Mengenal Kanker Serviks: Apa yang Perlu Diperhatikan?

78
Mengenal Kanker Serviks
Sumber Gambar: Shutterstock

Diedit:

Seberapa baik Anda mengenal kanker serviks? Tentu tak ada yang ingin bersahabat dengan penyakit merugikan ini. Namun bukan berarti Anda tak bisa mengenalinya. Ada manfaat mengenal keberadaan penyakit ini, yaitu; agar Anda dapat terhindar dari serangannya.

Apa saja yang perlu Anda kenali? Mari kita simak ulasan selengkapnya! Saatnya untuk menghindari serangan kanker serviks sebisa mungkin.

Mengenal Kanker Serviks — Apa yang perlu diketahui?

Mengingat kanker serviks terus memengaruhi kesehatan wanita di seluruh dunia, penting untuk memahami penyakit yang dikenal sebagai “pembunuh diam-diam”. Apa yang bisa kita lakukan guna meningkatkan peluang untuk mengalahkannya?

Ketahuilah bahwa wanita dari segala usia berisiko terkena kanker serviks. Di Amerika Serikat, diperkirakan 13.000 wanita didiagnosis mengalami kanker serviks invasif pada tahun 2016 dan lebih dari 4.000 wanita akan meninggal akibat diagnosis ini.

Meskipun jumlah kasus baru telah menurun selama beberapa dekade terakhir berkat adanya skrining Pap. Kanker serviks masih merupakan jenis kanker kedua yang paling sering dialami oleh wanita di seluruh dunia.

Guna memerangi keberadaan kanker serviks, penting bagi Anda untuk memiliki pengetahuan akan hal tersebut. Jika Anda mengetahui lebih banyak informasi atau dengan kata lain mengenal kanker serviks dengan baik, maka akan semakin besar peluang untuk mencegah serangannya.

Selama 4 dekade terakhir di Amerika, tingkat kematian akibat kanker serviks menurun hingga 50%. Hal ini dikarenakan adanya tes Pap guna memeriksa kondisi kesehatan reproduksi wanita dan pengetahuan seputar kanker.

Selama bertahun-tahun, kanker serviks telah menjadi penyebab nomor satu atas kematian terkait dengan kasus kanker bagi wanita di Amerika Serikat. Untungnya, deteksi dan pengobatan dini telah meningkat secara dramatis selama 40 tahun terakhir guna mengurangi tingkat kematian. Sehingga kanker serviks dapat dicegah!

Ya, salah satunya dengan tes Pap smear tersebut. Tes ini dapat menemukan perubahan prakanker pada serviks dan tes HPV dapat menentukan apakah Anda terinfeksi virus tersebut. Wanita di atas usia 30 biasanya telah mengenal kanker serviks dan memiliki pilihan untuk memilih tes HPV yang telah terbukti efektif dalam skrining kanker serviks.

Atau memilih untuk pap smear tradisional, bisa juga dengan kombinasi Pap smear dan tes HPV. “Jika ditemukan lebih awal, penderita kanker serviks memiliki tingkat kelangsungan hidup yang tinggi,” kata Jennifer Williams, M.D., seorang dokter kandungan di Piedmont.

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Mengenali Kanker Serviks!

Ada beberapa jenis kanker ginekologis yang memengaruhi sistem reproduksi wanita, termasuk kanker endometrium, ovarium, serviks, vagina, dan vulva. Untuk menempatkan diri Anda pada posisi terbaik agar dapat menghindarinya, berikut merupakan beberapa hal yang harus diketahui oleh setiap wanita untuk mengenal kanker serviks:

Baca juga:  Apa yang Dimaksud Deteksi Dini Kanker Serviks?

Human Papilloma Virus — Penyebab Utama Kanker Serviks

Mengenal kanker serviks berarti mengetahui penyebab utamanya. Penyebab paling umum ialah keberadaan human papillomavirus (HPV). Sekitar hampir 100 persen kanker serviks terjadi karena infeksi virus tersebut melalui hubungan seksual.

Jenis virus yang paling umum ialah HPV 16 dan HPV 18, yang stidaknya memainkan peranan dalam 70 persen kasus kanker serviks. Bayangkan, ada 14 juta infeksi HPV baru yang terdeteksi setiap tahunnya. Sebagian dapat ditumpas, sebagian lagi tidak.

Indikasi Kanker Serviks Seringkali Tak Terlihat

Tanda-tanda awal kanker serviks bisa jadi langka. Karena, kanker serviks dapat menyebabkan perdarahan. Banyak wanita mengalami menstruasi yang tidak teratur sehingga mengiranya sebagai hal yang biasa saja.

Seringkali, penyakit ini tidak menyebabkan rasa sakit atau tanda-tanda peringatan lain yang jelas. Sehingga pemeriksaan skrining perlu dilakukan. Wanita yang mencurigai adanya masalah kesehatan ini tidak boleh mengabaikannya dan segera mencari evaluasi medis dengan demikian Anda mengenal kanker serviks lebih jauh lagi.

