Masih Muda Tapi Sudah Pikun? Cari Tahu Apa Penyebab Mudah Lupa!

431

Diedit:

Seorang wanita berusia 25 tahun menceritakan pengalaman yang meresahkannya. Dalam sepekan terakhir, Ia lupa menaruh telepon genggamnya sebanyak 4 kali, harus menanyakan kembali tanggal pernikahan temannya sampai 2 kali, dan sering tidak teratur kehidupannya karena banyak lupa. Ada yang masih sangat muda tapi sudah pikun, jadi apa penyebab mudah lupa?

Lupa memang penyakit semua orang yang susah sekali untuk dihilangkan. Namun jika kelupaannya sedemikian parah sampai disebut pikun, bisa jadi ada masalah di pikiran Anda yang bikin banyak informasi tidak tersimpan dengan baik di otak. Berikut adalah sejumlah penyebab yang bikin seseorang gampang lupa.

  • Stres atau Depresi. Ada orang yang karena saking stresnya jadi susah berkonsentrasi dan menyimpan informasi di otak. Stres dapat timbul dari masalah pekerjaan, keluarga, atau tekanan batin.
  • Kurang Tidur Malam. Di dunia yang semakin sibuk ini, banyak orang menjadi sering begadang sehingga kurang tidur. Hal ini bisa menjadi penyebab mudah lupa karena dapat menimbulkan stres. Ada baiknya agar Anda lebih mengutamakan waktu tidur di malam hari dibandingkan urusan lainnya. Ada orang yang mengganti waktu tidur malam dengan tidur siang, namun hal ini justru memperbesar kemungkinan pikun karena otak jadi kesulitan menggabungkan informasi-informasi di memori.
  • Malas Mengasah Otak. Adakalanya saat menghadapi suatu persoalan seseorang mungkin malas mencari solusi terbaik dalam menyelesaikan persoalan itu. Kebiasaan ini justru menyebabkan kecerdasan otak jadi menurun dan responnya pun jadi lambat dalam menghadapi masalah. Jadi, sebaiknya Anda sering menggunakan otak untuk berpikir dan mencari solusi dari suatu masalah agar tidak cepat pikun.
  • Kecanduan Alkohol atau Obat-Obatan. Masalah ini mungkin ada kaitannya dengan stres, sehingga ada orang yang minum minuman beralkohol dan mengonsumsi obat-obatan sebagai pelarian sementara dari masalah-masalahnya. Ini jelas bukan cara yang bagus. Kecanduan obat-obatan atau alkohol malah menimbulkan bahaya bagi otak karena zat-zat yang dikandungnya. Jika kecanduan berlangsung dalam jangka panjang, maka penggunanya sangat berisiko mengalami demensia di usia muda.

Tips Agar Tidak Mudah Lupa

  • Tetap aktif secara mental. Sama seperti olahraga fisik menjaga tubuh tetap sehat, aktif secara mental juga menjaga otak tetap optimal. Isi TTS, rutin baca berita, dan belajar bermain musik merupakan contoh cara agar otak tetap terasah.
  • Rutin bersosialisasi. Interaksi sosial membantu mencegah depresi dan stres—keduanya berkontribusi jadi penyebab mudah lupa. Carilah kesempatan untuk berkomunikasi dengan orang yang dikasihi atau teman, terutama bila Anda hidup sendiri.
  • Jadilah terorganisasi. Anda akan lebih gampang lupa jika jadwal Anda berantakan. Tulislah tugas, janji, atau acara lain dalam buku catatan, kalender, atau smartphone. Terus perbarui daftar-daftar tugas Anda dan coret tugas yang sudah dilakukan. Sisipkan catatan tersebut di tempat yang mudah dicapai, misalnya di dompet atau di handphone.
  • Tidur yang cukup. Upayakan untuk tidur setidaknya 7 jam sehari agar memori otak tetap optimal.

Inilah beberapa penyebab mudah lupa beserta tips untuk mengatasinya. Jika Anda termasuk orang yang sering lupa, ada baiknya untuk memeriksa kembali gaya hidup sehari-hari dan perbaikilah hal-hal yang harus disesuaikan.

Advertisement
Alinesia