampu menurunkan berat badan ialah dengan memperbanyak asupan protein yang didapat dari daging dan mengonsumsi makanan tertentu tanpa karbohidrat. Namun Anda perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba metode ini karena dapat menimbulkan efek samping.

Bagaimana Anda dapat menemukan menu sehat dan tepat untuk diet yang seimbang?

Makanan Manis—Apapun bentuknya, sekalipun itu adalah gula murni atau yang telah diproses, ada baiknya untuk membatasi penggunaannya hingga 75 kalori setiap harinya.

Lemak—Gantilah minyak curah dengan minyak zaitun ataupun minyak kanola. Konsumsi kacang dan avokad juga dapat dilakukan sebagai sumber pengganti lemak dengan jumlah 3 hingga 5 porsi setiap hari (1 porsi = 1 sendok teh minyak atau 2 sendok makan kacang)

Protein dan Produk Susu—Hal ini didapat dari polong-polongan, ikan, daging tanpa lemak, telur, produk susu rendah lemak, maupun keju dengan takaran 3 sampai 7 porsi setiap hari (1 porsi = 85 gram daging atau ikan matang)

Karbohidrat—Lebih baik Anda memilih biji-bijian, ini dapat diperoleh dengan mengonsumsi pasta, roti, nasi, sereal sebanyak 4 sampai 8 porsi setiap hari (1 porsi = seiris roti)

Buah dan Sayur—Anda dapat makan sesuka hati setiap jenis buah atau sayuran dengan minimal 3 porsi.

Kiat menurunkan berat badan bagi penderita obesitas!

Berhati-hatilah terhadap jumlah kalori yang terkandung didalam makanan atau minuman. Ini termasuk jus dengan tambahan gula, minuman beralkohol, dan soft drink.

Jangan tergoda untuk makan keripik, cokelat, atau kue kering! Sebaiknya ganti dengan camilan yang kadar kalorinya rendah, seperti: apel, wortel, dan biskuit gandum. Mengonsumsi camilan sehat sebelum makan tentu akan mengurangi nafsu makan berlebihan, sehingga porsi yang Anda konsumsi jauh lebih sedikit dari biasanya.

Baca juga:  Noni Juice: Buah Ajaib untuk Problem akibat Obesitas

Jika ada banyak makanan yang terhidang, alangkah baiknya jika Anda memilih makanan dengan kalori rendah dan hindari mencicipi semua hidangan yang disuguhkan. Nikmatilah makanan yang Anda santap perlahan-lahan, berhenti sebelum anda merasa kenyang adalah cara yang jitu untuk mencegah makan berlebihan.

Hindari jumlah porsi makanan yang besar atau ekstra besar, inilah saatnya Anda berbagi. Jangan tergoda dengan iklan yang menampilkan beragam makanan yang menggiurkan. Ada baiknya untuk mengolah sendiri makanan sehat yang turut membantu atau mendukung metode diet Anda. Demikianlah kiat-kiat dan juga menu makanan sehat bagi penderita obesitas yang dapat dicoba!

Advertisement
Alinesia