Mata Bengkak Akibat Ditonjok? Cari Tahu Cara Mengobatinya!


By Cindy Wijaya

Bayangkan Anda sedang berkelahi dengan seseorang dan ia mengarahkan kepalannya ke wajah Anda. Sekali-dua kali Anda bisa mengelak, namun untuk ketiga kalinya pukulan tersebut tepat mengenai mata Anda! Kalau sudah begitu, kemungkinan besar Anda akan mengaku kalah akibat mata bengkak akibat ditonjok dan menghitam.

Cedera atau trauma pada wajah atau kepala dapat menyebabkan perdarahan di bawah kulit sekitar mata. Mata menghitam disebabkan karena adanya penggumpalan darah dan pembengkakan jaringan lunak di bagian lekuk sekitar mata.  

Meskipun tampak mengerikan, mata hitam akibat ditonjok sering kali bukan cedera serius atau tanda adanya kerusakan pada bola mata. Dalam waktu beberapa hari saja, kondisi ini dapat sembuh dengan sendirinya. Mata hitam biasanya perlahan berubah menjadi biru muda lalu kuning kehijauan sebelum akhirnya kembali ke warna kulit normal.

Untuk Mengobati Mata Bengkak Lakukan Langkah Berikut

  • Dengan lembut tekanlah area sekitar mata Anda dengan kompres es atau kain yang sudah direndam dalam air es. Tetap tekan selama sekitar 15 menit beberapa kali sehari. Jika bisa, lakukan hal ini sesegera mungkin setelah terjadi cedera. Ingatlah untuk tidak menempelkan es batu langsung ke kulit Anda tanpa dibalut terlebih dulu.
  • Berhati-hatilah agar Anda tidak menekan bola mata ketika mengobati mata hitam atau ketika membersihkan area di sekitar cedera.
  • Terus ulangi langkah pertama selama 1-2 hari setelah cedera terjadi.
  • Jangan konsumsi obat aspirin karena dapat memperlambat pembekuan darah dan membuat memar atau bengkak semakin besar.

Meski jarang terjadi, mata hitam tetap dapat menjadi indikasi adanya cedera yang lebih luas seperti keretakan pada tengkorak. Anda patut waspada jika mata hitam disertai dengan memar di sekitarnya atau terjadi trauma kepala.

Apabila terdapat cedera atau kerusakan pada bola mata, kondisi ini disebut hifema. Cedera bola mata dapat menyebabkan kerusakan kornea dan gangguan penglihatan. Sebaiknya segera periksakan bola mata Anda ke dokter spesialis mata jika Anda menduga ada cedera serius dibalik mata yang menghitam.

Apa Itu Hifema?

Hifema adalah penggumpalan darah di bagian antara kornea dan iris mata. Penggumapalan tersebut bisa saja menutupi hampir seluruh bagian iris dan pupil, mengakibatkan hilangnya sebagian atau seluruh penglihatan Anda. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini dapat menyebabkan kehilangan penglihatan secara permanen.

Selain penglihatan yang terganggu, tanda atau gejala dari hifema yang mungkin dirasakan yaitu terlihat bercak darah di depan mata, sensitif terhadap cahaya, dan nyeri pada bola mata.

Sebenarnya hifema dapat sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu seminggu jika gejalanya masih ringan. Namun demi keselamatan bola mata Anda, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter guna mencegah hal buruk yang mungkin saja terjadi. Bagaimanapun, mata bengkak akibat ditonjok merupakan tanda mata Anda membutuhkan perawatan untuk pulih kembali.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}