Membakar Kalori di Kantor untuk Kesehatan

518

Diedit:

Dinamika hidup di perkotaan yang begitu cepat terkadang membelenggu masyarakat urban untuk melaksanakan hidup sehat termasuk diantaranya olahraga.

Aktivitas padat di perkantoran dan di jalan memaksa mereka untuk menghapus ‘olahraga’ dari daftar harian mereka. Akibatnya, masyarakat perkotaan banyak didera penyakit serius seperti penyakit jantung dan diabetes akibat penimbunan kalori dalam tubuh yang tidak terbakar.

Terlebih bagi mereka yang mengerjakan pekerjaan dengan duduk di depan komputer selama 8 jam sehari. Namun, pernahkah terpikir oleh Anda bahwa jika meluangkan waktu untuk olahraga disela aktivitas padat sangat sulit, mengapa tidak olahraga sembari bekerja? Simak beberapa hal berikut yang bisa Anda lakukan untuk membakar kalori seraya Anda bekerja.

  • Manfaatkan perjalanan rumah-kantor
    Jika rumah hanya beberapa kilo dari kantor mengapa tidak bersepeda atau jalan untuk mencapai kantor? Jika harus naik bus atau kendaraan umum lainnya berhentilah beberapa blok sebelum kantor. Bagi Anda yang membawa kendaraan sendiri, parkirlah kendaraan agak jauh dari kantor dan berjalanlah ke kantor. Kalori akan terbakar plus jantung Anda akan sehat jika hal ini dilakukan rutin.
  • Selalu cari kesempatan untuk berdiri
    Berdiri tentunya akan membakar kalori lebih banyak dibandingkan duduk. Untuk itu, selalu cari kesempatan untuk berdiri. Saat menerima telepon berdirilah, apapun itu carilah kesempatan untuk berdiri.
  • Regangkan badan
    Daripada pergi ke kantin untuk ngopi atau makan snack lebih baik regangkan badan untuk menghilangkan kantuk. Gerakkan kepala, tangan, dan kaki selama 15 sampai 30 detik. Berdiri dan ambil satu kaki kemudian angkat dan lipat hingga menyentuh pantat. Hindari tubuh Anda dari kekakuan selama bekerja dengan melakukan peregangan 30 menit sekali.
  • Simpan alat fitness di kantor
    Alat fitness yang ukurannya kecil semacam pemberat tangan dapat Anda gunakan misalnya saat Anda sedang berpikir untuk mencari ide baru. Dan simpan alat tersebut di kantor agar tidak perlu repot-repot menyimpannya kembali di rumah lalu membawa lagi ke kantor. Pemberat tangan tidak hanya membakar kalori tetapi juga mempertahankan massa otot Anda.
  • Ganti kursi kerja dengan bola fitness
    Dibanding duduk di kursi kerja Anda, lebih baik jika Anda bekerja sembari duduk di atas bola fitness. Anda akan melatih keseimbangan dan membakar kalori sekaligus.
  • Ciptakan kelompok
    Misalnya saat meeting atau brainstorming, usulkanlah pada atasan untuk melakukan hal tersebut dengan berdiri bukan duduk. Ciptakan kelompok sendiri di kantor untuk mendorong satu sama lain agar terus bergerak di kantor.
  • Bekerja di atas treadmill
    Dengan teknologi yang begitu maju, jaman sekarang orang telah menciptakan treadmill yang memungkinkan Anda untuk tetap bekerja. Treadmill yang satu ini memiliki layar komputer sehingga Anda dapat bekerja sambil berolahraga. Penelitian membuktikan bahwa dengan berjalan dengan kecepatan lambat di atas treadmill sembari bekerja di depan komputer akan membakar 100 ekstra kalori dan menurunkan berat badan 57 pon/tahun.
Baca juga:  Obesitas pada Anak: Bagaimana Cara Anda Mengatasinya?

Jika Anda memang berkomitmen untuk melakukan olahraga untuk kesehatan secara umum maupun kesehatan jantung, aktivitas di atas tentu mudah untuk dilakukan. Intinya, segala macam aktivitas fisik bisa dilakukan untuk membakar kalori.

Advertisement
Alinesia