Memperlambat Penuaan: Apa yang Bisa Anda Upayakan?

482

Diedit:

Proses penuaan merupakan sesuatu yang alami dan pasti akan terjadi dalam kehidupan semua orang. Seiring bertambahnya usia, ada banyak tanda-tanda penuaan yang akan muncul di seluruh tubuh. Namun ada banyak hal juga yang bisa mempercepat, atau sebaliknya, memperlambat proses penuaan. Apa saja yang dapat Anda lakukan untuk memperlambat penuaan?

Siapa yang tidak ingin tetap awet muda di usia senja? Mungkin untuk awet muda hanya sekadar angan-angan, tetapi Anda bisa tetap terlihat muda meski usia tak lagi muda. Ini banyak bergantung pada kebiasaan-kebiasaan sehat yang bisa dilakukan oleh siapapun.

Tips-Tips Mempelambat Penuaan

Jangan Bermalas-malasan

Olahraga dan akitivitas fisik sangat penting untuk menjaga tubuh tetap sehat. Manfaat utamanya antara lain ialah: mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan kualitas tidur dan ingatan, mencegah depresi, memperkuat tulang, dan mengurangi kemungkinan cedera.

Olahraga apa yang terbaik? Bila Anda hanya mampu melakukan satu macam olahraga, pilihlah olahraga aerobik. Lakukan olahraga aerobik yang membuat Anda senang, misalnya jalan cepat, bersepeda, atau aktif menari. Untuk manfaat yang lebih lengkap, lakukan juga latihan beban dan kelenturan.

Ikuti Pola Makan Mediterania

Dengan mengutamakan buah-buahan segar, sayur-mayur, biji-bijian, dan makanan berlemak yang sehat—menjadikan pola makan Mediterania merupakan salah satu cara makan paling sehat di dunia yang bisa menyehatkan jantung serta memperpanjang kehidupan. Terlebih lagi, makanan-makanannya sangat lezat dan tidak membosankan.

Langkah penting untuk mengikuti pola makan mediterania yakni: menggunakan minyak zaitun atau minyak sayur untuk memasak, lebih banyak mengonsumsi ikan (misalnya salmon, herring, atau tuna) setidaknya 2 kali seminggu, serta mengutamakan porsi sayuran di piring Anda.

Jaga Hubungan Baik dengan Sesama

Ketika Anda tinggal jauh dari keluarga dan teman-teman, Anda dapat kehilangan kabar dari mereka dan merasa kesepian. Jangan biarkan itu terjadi! Tetaplah berusaha berhubungan dengan mereka dan bangun pergaulan yang luas dengan orang-orang lain. Mungkin Anda bisa mulai berkenalan dengan tetangga, teman kerja, atau orang-orang yang berada dalam komunitas sama yang Anda ikuti.  

Berhenti Merokok

Situs kesehatan WebMD menyebutkan bahwa dibutuhkan rata-rata tujuh kali upaya sampai bisa selamanya berhenti merokok. Hanya karena dulu Anda telah gagal mencoba berhenti merokok, bukan berarti Anda tidak akan mampu berhenti. Ingatlah bahwa terus berupaya hidup sehat akan mendatangkan manfaat yang sebanding juga.

Isi Pikiran Anda dengan Informasi-Informasi Berguna

Menjaga pikiran Anda tetap aktif bisa menangkal kemunduran fungsi otak yang bisa menyebabkan penyakit Alzheimer dan jenis penyakit demensia lain. Isilah pikiran Anda dengan berbagai pengetahuan yang berguna, misalnya dengan membaca koran di pagi hari.

Kita telah melihat orang berusia 70 sampai 80-an yang kelihatan jauh lebih muda dari usia aslinya. Apa rahasia mereka bisa memperlambat penuaan? Kebanyakan dari mereka telah menerapkan kebiasaan-kebiasaan sehat yang dijelaskan diatas sejak dari muda. Jadi, tunggu apa lagi untuk memulai kebiasaan sehat tersebut?

Baca juga:  Apa Obat Herbal Penuaan Dini Terbaik?
Advertisement
Alinesia