Kanker Serviks Bisa Dicegah!

Kanker serviks seringkali dapat dicegah, jika Anda baru mengetahui berarti Anda belum mengenal kanker serviks lebih dalam. Namun, sekarang Anda tentu sudah mengetahuinya. Di Amerika Serikat  ada tiga vaksin HPV yang telah disetujui penggunaannya.

Pertama adalah Gardasil yang disetujui pada tahun 2006, untuk melindungi wanita dari serangan HPV 16 dan HPV 18. Kemudian vaksin kedua Cervarix, disetujui penggunaannya pada tahun 2009. Lalu, vaksin ketiga Gardasil 9, yang terbukti 97 persen efektif dalam mencegah kanker serviks, vulva, dan vagina disetujui pada tahun 2014.

Setiap Wanita Wajib Melakukan Pemeriksaan Serviks

Semua wanita yang mengenal kanker serviks harus melakukan pemeriksaan serviks. Sangat penting bagi semua wanita usia 21 tahun ke atas untuk melakukan pemeriksaan Pap smear.

Prosedur ini bertujuan untuk mengumpulkan sel-sel yang ada di serviks untuk diperiksa jika ada kelainan apa pun. Wanita usia 21 hingga 29 harus menjalani tes ini setiap tiga tahun sekali, jika hasilnya normal. Untuk wanita berusia 30 hingga 64 tahun, Pap smear dapat dilakukan setiap 5 tahun jika tes terakhir mereka kembali normal.

Baca juga:  Bagaimana Harapan Hidup Kanker Serviks?

Meskipun mempertahankan jadwal Pap smear ini penting, masih penting bagi wanita untuk pergi ke penyedia layanan kesehatan mereka setiap tahun untuk pemeriksaan panggul. Pemeriksaan panggul berbeda dari tes Pap dan dapat membantu mendeteksi penyakit reproduksi lainnya.

Wanita Perokok Berpotensi Alami Kanker Serviks

Wanita yang merokok perlu mengenal kanker serviks lebih dalam. Karena sekitar dua kali lipat kemungkinan untuk mengalami kanker serviks dapat Anda rasakan. Merokok dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, menjadikannya lebih sulit bagi tubuh untuk melawan infeksi HPV sendiri.

Ada juga bukti bahwa penggunaan kontrasepsi oral jangka panjang serta kelebihan berat badan meningkatkan risiko kanker serviks. Wanita dengan saudara perempuan atau ibu yang menderita kanker serviks berisiko mengalaminya juga hingga dua sampai tiga kali lebih mungkin. Bicaralah dengan dokter jika memiliki riwayat keluarga kanker serviks.

10 Fakta Kanker Serviks untuk Diingat Setiap Wanita

Berikut adalah 10 fakta mengenal kanker serviks, meliputi pencegahan, deteksi, dan pengobatan kanker serviks:

  • Sekitar 12.000 wanita didiagnosis menderita kanker serviks setiap tahun.
  • Sebagian besar kasus disebabkan oleh jenis human papillomavirus (HPV), virus yang ditularkan secara seksual.
  • Kanker serviks biasanya tidak memiliki gejala pada tahap awal.
  • Kanker serviks sering terdeteksi dini berkat ujian panggul tahunan yang rutin dilakukan dan tes Pap, jadi jadwalkan ujian tahunan dengan dokter kandungan Anda.
  • Ketika ditemukan pada tahap prakanker, kanker serviks 100% dapat disembuhkan dengan perawatan yang tepat dan tindak lanjut.
  • Kanker serviks paling sering terjadi pada wanita yang berusia di atas 30 tahun.
  • Faktor risiko meliputi: HPV, HIV, usia, merokok, melakukan hubungan seksual sebelum usia 18 dan memiliki banyak pasangan seksual.
  • Gejala pada tahap selanjutnya termasuk pendarahan atau keputihan yang tidak normal, serta rasa sakit saat berhubungan seksual.
  • Karena strain HPV dapat menyebabkan kanker serviks, vaksin HPV dikembangkan untuk melindungi wanita dari strain yang mengarah pada kanker vulva, vagina, dan serviks.
  • Perawatan untuk kanker serviks meliputi pembedahan, terapi radiasi, kemoterapi, terapi biologis atau interferon.

Demikianlah informasi lengkap seputar kanker serviks, dengan mengenal kanker serviks lebih dekat tentu Anda dapat mengatasi keberadaannya. Sehingga pemulihan diri dapat berlangsung sesuai dengan yang diharapkan.


Mary Elizabeth Dallas. 5 Things You Should Know About Cervical Cancer. Dec. 1, 2017. URL: https://www.webmd.com/cancer/cervical-cancer/news/20171201/5-things-you-should-know-about-cervical-cancer#1.