Manfaat Sawi Langit untuk Bisul, Demam, sampai Hepatitis!

286
flickr.com

Diedit:

Pernah dengar tentang tanaman sawi langit? Tanaman ini mudah dikenali dari warna bunganya yang berwarna ungu mencolok. Tanaman yang biasa tumbuh liar di pinggir-pinggir jalan ini ternyata punya khasiat herbal yang cukup menakjubkan. Simak artikel ini untuk mengetahui apa saja manfaat sawi langit bagi kesehatan.

Tanaman sawi langit punya nama latin Vernonia cinerea. Meskipun menyandang nama “sawi”, namun ternyata tanaman ini bukan termasuk keluarga sawi-sawian yang sering kita makan sebagai sayur. Sawi langit biasa tumbuh subur di sekeliling kita, entah itu di kebun, halaman rumah, atau di pinggir jalan. Mungkin Anda sering melihat tanaman ini di sekitar tempat tinggal atau kantor, karena warna ungu mencolok dari bunganya gampang terlihat mata.

Siapa sangka bahwa tanaman liar yang banyak tumbuh dimana-mana ini memiliki khasiat sebagai herbal yang bisa kita manfaatkan? Dalam ilmu farmakologi (yang berhubungan dengan obat-obatan), disebutkan bahwa sawi langit memiliki sifat pahit, manis, menyejukkan, dan menenangkan.

Sawi langit termasuk dalam kelompok tumbuhan terna setahun dan dapat tumbuh tegak mencapai tinggi 20 sampai 100 cm. Tanaman ini sanggup hidup sampai ketinggian 1300 m di atas permukaan laut. Batangnya memiliki rambut-rambut halus dan banyak bercabang. Daun sawi langit berbentuk daun tunggal, tumbuh selang-seling, berbentuk bulat oval memanjang, dan panjangnya sekitar 2 sampai 7 cm serta memiliki lebar 0,5 sampai 2,5 cm.

Daun sawi langit memiliki gerigi-gerigi yang tidak beraturan, permukaan atas dan bawah yang berambut halus, serta bertangkai pendek. Seperti yang sudah disinggung di atas, bunga sawi langit berwarna ungu lumayan terang, dan muncul secara berkelompok (sekitar 5 sampai 20 kuntum). Biji sawi langit keras dan berbentuk bulat oval.

Nama-Nama Sebutan Lain untuk Tanaman Sawi Langit

Buyung-buyung, lidah anjing, sayur babi, daun muka manis, rumput ekor kuda, rumput tahi bahi, rumput muka manis, leuleuncaan, mareme, rante piit, sasawi langit, sembung, capeu tuhur (Sunda), sembung, sembung rendetin (Bali), maryuna, pidak, nyawon, sembung kebo (Jawa), bangkong, dan shang han cao (China).

Apa Saja Manfaat Sawi Langit bagi Kesehatan?

Tanaman sawi langit sering dimanfaatkan sebagai herbal untuk membantu mengatasi demam, panas, disentri, batuk, hepatitis, kelelahan, dan insomnia. Di samping itu, manfaat sawi langit juga sebagai obat luar, misalnya untuk membantu menyembuhkan bisul, luka memar, luka digigit ular, dan keseleo. Berbagai kandungan zat yang dimiliki tanaman sawi langit berperan dalam khasiatnya sebagai herbal.

Seluruh bagian tanaman, yang segar maupun yang sudah dikeringkan, bisa dimanfaatkan untuk berbagai keluhan kesehatan seperti yang dijelaskan berikut ini.

  • Membantu mengobati demam. Seluruh bagian tanaman sawi langit, yang sudah dikeringkan siapkan sebanyak 10-15 gram atau yang masih segar sebanyak 30-60 gram. Cuci sampai bersih kemudian rebus bersama dengan 4 gelas air. Biarkan mendidih sampai airnya tersisa setengahnya. Dinginkan air rebusan tersebut, lalu saring supaya ampas-ampasnya tidak ikut. Ramuan sawi langit untuk obat demam siap untuk diminum.
  • Membantu mengobati panas dan batuk. Seluruh bagian tanaman sawi langit, siapkan sebanyak 10-15 gram sawi langit yang sudah dikeringkan atau sebanyak 30-60 gram sawi langit yang masih segar. Rebuslah bersama dengan 4 gelas air dan biarkan mendidih sampai airnya hanya tersisa 2 gelas saja. Saring air rebusan tersebut dan bisa diminum setelah sudah tidak panas lagi.
  • Membantu mengobati penyakit disentri dan hepatitis. Siapkan semua bagian tanaman sawi langit yang sudah dikeringkan sebanyak 10-15 gram atau yang masih segar sebanayak 30-60 gram. Cuci sawi langit sampai bersih kemudian rebuslah dengan empat gelas air. Jika sudah mendidih, tunggulah sampai airnya hanya tersisa 2 gelas. Sesudahnya saring air rebusan dan dinginkan. Ramuan obat penyakit disentri dan hepatitis siap untuk dinikmati.
  • Membantu mengatasi insomnia dan kelelahan. Cara meramu atau mengolah tanaman sawi langit sama untuk membantu mengatasi problem susah tidur dan kelelahan, sama dengan cara meramu yang dijelaskan diatas.
  • Membantu menyembuhkan bisul, luka digigit ular, luka memar, dan keseleo. Siapkan tanaman sawi langit yang masih segar secukupnya. Cuci sampai bersih kemudian tumbuk tanaman ini sampai halus. Tambahkan sedikit air lalu aduk sampai membentuk semacam salep. Oleskan salep ramuan sawi langit ini ke bagian yang sakit.

Dari penjelasan di artikel ini, dapat disimpulkan bahwa seluruh bagian tanaman ini bisa dimanfaatkan. Jadi, apakah Anda tertarik untuk merasakan sendiri manfaat sawi langit? Kalau iya, tidak perlu repot-repot mencari atau membelinya mahal-mahal. Anda bisa dengan mudah menemukannya di sekeliling rumah, asalkan jeli melihat ciri khas bunganya yang berwarna ungu.